Mengenal Hewan Omnivora Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya

Image title
14 Desember 2021, 13:58
Mengenal Hewan Omnivora Lengkap dengan Ciri-ciri dan Contohnya
ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/hp.
Bebek merupakan salah satu contoh hewan omnivora

Berdasarkan jenis makanannya, kingdom animalia terbagi menjadi tiga kelompok yaitu hewan omnivora, karnivora, dan herbivora. Hewan karnivora merupakan kelompok hewan pemakan daging, hewan herbivora pemakan tumbuhan, sedangkan omnivora pemakan daging dan tumbuhan.

Pada kesempatan kali ini, kami akan mengulas tentang hewan omnivora mulai dari pengertian sampai contoh-contohnya. Melansir dari berbagai sumber, berikut penjelasan lengkapnya.

Definisi Hewan Omnivora

Menurut penjelasan di buku “IPA SD Kelas IV”, hewan omnivora adalah hewan pemakan tumbuhan dan hewan/daging. Hal serupa juga diterangkan dalam sumber.belajar.kemdikbud.go.id, yang menyebutkan bahwa definisi omnivora merupakan sebutan untuk hewan pemakan segala.

Di laman tersebut juga menjelaskan bahwa kelompok omnivora umumnya mendominasi dalam sebuah ekosistem. Untuk bisa mengkonsumsi makanan dengan baik, kelompok omnivora memiliki struktur gigi khusus yang sesuai untuk mengkonsumsi jenis makanan berupa daging atau tumbuhan.  

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Omnivora mempunyai beberapa ciri yang berbeda dengan kelompok hewan herbivora ataupun karnivora. Masih mengutip dari sumber.belajar.kemdikbud.go.id, berikut beberapa ciri ciri hewan omnivora:

  1. Memakan tumbuhan dan daging.
  2. Mempunyai sistem pencernaan yang kompleks.
  3. Memiliki gigi tajam di bagian depan.
  4. Memiliki gigi datar di bagian belakang.
  5. Sebagian besar bukan mamalia namun sebagian lainnya merupakan hewan mamalia.
  6. Berkembang biak dengan cara ovipar namun ada juga yang berkembang biak secara vivipar.

Contoh Hewan Omnivora

Agar lebih paham mengenai hewan omnivora, berikut ini beberapa contoh hewan pemakan segala.

1. Ayam

Ayam merupakan hewan pemakan segala yang biasa kita temukan di lingkungan sekitar. Hewan ovipar atau bertelur ini biasanya mengkonsumsi biji-bijian seperti padi atau jagung. Namun ayam juga bisa memakan hewan-hewan kecil seperti serangga atau cacing yang ada di tanah.

2. Bebek

Masih dari kelompok unggas, hewan pemakan segala selanjutnya yaitu bebek. Hewan ini biasanya mengkonsumsi makanan seperti rumput, sayur-sayuran, dan dedak. Namun terkadang bebek juga mengkonsumsi ikan kecil, cacing, atau serangga.

3. Tikus

Hewan yang termasuk omnivora lainnya yaitu tikus. Hewan mamalia ini biasanya mengkonsumi apa saja yang ditemukannya. Misalnya buah, sayur, biji-bijian, hingga serangga dan hewan-hewan yang ukurannya kecil.

4. Simpanse

Simpanse merupakan kelompok primata yang bisa mengkonsumsi segala jenis makanan. Simpanse biasanya mengkonsumsi bunga, biji-bijian, dan serangga kecil seperti rayap atau semut.

5. Kura-kura

Selain hidup di darat, hewan omnivora juga bisa ditemukan di air. Kura-kura merupakan hewan pemakan segala yang hidup di air. Hewan dengan penampilan unik biasanya memakan daging seperti ikan kecil atau katak yang telah mati. Namun terkadang kura-kura juga mengkonsumi tanaman khususnya tanaman air.

6. Ikan lele

Tak hanya kura-kura, hewan air lainnya juga termasuk dalam kelompok omnivora yaitu ikan lele. Ikan yang biasa dikonsumsi manusia ini ternyata bisa memakan apa saja. Mulai dari daun, ganggang, tanaman air, udang, cacing, bahkan lele kecil juga bisa menjadi makanannya.

Advertisement

7. Babi

Contoh hewan omnivora lainnya yaitu babi. Hewan ini biasa memakan tumbuhan dan hewan seperti serangga kecil atau bangkai.

8. Burung gagak

Dari kelompok aves atau burung, yang termasuk dalam kelompok omnivora yaitu burung gagak. Burung ini biasa mengkonsumsi daging seperti hewan kecil, hewan vertebrata, dan satwa lain yang sesuai dengan kriteria mangsanya. Namun terkadang, burung gagak juga mengkonsumsi biji-bijian dan buah-buahan.

9. Tupai

Tupai merupakan hewan mamalia yang juga bisa memakan segala jenis makanan. Hewan ini bisa mengkonsumsi biji-bijian, buah-buahan, serangga kecil, udang, kepiting, telur burung, katak, dan kulit kayu. Selain diketahui sebagai hewan pemakan segala, tupai juga banyak dikenal sebagai hewan yang lincah.

10. Ikan piranha

Selain lele, ikan piranha juga merupakan hewan omnivora dari kelompok ikan atau pisces. Hewan ini diketahui sebagai predator yang hidup di air. ikan piranha bisa memakan segala jenis makanan mulai dari ikan-ikan kecil sampai tumbuhan air yang dijumpainya.

11. Hiu kepala sekop

Selama ini kita mungkin mengenal ikan hiu sebagai hewan karnivora atau pemakan daging. Namun ternyata ada jenis hiu yang mengkonsumsi segala jenis makanan. Jenis tersebut yaitu hiu kepala sekop. Ikan hiu yang satu ini biasanya memakan berbagai tumbuhan air dan hewan yang ditemuinya seperti kepiting, ikan kecil, dan udang.

12. Beruang hitam

Hewan omnivora lainnya yaitu beruang hitam. Hewan yang satu ini biasanya mengkonsumsi daging, ikan, serangga, buah-buahan, hingga akar pepohonan.

13. Rakun

Rakun juga termasuk dalam kelompok binatang omnivora. Hewan ini biasanya mengkonsumi serangga, ikan, telur, burung, hingga sayuran.  

14. Burung jalak

Kelompok aves lainnya yang juga termasuk omnivora yaitu burung jalak. Burung yang memiliki ukuran tubuh 20 – 25 cm ini ternyata bisa memakan segala jenis makanan. Mulai dari buah-buahan hingga serangga.

15. Landak

Hewan kecil yang permukaannya tubuhnya dipenuhi duri ini ternyata termasuk hewan omnivora. Landak biasanya mengkonsumsi jangkrik, siput, atau cacing. Namun terkadang, landak juga mengkonsumsi bagian dari pohon seperti kulit kayu yang masih muda.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait