14 Film Keluarga Terbaik, Berisi Pesan Moral dan Pelajaran Berharga

Image title
13 September 2022, 06:05
Ilustrasi, film Encanto (2021), film keluarga terbaik
imdb.com
Ilustrasi, film Encanto (2021), film keluarga terbaik

Film keluarga adalah genre film yang menampilkan anak-anak atau berhubungan dengan mereka dalam konteks rumah dan keluarga. Film keluarga dibuat untuk daya tarik yang lebih luas dan bisa ditonton semua umur.

Film keluarga terbaik mengandung banyak pesan moral dan pelajaran berharga. Dengan demikian, menonton film keluarga bersama dapat membantu anak-anak dan orang tua dalam mereka mengatasi masalah dan menemukan solusi.

Selain itu, menonton film keluarga terbaik dapat mengembangkan kreativitas, meningkatkan kemampuan untuk berpikir kritis, dan merangsang imajinasi. Oleh sebab itu, menonton film dengan keluarga bukan hanya kegiatan yang menyenangkan bagi semua orang, tetapi juga menumbuhkan persahabatan di antara anggota keluarga.

Berikut rekomendasi film keluarga terbaik dengan pesan moral dan pelajaran berharga.

1. Spirited Away (2001)

Spirited Away menjadi film keluarga terbaik sepanjang masa. Film karya Hayao Miyazaki ini termasuk anime movie terbaik. Film ini mengisahkan seorang gadis bernama Chihiro yang orang tuanya berubah menjadi babi setelah mereka mengembara ke tempat yang mereka yakini sebagai taman hiburan yang ditinggalkan.

Tempat itu ternyata merupakan pemandian roh. Jika Chihiro ingin ibu dan ayahnya dikembalikan ke bentuk manusia, dia harus bekerja untuk penyihir yang menjadi pemiliknya. Dengan sejumlah teman baru dan petualangan yang mendebarkan, dia merumuskan rencana untuk menyelamatkan orang tuanya dan kembali ke dunia manusia.

Film klasik dari Studio Ghibli ini mengajarkan pelajaran tentang persahabatan, cinta, dan keberanian. Dari Spirited Away, penonton dapat mengambil beberapa hikmah, yaitu jangan termotivasi oleh keserakahan dan selalu membantu orang yang membutuhkan tanpa pamrih.

2. The Lion King (1994)

The Lion King berkisah tentang petualangan para satwa di Afrika. Dalam salah satu film animasi terbaik ini, Seekor anak singa bernama Simba lahir dari Raja Singa Mufasa dan Ratu Sarabi. Mufasa mempersiapkan Simba untuk menjadi raja hutan berikutnya. Namun, Simba yang naif percaya pada pamannya bernama Scar yang jahat dan ingin membunuh Mufasa dan Simba untuk menjadi raja berikutnya.

Dia memikat Simba dan temannya Nala untuk pergi ke tempat terlarang dan mereka diserang oleh hyena, tetapi mereka diselamatkan oleh Mufasa. Kemudian Scar merencanakan skema lain untuk membunuh Mufasa dan Simba.

Kali ini, rencana Scar berhasil dan ia membunuh Mufasa tepat di depan Simba. Tak berdaya, Simba yakin bahwa dia bertanggung jawab atas kematian ayahnya. Sekarang, Scar menjadi raja yang didukung oleh hyena jahat sementara Simba tumbuh di negeri yang jauh.

Beberapa waktu kemudian, Nala bertemu Simba dan menceritakan bahwa kerajaan telah menjadi gurun yang menyeramkan. Apa yang akan dilakukan Simba?

3. Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018)

Spider-Man: Into the Spider-Verse merupakan film keluarga terbaik yang memenangkan penghargaan Oscar tahun 2019. Film ini bercerita tentang karakter Miles Morales saat ia menjadi Spider-Man baru dan bergabung dengan orang-orang yang juga Spider-Man dari alam semesta paralel untuk menyelamatkan alam semestanya dari penjahat Kingpin.

Setiap karakter memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dan menyelamatkan alam semesta dari kehancuran. Spider-Man: Into the Spider-Verse menyadarkan penonton bahwa penting untuk terlibat ketika kita melihat sesuatu yang tidak adil.

4. Encanto (2021)

Encanto merupakan film keluarga terbaik berupa animasi yang dirilis Disney serta memenangkan penghargaan Oscar tahun 2022. Encanto mengisahkan keluarga Madrigals yang memiliki kekuatan magis dan hidup tersembunyi di pegunungan Kolombia di tempat yang mempesona yang disebut Encanto.

Keluarga Madrigal dikaruniai sebuah lilin ajaib yang memberkati setiap anak dalam keluarga dengan hadiah unik. Saat cukup umur, setiap anak akan mendapatkan kekuatan. Namun, hal tersebut tidak berlaku bagi Mirabel.

Mirabel merupakan satu-satunya anggota keluarga yang tidak diberkati dengan keajaiban. Ia merasa berbeda, hidupnya dihantui bayang-bayang anggota keluarga yang lain. Suatu hari, Mirabel merasakan sesuatu berbahaya mengancam keluarganya.

Untuk mencari jawaban, Mirabel mengulik masa lalu salah satu anggota keluarga, Bruno Madrigal. Tak diduga, rahasia yang diungkap Mirabel akan menjadi harapan terakhir keluarga Madrigal.

5. Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Termasuk salah satu film keluarga terbaik,  film ini berkisah tentang Harry Potter, seorang bocah lelaki berusia sebelas tahun biasa yang melayani sebagai semacam budak untuk bibi dan pamannya yang mengetahui bahwa dia sebenarnya adalah seorang penyihir dan telah diundang untuk menghadiri Sekolah Sihir Hogwarts.

Harry direnggut dari keberadaannya yang biasa oleh Rubeus Hagrid, penjaga taman Hogwarts, dan dengan cepat dilemparkan ke dunia yang sama sekali asing bagi dia dan penonton. Terkenal karena insiden yang terjadi saat kelahirannya, Harry berteman dengan mudah di sekolah barunya.

Dia segera menemukan, bagaimanapun, bahwa dunia sihir jauh lebih berbahaya baginya daripada yang dibayangkan, dan dia dengan cepat belajar bahwa tidak semua penyihir bisa dipercaya.

6. The Sea Beast (2022)

The Sea Beast merupakan film keluarga terbaik yang berlatar waktu di era ketika binatang buas yang menakutkan berkeliaran di lautan. Untuk melindungi masyarakat, binatang ini diburu oleh pemburu monster. Salah satu pemburu terkenal bernama Jacob Holland. Ia memburu monster merah yang sulit dikalahkan.

Suatu hari, gadis kecil bernama Maisie Brumble bersembunyi di kapal yang dinaiki Jacob. Tiba-tiba, monster merah raksasa menghancurkan kapal. Akibatnya, Maisie dan Jacob terdampar di sebuah pulau.

Bersama-sama mereka memulai petualangan epik ke perairan yang belum dipetakan. Tak disangka, sang monster merah membantu mereka kembali ke pelabuhan. Namun, niat baik monster tak diterima oleh masyarakat. Maisie dan Jacob berusaha menyadarkan masyarakat bahwa sosok jahat sebenarnya adalah sang raja dan ratu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...