Omnivora Adalah Hewan Pemakan Segalanya, Ini Contohnya

Image title
9 Februari 2022, 13:38
Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan daging.
pixabay.com
Omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan daging.

Dalam pelajaran biologi, hewan dapat diklasifikasikan berdasarkan jenis makanannya, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai pengertian hingga ciri-ciri hewan omnivora.

Pengertian Omnivora

Istilah omnivora berasal dari kata omnis yang berarti segalanya atau semuanya, dan vorare yang berarti makan.

Menurut penjelasan di buku pendidikan, hewan omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan atau daging. Sementara itu, mengutip laman Kemdikbud, omnivora adalah hewan pemakan segalanya. Hewan yang tergolong omnivora dapat mengunyah tumbuhan maupun daging.

Hewan omnivora memiliki gigi yang sesuai untuk mengonsumsi, baik tumbuhan maupun daging. Mereka memiliki gigi yang tajam di bagian depan dan datar pada bagian belakang. Namun, ada hewan omnivora yang menyantap makanan dengan menelannya secara utuh, seperti ayam.

Selain itu, sebagian besar hewan omnivora adalah mamalia dan dapat berkembang biak secara bertelur atau beranak.

Hewan omnivora biasanya mendominasi ekosistem. Hewan ini memainkan peran penting dalam rantai makanan, yakni menghasilkan energi dan nutrisi untuk organisme lain. Omnivora dapat berburu dan juga diburu sehingga mereka bisa menjadi predator sekaligus mangsa bagi hewan lainnya.

Adapun contoh hewan omnivora, antara lain beruang, orangutan, kera, tikus, simpanse, kura-kura, babi, burung gagak, ikan lele, dan manusia.

Contoh Hewan Omnivora

Agar lebih paham mengenai hewan omnivora, berikut penjelasan terkait beberapa contoh hewan omnivora:

1. Tikus

Hewan yang termasuk omnivora lainnya yaitu tikus. Hewan mamalia ini biasanya mengonsumsi apa saja yang ditemukannya. Misalnya buah, sayur, biji-bijian, hingga serangga dan hewan-hewan yang ukurannya kecil.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...