Gejala dan Obat Seriawan untuk Bayi

Image title
10 November 2021, 18:00
Obat seriawan untuk bayi.
Pexels.com/Karolina Grabowska
Obat seriawan untuk bayi.

Seriawan atau stomatitis aphtosa adalah luka atau peradangan di bibir dan dalam mulut, yang dapat menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman. Bukan hanya orang dewasa, penyakit ini juga bisa menyerang bayi.

Bayi yang terkena seriawan biasanya cenderung rewel ketika menyusui, dan akan tampak bercak putih pada mulutnya. Tapi, apa sebenarnya penyakit seriawan, dan bagaimana cara serta obat seriawan pada bayi?

Apa itu Seriawan?

Mengutip Nation Wide Childrens, seriawan adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur yang disebut Candida. Seriawan di mulut dimulai dengan munculnya bintik-bintik putih kecil. Bintik-bintik ini bersatu dan membentuk bercak putih yang dapat menutupi lidah, gusi, atau sisi dan atap mulut.

Candida adalah organisme yang biasanya berkeliaran di mulut dan biasanya dikendalikan oleh mikroorganisme lain.

Seriawan pada bayi

Seriawan pada bayi adalah jenis infeksi jamur yang biasanya muncul berupa bercak putih atau kuning berbentuk tidak teratur, atau luka yang melapisi mulut bayi. Meskipun hanya infeksi ringan, seriawan bisa membuat bayi merasa tidak nyaman dan merasa kesakitan.

Seriawan paling sering terjadi pada bayi baru lahir dan bayi di bawah dua bulan. Bayi yang lebih besar juga dapat mengalami seriawan jika mereka mengonsumsi antibiotik untuk melawan infeksi lain (yang membunuh bakteri baik yang mengendalikan jamur) atau memiliki sistem kekebalan cenderung rendah.

Seriawan juga dapat berkembang, jika payudara pada ibu menyusui tidak dikeringkan dengan benar setelah pemberian air susu ibu alias ASI, sehingga jamur tumbuh dan menyebabkan infeksi. Selain itu, dot atau botol susu bayi juga dapat membuat bagian dalam mulut bayi terlalu lembab, sehingga memberikan ruang  sempurna munculnya seriawan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...