Memahami Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 25

Program kartu prakerja gelombang 25 sudah dibuka. Berikut ini syarat dan cara daftar Kartu Prakerja dengan mudah.
Image title
30 Maret 2022, 14:24
Ilustrasi, halaman utama website Kartu Prakerja. Pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-25 telah dibuka. Cara daftar kartu prakerja gelombang 25 ini tergolong mudah, yakni cukup registrasi, login dan langsung mengajukan.
prakerja.go.id
Ilustrasi, halaman utama website Kartu Prakerja. Pendaftaran kartu prakerja gelombang ke-25 telah dibuka. Cara daftar kartu prakerja gelombang 25 ini tergolong mudah, yakni cukup registrasi, login dan langsung mengajukan.

Program Prakerja gelombang 25 sudah dibuka. Cara daftar Kartu Prakerja gelombang ini cukup mudah. Bagaimana caranya? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Syarat Daftar Prakerja

Program Kartu Prakerja adalah program pengembangan kompetensi kerja yang ditujukan untuk pencari kerja, pekerja/ buruh yang mengalami pemutusan hubungan kerja, dan atau pekerja/buruh yang memerlukan peningkatan kompetensi.

Untuk bisa mengikuti progam prakerja ini, Anda harus memenuhi persyaratan yang berlaku. Berdasarkan penjelasan di situs resmi resminya, berikut syarat daftar prakerja:

  1. Warga negara Indonesia berusia 18 tahun ke atas.
  2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.
  3. Pekerja atau buruh yang sedang mencari kerja, terkena pemutusan hubungan kerja atau PHK, atau membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, termasuk pelaku UMKM.
  4. Tidak menerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19.
  5. Bukan pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, aparatur sipil negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, serta direksi/komisaris/dewan BUMN atau BUMD.
  6. Maksimal 2 nomor induk kependudukan (NIK) dalam satu kartu keluarga (KK) yang menjadi penerima Kartu Prakerja.

Cara Membuat Akun Kartu Prakerja

Setelah semua syarat pendaftaran terpenuhi, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan ketika ingin daftar program prakerja yaitu membuat akun. Pembuatan akun ini bisa dilakukan secara online. Berikut beberapa langkah untuk membuat akun Kartu Prakerja:

Advertisement
  1. Buka situs prakerja.go.id.
  2. Klik opsi “Buat Akun”.
  3. Isi data dengan lengkap dan benar.
  4. Ceklis dan “Buat Akun”, setelah data lengkap dan benar.
  5. Buka email dan lakukan konfirmasi pendaftaran dan kini akun Kartu Prakerja Anda sudah selesai dibuat.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 25

Setelah memiliki akun, Anda bisa langsung melanjutkan pendaftaran Kartu Prakerja. Melihat keterangan dari akun Instagram @prakerja.go.id, cara daftar Kartu Prakerja gelombang 25 hanya tiga langkah. Berikut tahapannya:

  1. Masuk terlebih dahulu ke dashboard prakerja.go.id.
  2. Setelah itu, klik “Gabung Gelombang”.
  3. Tunggu konfirmasi.

Cara Cek Pengumuman Prakerja

Setelah melalui tahapan seleksi, maka peserta akan mendapatkan pengumuman hasil pendaftaran prakerja gelombang 25. Informasi pengumuman biasanya bisa langsung di cek di dashboard prakerja.go.id.

Selain itu, biasanya peserta yang lolos seleksi akan mendapatkan pemberitahuan melalui email atau SMS. Jadi pastikan untuk melakukan pengecekan secara berkala di laman prakerja atau di email yang terdaftar.

Manfaat Program Kartu Prakerja

Sama halnya dengan program bantuan lainnya, Kartu Prakerja juga memberikan beragam manfaat kepada pemiliknya. Dalam situs resminya, Kemnaker menyebutkan bahwa jika seseorang memiliki Kartu Prakerja maka yang bersangkutan bisa mendapatkan bantuan pelatihan atau pembekalan kompetensi kerja dan atau kewirausahaan.

Selain itu, pemilik Kartu Prakerja juga berhak atau insentif yang diberikan secara non tunai. Setiap pemilik kartu nantinya akan mendapatkan pake manfaat dengan nilai total Rp3.550.000, yang terdiri atas:

  1. Insentif setelah penuntasan pelatihan pertama sebesar Rp600.000 per bulan selama empat bulan, sehingga nilai total yang akan diterima Rp2.400.000.
  2. Insentif pasaca pengisian survei evaluasi sebesar Rp50.000 per surveri sebagai tiga kali survei, sehingga total nominal yang akan diterima Rp150.000.

Pertanyaaan Seputar Kartu Prakerja

Jika Anda masih belum memahami tentang apa itu Kartu Prakerja? Berikut ini beberapa pertanyaan seputar Kartu Prakerja dan jawabannya yang bisa Anda cermati.

1. Dimana saja saldo pelatihan prakerja bisa digunakan untuk membeli atau membayar pelatihan?

Jawab: Saldo pelatihan dari Kartu Prakerja bisa digunakan di platform digital resmi yang sudah bermitra dengan Kartu Prakerja. Beberapa platform tersebut antara lain; Tokopedia, Bukalapak, Pintaria, Pijak Mahir, dan Kemnaker.

2. Bagaimana cara mengecek status pendaftaran gelombang?

Jawab:  untuk mengecek status pendaftaran bisa dilakukan dengan mengunjungi dashboard situs prakerja. Di sana Anda juga bisa melihat status saldo yang dimiliki setelah menyaksikan tiga video tentang Kartu Prakerja.

3. Apakah data pendaftaran bisa diganti?

Jawab: apabila akun telah terdaftar di tahun sebelumnya, maka Anda bisa mengganti data pendaftaran yang telah diisi jika memang ada perubahan. Setelah login, Anda harus mengisi kembali NIK, nomor KK, dan data diri terbaru.

4. Apakah peserta Kartu Prakerja harus mengikuti tes?

Jawab: peserta Kartu Prakerja harus mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar melalui situs resmi Kartu Prakerja agar proses pendaftaran bisa diselesaikan.

5. Bagaimana cara mendapatkan informasi tentang pembukaan gelombang?

Jawab: seluruh informasi pembukaan gelombang bisa dilihat di media sosial resmi program Kartu Prakerja, baik di Facebook, Instagram, atau YouTube.

6. Jika tidak mendapatkan kuota gelombang, apakah bisa mengikuti seleksi gelombang selanjutnya?

Jawab: Jika Anda tidak mendapatkan kuota gelombang saat ini, Anda bisa mengikuti seleksi Kartu Prakerja di gelombang berikutnya. Selalu pantau sosial media program Kartu Prakerja untuk mendaptkan informasi terbaru.

 

Editor: agung
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait