Sudah Dimulai, Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 28

Program Kartu Prakerja gelombang 28 sudah dibuka. Anda bisa melakukan pendaftaran secara online. Berikut penjelasan lengkapnya.
Image title
10 Mei 2022, 15:47
Catat! Begini Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 28
prakerja.go.id
Halaman utama website Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja gelombang 28 sudah dibuka. Pendaftaran Kartu Prakerja gelombang ini dimulai pada Senin, 9 Mei 2022. Pendaftaran bisa dilakukan secara online. Berikut ini penjelasan lengkap seputar pendaftaran Kartu Prakerja dari persyaratan hingga tips agar bisa lolos seleksi program ini.

Syarat Daftar Prakerja

Salah satu hal penting yang harus diperhatikan peserta Prakerja yaitu syarat daftar Prakerja. Menurut penjelasan di situs resmi resminya, berikut syarat daftar Prakerja yang harus diperhatikan.

  1. Warga Negara Indonesia yang telah berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Pekerja/buruh yang tengah mencari kerja, mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau memerlukan peningkatan kompetensi kerja, termasuk diantaranya pelaku UMKM.
  4. Tidak sedang menerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala dan perangkat desa, serta direksi/komisaris/dewan BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal dua Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam satu Kartu Keluarga (KK) yang menjadi dapat penerima program bantuan ini.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 28

Setelah seluruh syarat terpenuhi, Anda bisa langsung melakukan pendaftaran program Kartu Prakerja gelombang 28. Adapun langkah-langkah pendaftaran Kartu Prakerja, sebagai berikut:

  1. Buka laman Prakerja.go.id.
  2. Pilih menu “Buat Akun”.
  3. Isikan data diri yang dibutuhkan dengan lengkap dan benar.
  4. Ceklis dan “Buat Akun”, setelah semua data lengkap dan benar.
  5. Buka email dan lakukan konfirmasi pendaftaran.
  6. Lanjutkan dengan login ke akun yang telah selesai dibuat.
  7. Tahap selanjutnya, Anda akan diarahkan untuk melakukan verifikasi KTP.
  8. Isi NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Kemudian klik “Lanjut”.
  9. Lengkapi data lain yang diminta.
  10. Kemudian, Anda akan diarahkan untuk melakukan verifikasi KTP dengan cara mengunggah foto e-KTP. Pastikan mengunggah foto KTP sesuai dengan ketentuan.
  11. Setelah foto terunggah, klik pilihan “Kirim foto e-KTP”.
  12. Berikutnya, lakukan verifikasi foto wajah. Anda bisa melakukan swafoto (selfie) dengan kamera handphone dan sesuaikan foto dengan bingkai yang ada di sistem tersebut.
  13. Lalu, klik “Gunakan Foto” dan pilih “Kirim Foto”.
  14. Selanjutnya, Anda harus melakukan verifikasi nomor handphone dengan cara memasukkan kode OPT yang dikirimkan ke nomor HP yang telah terdaftar.
  15. Setelah itu, silakan isi pernyataan pendaftar sesuai dengan kondisi Anda.
  16. Kemudian, Anda bisa melakukan tes seleksi. Hasil tes akan diumumkan dalam waktu lima detik setelah jawaban dikirim.
  17. Jika Anda lulus tes, maka Anda akan diarahkan ke dashboard situs Prakerja.
  18. Pada dashboard, Anda bisa melihat gelombang yang sedang dibuka.
  19. Klik “Gabung” dan tunggu sampai waktu pengumuman tiba.

Tips Lolos Kartu Prakerja

Program Kartu Prakerja menjadi salah satu program yang banyak peminatnya. Tingginya antusiasme masyarakat untuk mengikuti program ini membuat tidak semua pendaftar dapat lolos seleksi. Agar bisa mendapatkan program bantuan ini, berikut beberapa tips lolos Kartu Prakerja yang perlu dicermati.

Advertisement

1. Penuhi Syarat Daftar Prakerja

Hal pertama yang harus Anda perhatikan saat hendak mendaftar Kartu Prakerja yaitu persyaratannya. Pastikan Anda telah memenuhi syarat daftar Kartu Prakerja gelombang 28. Pasalnya, jika persyaratan tidak lengkap atau kurang sesuai, maka kemungkinan besar Anda akan gagal dalam proses seleksi Prakerja.

2. Pastikan Nomor HP dan Email yang Didaftarkan Selalu Aktif

Nomor handphone dan email merupakan data penting yang dibutuhkan dalam proses pendaftaran Kartu Prakerja. Kedua kontak pribadi tersebut digunakan untuk verifikasi akun dan pemberitahuan apabila peserta lolos seleksi. Maka dari itu, saat mendaftar program Prakerja pastikan menggunakan nomor HP dan email yang selalu aktif.

3. Data yang Diunggah Harus Sesuai dengan Data Dukcapil

Selain nomor HP dan email, kesesuaian data yang diunggah dengan data di Dukcapil juga menjadi hal yang penting untuk diperhatikan. Pastikan NIK dan nomor KK yang Anda daftarkan benar dan sesuai dengan data Dukcapil. Apabila kedua data tersebut bermasalah, silakan hubungi kantor Dukcapil terdekat untuk memperbaikinya.

4. Pastikan Mengunggah Foto Diri dan KTP Sesuai Ketentuan

Tips lolos Kartu Prakerja selanjutnya yaitu pastikan foto diri dan foto KTP yang diunggah telah sesuai dengan ketentuan. Pastikan mengunggah foto diri dengan wajah yang terlihat jelas tanpa kacamata, masker, atau aksesoris lainnya.

Sementara itu, untuk ketentuan unggah KTP, pastikan seluruh bagian e-KTP berada dalam bingkai. Pastikan juga format dan ukuran foto sesuai dengan ketentuan.

5. Jangan Lupa Aktifkan Izin Lokasi

Salah satu kendala dalam pendaftaran Kartu Prakerja yaitu izin lokasi pada browser belum diaktifkan. Jika izin lokasi tidak diaktifkan, maka proses pendaftaran tidak bisa dilakukan. Untuk itu, sebelum melakukan pendaftaran aktifkan terlebih dahulu izin lokasi pada dashboard akun Prakerja.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait