Milenial Mulai Sadar Pentingnya Asuransi bagi Proteksi Kesehatan

Oleh Tim Publikasi Katadata, 11/9/2019, 17.28 WIB

Generasi milenial menunjukkan kesadaran yang lebih tinggi akan pola hidup sehat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Unduh Infografik
Share

Generasi milenial menunjukkan kesadaran yang lebih tinggi akan pola hidup sehat jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Menurut survei Les Mills, 48 persen orang yang paling rutin melakukan latihan fisik di gym adalah milenial. Sedangkan generasi X menempati posisi kedua dengan presentase sebesar 32 persen dan hanya 20 persen generasi baby boomers yang melakukan latihan fisik di gym.

Selain itu, milenial juga mulai menyadari pentingnya asuransi kesehatan. Riset Alvaro Research Center tahun 2017 menemukan, sebanyak 41,1 persen generasi milenial memiliki kesadaran akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan bagi jaminan kualitas hidup mereka. Hal ini terbukti dengan banyaknya milenial yang menjadi nasabah asuransi kesehatan. Pada 2017, hampir 50 persen nasabah Zurich Topas Life merupakan generasi milenial dengan usia 22 hingga 36 tahun. Perlindungan kesehatan menjadi salah satu produk yang paling diminati oleh generasi ini.   

Asuransi kesehatan juga bermanfaat bagi milenial karena biaya akan semakin murah bila dimulai dari usia muda. Selain melindungi tanggungan di masa depan, asuransi kesehatan juga melindungi pengguna dari kerugain finansial akibat mahalnya perawatan penyakit kritis.