Internet Penyelamat UMKM dari Krisis Covid-19

Oleh Andrea Lidwina, 25/6/2020, 14.20 WIB

Sekitar 81 persen pelaku UMKM mengaku penggunaan internet telah membantu usaha mereka yang terkena dampak krisis pandemi Covid-19.

Unduh Infografik
Share

Internet menjadi salah satu wahana yang digunakan pelaku UMKM dalam menghadapi krisis akibat pandemi Covid-19. Hal ini terungkap dari survei yang dilakukan Katadata Insight Center (KIC) terhadap 206 responden di Jabodetabek.

(Baca: Siasat UMKM Meniti Gelombang Krisis Covid-19)

Sebanyak 81 persen pelaku usaha mengaku internet membantu usaha mereka selama pandemi. Selain untuk meningkatkan kompetensi, internet ternyata berdampak langsung terhadap kelangsungan usaha mereka. Setidaknya dengan menawarkan produk melalui media sosial atau platform e-commerce mereka dapat lebih leluasa mencari konsumen atau pemasok.

(Baca: Penyelamat Krisis 1998 dan 2008 yang Terguncang Pandemi)

Meski begitu, para pelaku UMKM masih mengalami kendala dalam menjalankan usahanya di internet. Misalnya, masih minimnya pengetahuan berjualan secara daring, kurangnya modal, dan tenaga kerja belum siap. Selain itu, ada pula konsumen yang belum terbiasa menggunakan internet dan infrastruktur komunikasi yang tidak layak.

(Baca: E-Commerce Tumbuh di Tengah Pandemi Covid-19)