Petani, Kunci Pasokan Bahan Baku Biodiesel

Penulis: Tim Publikasi Katadata

13/2/2020, 10.46 WIB

Dengan peran strategis itu, penting untuk melibatkan petani dalam tata niaga biodiesel

Unduh Infografik
Share

Petani swadaya berpotensi menjadi kunci bagi pasokan biodiesel di Indonesia. Mereka memiliki peran strategis, seperti menyangga produksi crude palm oil (CPO) nasional dan memiliki 41 persen lahan sawit di Indonesia.

Perkebunan sawit swadaya juga menyerap tenaga kerja hingga 5,2 juta orang. Selain itu, terdapat 10,4 juta jiwa penduduk yang menggantungkan penghidupan di sektor ini.

Dengan peran strategis itu, penting untuk melibatkan petani dalam tata niaga biodiesel. Berdasarkan riset dari lembaga penelitian Traction Energy Asia, terdapat sejumlah langkah untuk mewujudkan hal tersebut. Pertama, menempatkan petani sawit swadaya sebagai pelaku utama tata niaga biodiesel. Kedua, membuat regulasi distribusi CPO dari hulu ke hilir.

Ketiga, membuat regulasi kemitraan mencakup jaminan pemasaran, harga, pembinaan, dan waktu. Keempat, memberikan insentif kepada pabrik kelapa sawit yang melaksanakan pola kemitraan. Kelima, membentuk kebijakan pembinaan teknis petani swadaya di level kemitraan.

Dengan terlibatnya petani swadaya dalam rantai pasok dan tata niaga biodiesel, maka sawit yang dihasilkan petani dapat diserap sebagai bahan baku. Penyerapan hasil sawit petani swadaya itu dilakukan melalui kelembagaan petani, kemudian dilanjutkan ke pabrik kelapa sawit untuk kemudian masuk ke dalam pabrik biodiesel.

Penulis / Koordinator

Jeany Hartriani, Fitria Nurhayati, Fitria Nurhayati, Lulu Mahdiyah, Puspa Indah

Editor

Arie Mega Prastiwi, Sapto Pradityo

Infografik

Dani Nurbiantoro, Cicilia Sri Bintang Lestari, Nunik Septiyanti, Pretty Zulkarnain, Aris Luhur Setiawan

Produser

Richard Lioe

Kameramen

Februantoro Anggara, Wahyu Dwi Jayanto, Anggi Prayosi

Editor Video

Tim Multimedia

Desainer Grafis

Tim Multimedia

Desain Web

Firman Firdaus / Heri Nurwanto

Programmer

Bayu Mahdani