Memahami Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 25

Siti Nur Aeni
30 Maret 2022, 14:24
Ilustrasi, halaman utama website Kartu Prakerja. Pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-25 telah dibuka. Cara daftar kartu prakerja gelombang 25 ini tergolong mudah, yakni cukup registrasi, login dan langsung mengajukan.
prakerja.go.id
Ilustrasi, halaman utama website Kartu Prakerja. Pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-25 telah dibuka. Cara daftar kartu prakerja gelombang 25 ini tergolong mudah, yakni cukup registrasi, login dan langsung mengajukan.

Program Prakerja gelombang 25 sudah dibuka. Cara daftar Kartu Prakerja gelombang ini cukup mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Syarat Daftar Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/ buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Untuk bisa mengikuti progam prakerja ini, Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Berdasarkan penjelasan di situs resmi resminya, berikut syarat daftar prakerja:

  1. Warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Pekerja atau buruh yang sedang mencari kerja, terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK, atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pelaku UMKM.
  4. Tidak menerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi/komisaris/dewan BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 nomor induk kependudukan (NIK) dalam satu kartu keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja

Setelah semua syarat pendaftaran terpenuhi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ketika ingin daftar program prakerja yaitu membuat akun. Pembuatan akun ini bisa dilakukan secara online. Berikut beberapa langkah untuk membuat akun Kartu Prakerja:

  1. Buka situs prakerja.go.id.
  2. Klik opsi “Buat Akun”.
  3. Isi data dengan lengkap dan benar.
  4. Ceklis dan “Buat Akun”, setelah data lengkap dan benar.
  5. Buka email dan lakukan konfirmasi pendaftaran dan kini akun Kartu Prakerja Anda sudah selesai dibuat.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 25

Setelah memiliki akun, Anda bisa langsung melanjutkan pendaftaran Kartu Prakerja. Melihat keterangan dari akun Instagram @prakerja.go.id, cara daftar Kartu Prakerja gelombang 25 hanya tiga langkah. Berikut tahapannya:

  1. Masuk terlebih dahulu ke dashboard prakerja.go.id.
  2. Setelah itu, klik “Gabung Gelombang”.
  3. Tunggu konfirmasi.

Cara Cek Pengumuman Prakerja

Setelah melalui tahapan seleksi, maka peserta akan mendapatkan pengumuman hasil pendaftaran prakerja gelombang 25. Informasi pengumuman biasanya bisa langsung di cek di dashboard prakerja.go.id.

Selain itu, biasanya peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau SMS. Jadi pastikan untuk melakukan pengecekan secara berkala di laman prakerja atau di email yang terdaftar.

Manfaat Program Kartu Prakerja

Sama halnya dengan program bantuan lainnya, Kartu Prakerja juga memberikan beragam manfaat kepada pemiliknya. Dalam situs resminya, Kemnaker menyebutkan bahwa jika seseorang memiliki Kartu Prakerja maka yang bersangkutan bisa mendapatkan bantuan pelatihan atau pembekalan kompetensi kerja dan atau kewirausahaan.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...