Mengenal Hewan Omnivora Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Siti Nur Aeni
14 Desember 2021, 13:58
Mengenal Hewan Omnivora Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/hp.
Bebek merupakan salah satu contoh hewan omnivora

Berdasarkan jenis makanannya, kingdom animalia terbagi menjadi tiga kelompok yaitu hewan omnivora, karnivora, dan herbivora. Hewan karnivora merupakan kelompok hewan pemakan daging, hewan herbivora pemakan tumbuhan, sedangkan omnivora pemakan daging dan tumbuhan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang hewan omnivora mulai dari pengertian sampai contoh-contohnya. Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya.

Definisi Hewan Omnivora

Menurut penjelasan di buku “IPA SD Kelas IV”, hewan omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan/daging. Hal serupa juga diterangkan dalam sumber.belajar.kemdikbud.go.id, yang menyebutkan bahwa definisi omnivora merupakan sebutan untuk hewan pemakan segala.

Di laman tersebut juga menjelaskan bahwa kelompok omnivora umumnya mendominasi dalam sebuah ekosistem. Untuk bisa mengkonsumsi makanan dengan baik, kelompok omnivora memiliki struktur gigi khusus yang sesuai untuk mengkonsumsi jenis makanan berupa daging atau tumbuhan.  

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Omnivora mempunyai beberapa ciri yang berbeda dengan kelompok hewan herbivora ataupun karnivora. Masih mengutip dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, berikut beberapa ciri ciri hewan omnivora:

  1. Memakan tumbuhan dan daging.
  2. Mempunyai sistem pencernaan yang kompleks.
  3. Memiliki gigi tajam di bagian depan.
  4. Memiliki gigi datar di bagian belakang.
  5. Sebagian besar bukan mamalia namun sebagian lainnya merupakan hewan mamalia.
  6. Berkembang biak dengan cara ovipar namun ada juga yang berkembang biak secara vivipar.

Contoh Hewan Omnivora

Agar lebih paham mengenai hewan omnivora, berikut ini beberapa contoh hewan pemakan segala.

1. Ayam

Ayam merupakan hewan pemakan segala yang biasa kita temukan di lingkungan sekitar. Hewan ovipar atau bertelur ini biasanya mengkonsumsi biji-bijian seperti padi atau jagung. Namun ayam juga bisa memakan hewan-hewan kecil seperti serangga atau cacing yang ada di tanah.

2. Bebek

Masih dari kelompok unggas, hewan pemakan segala selanjutnya yaitu bebek. Hewan ini biasanya mengkonsumsi makanan seperti rumput, sayur-sayuran, dan dedak. Namun terkadang bebek juga mengkonsumsi ikan kecil, cacing, atau serangga.

3. Tikus

Hewan yang termasuk omnivora lainnya yaitu tikus. Hewan mamalia ini biasanya mengkonsumi apa saja yang ditemukannya. Misalnya buah, sayur, biji-bijian, hingga serangga dan hewan-hewan yang ukurannya kecil.

4. Simpanse

Simpanse merupakan kelompok primata yang bisa mengkonsumsi segala jenis makanan. Simpanse biasanya mengkonsumsi bunga, biji-bijian, dan serangga kecil seperti rayap atau semut.

5. Kura-kura

Selain hidup di darat, hewan omnivora juga bisa ditemukan di air. Kura-kura merupakan hewan pemakan segala yang hidup di air. Hewan dengan penampilan unik biasanya memakan daging seperti ikan kecil atau katak yang telah mati. Namun terkadang kura-kura juga mengkonsumi tanaman khususnya tanaman air.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...