Harapan Setelah Pandemi

Oleh Katadata Insight Center, 14/5/2020, 09.51 WIB

Saat kembali normal, masyarakat ingin jalan-jalan serta bertemu dengan keluarga dan teman.

Unduh Infografik
Share

Sejumlah penelitian memprediksi waktu berakhirnya pandemi Covid-19. Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 menyampaikan kasus akan selesai pada Juni 2020. Sementara ahli dari Universitas Indonesia  memperkirakan skenario akhir di Indonesia bisa mundur hingga awal tahun 2021. Bagaimanapun, masyarakat terus berharap dapat segera melewati masa pandemi yang sulit. 

Untuk memutus rantai penyebaran virus corona, masyarakat tetap berdiam diri di rumah. Survei Katadata Insight Center memperlihatkan beberapa hal yang akan dilakukan masyarakat saat pandemi berakhir. Sebagian besar responden bersyukur dan akan kembali beraktivitas seperti biasanya. Hasil survei menunjukkan aktivitas terbanyak ketiga yang ingin dilakukan oleh responden adalah jalan-jalan dan liburan (15,0%).

Masyarakat pun berharap dapat kembali bersosialisasi, 12,1% responden ingin mudik mengunjungi keluarga dan 8,6% lainnya ingin berkumpul bersama teman. Wabah ini juga telah mempengaruhi perekonomian masyarakat, sebagian responden menyatakan akan mencari pekerjaan. Dalam menyambut kehidupan normal yang baru, 8,7% responden menjawab akan tetap menjaga kebersihan diri dan pola hidup sehat.   

Survei ini dilakukan KIC pada 29-30 Maret 2020, terhadap 2.437 responden di 34 provinsi.