Lari Sprint adalah Lari Jarak Pendek, Ini Pengertian dan Tekniknya

Image title
19 Oktober 2022, 11:52
Lari Sprint
ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Al'as
Sprinter Indonesia Lalu Muhammad Zohri (kedua kanan) berlari dalam babak pertama 100 meter putra heat 4 cabang atletik Olimpiade Tokyo 2020 di Olimpiade Tokyo 2020 di Stadion Olimpiade Tokyo, Jepang, Sabtu (31/7/2021). Lalu Muhammad Zohri menempati posisi kelima dari delapan pelari dengan catatan waktu 10,26 detik. ANTARA FOTO/NOC Indonesia/Naif Al'as/Handout/sgd/wsj

Lari sprint adalah lari jarak pendek yang menjadi bagian dari cabang nomor atletik. Olahraga ini menuntut atletnya memiliki kekuatan otot kaki yang besar, sehingga menghasilkan kecepatan lari maksimal.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), lari sprint adalah gerakan lari sekencang-kencangnya yang diperlombakan dalam kejuaraan atletik. Biasanya lari ini dilakukan pada jarak 100 meter hingga 400 meter.

Berbeda dengan lari jarak jauh, lari sprint mengandalkan kecepatan kaki yang diperoleh sejak garis start. Daya ledak ini akan mempengaruhi seberapa kencang atlet tersebut berlari.

Meski demikian, dalam lari cepat seorang atlet perlu mencermati penghematan tenaga. Sebab, semakin panjang jaraknya, kebutuhan stamina juga akan lebih besar.

Pengertian Lari Sprint

Menurut Topendsport, lari sprint adalah perlombaan jarak pendek yang mana atlet mencoba berlari dengan kecepatan maksimum mereka sepanjang lintasan. Jarak lari cepat umumnya dibagi menjadi beberapa kelas.

Atlet lari cepat biasanya disebut sebagai sprinter. Kejuaran lari cepat merupakan acara lintasan atletik yang melibatkan lari jarak pendek tetap dalam waktu secepat mungkin.

Lari sprint harus didukung dengan kekuatan dan kecepatan yang tinggi. Pasalnya, sprinter membutuhkan speed endurances yang kuat, mulai dari garis start sampai finis.

Secara umum, yang bisa disebut sebagai lari sprint adalah perlombaan lari berjarak 100 meter. Sedangkan untuk kelas 200 meter ke atas, dinamakan lari cepat.

Menurut Suratmin dalam Kepelatihan Atletik Jalan dan Lari, lari jarak 50 meter menjadi langkah awal yang baik untuk mempersiapkan pelari berlaga di kelas 100 meter. 

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...