6 Syarat Donor Darah, Manfaat dan Efek Sampingnya

Image title
2 Desember 2021, 00:00
Sebelum melakukan donor darah, mari cari tahu syarat donor darah, manfaatnya bagi kesehatan dan sosial serta efek sampingnya.
ANTARA FOTO/Fauzan/wsj.
Warga mendonorkan darahnya di Kantor PMI Kota Tangerang, Banten, Sabtu (17/4/2021). PMI Kota Tangerang mengalami penyusutan jumlah pendonor darah sebanyak 70 persen atau hanya 100 kantong darah per hari dibanding bulan biasanya yakni 350 kantong per hari akibat minimnya jumlah pendonor pada bulan Ramadhan.

Tidak semua orang bisa melakukan donor darah, ada syarat donor darah yang harus diperhatikan. Cukup banyak orang yang mulai tergerak untuk melakukan donor darah, karena mengetahui manfaat donor darah bagi kesehatan, meski ada efek samping dari donor darah itu sendiri.

Donor darah jadi salah satu kegiatan positif yang bisa dilakukan, bahkan di tengah-tengah pandemi Covid-19 seperti saat ini. Melansir dari laman American Red Cross kegiatan donor darah disaat pandemi Covid-19 tetap aman. Lembaga palang merah negeri Paman Sam itu menyatakan, hingga saat ini tidak ada bukti yang membuktikan bahwa virus Corona menular melalui transfusi darah. Selain itu, juga tidak ada laporan kasus penyebaran virus Corona dan virus-virus yang mempengaruhi saluran pernapasan lain, yang disebabkan oleh donor darah.

Syarat Donor Darah

Seperti telah disebut sebelumnya, calon pendonor baru bisa melakukan donor darah setelah lolos syarat donor darah. Melansir dari laman Ayo Donor PMI, ada enam poin persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon pendonor.

1. Sehat jasmani dan rohani

2. Usia 17 sampai dengan 65 tahun

3. Berat badan minimal 45 kg

4. Tekanan darah sistole di angka 100-170, dan diastole di angka 70-100

5. Kadar hemoglobin 12,5 gram untuk pria dan 12 gram untuk perempuan

6. Interval donor minimal 12 minggu atau tiga bulan sejak donor darah sebelumnya.

Tak hanya harus memenuhi enam syarat donor darah di atas, calon pendonor juga harus memerhatikan kondisi tubuh dan kesehatannya. Selain syarat donor darah di atas, ada 11 poin lain terkait kondisi tubuh dan kesehatan yang membuat seseorang tidak bisa melakukan donor darah. Dokter juga tidak menyarankan untuk menyumbangkan darah karena alasan kesehatan.

1. Memiliki riwayat penyakit jantung dan paru-paru

2. Penderita kanker

3. Penderita tekanan darah tinggi atau hipertensi

4. Penderita kencing manis atau diabetes melitus

5. Memiliki kelainan darah seperti perdarahan abnormal

6. Penderita epilepsi dan sering mengalami kejang

7. Sedang atau pernah menderita Hepatitis B atau C

8. Penderita sifilis

9. Ketergantungan narkoba

10. Kecanduan minuman beralkohol

11. ODHA atau Orang dengan HIV/AIDS

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...