7 Manfaat Daun Handeuleum, Salah Satunya Mengatasi Ambeien

Daun ungu atau handeuleum merupakan tanaman herbal yang berkhasiat. Manfaat daun handeuleum dipercaya mampu mengatasi ambeien dan penyakit lainnya.
Image title
21 Oktober 2022, 22:12
manfaat daun handeuleum
Youtube Supatmin
Ilustrasi daun handeuleum

Daun ungu atau handeuleum merupakan tanaman obat yang berkhasiat. Manfaat daun handeuleum diklaim dapat mengatasi masalah ambeien hingga menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Daun handeuleum (Graptophyllum pictum) merupakan satu dari sekian banyak sumber antioksidan alami yang bermanfaat. Dari hasil penelitian daun ini mengandung senyawa tanin, alkaloid, saponin, glikosida dan flavonoid.

Manfaat daun handeuleum sangat beragam. Daun tersebut bisa diolah jadi obat herbal yang baik untuk sistem pencernaan. Para ahli menganjurkan agar penggunaan tanaman ini sesuai dosis yang tepat, sehingga tidak menimbulkan gejala efek samping bagi tubuh.

Karakteristik Daun Handeuleum

Merujuk Buku Pintar Tanaman Obat, daun handeuleum diketahui berasal dari kawasan Malaysia Timur. Tumbuhan ini memiliki batang tegak berukuran kecil dengan tinggi bisa mencapai tiga meter.

Advertisement

Bagian penampangnya mirip seperti segitiga tumpul serta berwarna ungu. Daunnya tumbuh berhadapan serta memiliki bunga berwarna merah yang tersusun dalam satu rangkaian.

Daun handeuleum biasa digunakan sebagai obat tradisional. Pengolahannya bisa dengan cara direbus, dikeringkan, atau dijadikan bubuk berkhasiat.

Manfaat daun handeuleum diduga berasal dari senyawa berkhasiat yang terkandung di dalamnya. Selain yang sudah disebutkan di atas, daun ungu memiliki kandungan alkohol, pektin, serta asam formiat.

Bagi sebagian orang, manfaat daun handeuleum dipercaya bisa meredakan masalah kesehatan seperti ambeien dan melancarkan buang air kecil, haid, mengobati bisul, serta masih banyak lagi.

Manfaat Daun Handeuleum

Handeuleum merupakan sebutan dari masyarakat Sunda untuk daun ungu. Tanaman herbal ini terkenal akan khasiatnya yang diklaim mampu mengobati beberapa penyakit.

Menurut jurnal Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Ungu (Graptophyllum pictum Griff) terhadap Penyembuhan Hemoroid, kandungan daun ini bersifat sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik sehingga mempunyai sifat melunakan tinja, namun tidak menyebabkan diare dan menurunkan nilai ambang nyeri.

Dalam Jurnal Penelitian Pertanian Terapan Vol.11 (1): 15-24, disebutkan bahwa aksesi handeuleum mengandung bahan aktif yang mirip dengan vitamin E, neophytadiene, gamma tocopherol, dan sebagainya.

Melihat penjelasan di atas, tidak mengherankan kalau daun ungu memiliki potensi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun manfaat daun handeuleum di antaranya sebagai berikut:

1. Mengatasi Masalah Wasir

Kandungan flavonoid dalam daun handeuleum membantu meringankan rasa nyeri akibat wasir serta mengatasi efek peradangan. Hal ini karena, senyawa fitokimia pada daun ungu bersifat antiradang dan antinyeri. 

2. Mengobati Bisul

Hampir setiap orang pernah sekali menderita bisul dalam hidupnya. Salah satu gangguan kulit ini akan menimbulkan rasa nyeri dan bila disentuh biasanya keluar nanah.

Solusi alternatif yang bisa dicoba adalah dengan mengobatinya memakai daun handeuleum. Sifat antiradang yang dimilikinya, membantu proses penyembuhan bisul pada kulit.

3. Mencegah Munculnya Plak Gigi

Makanan manis yang dikonsumsi berlebihan bisa saja menimbulkan plak pada gigi. Untuk itu, diperlukan perawatan yang tepat agar kebersihan gigi dapat terjaga.

Salah satu manfaat daun handeuleum yaitu membantu menekan pertumbuhan plak gigi. Khasiat ini berasal dari kandungan Tanin dan flavonoid yang bisa menghambat berkembangnya bakteri Streptococcus mutans yang merupakan dalang utama masalah gigi. 

4. Membantu Mengurangi Kadar Kolesterol

Fitosterol yang merupakan senyawa steroid di dalam daun ungu, dinilai efektif untuk menurunkan kadar kolesterol. Pasalnya, senyawa ini akan menekan penyerapan kolesterol berlebih dari makanan berlemak yang dikonsumsi.

5. Memelihara Kesehatan Ginjal

Menurut penelitian, manfaat daun handeuleum memberikan efek nephroprotective. Artinya, daun ini dapat melindungi fungsi ginjal pada tubuh.

Efek nephroprotective dari daun ungu, dianggap bisa menurunkan tingkat kreatinin dan urea, sehingga kerja ginjal dapat terjaga.

6. Herbal Alami untuk Kontrasepsi Pria dan Wanita

Dikutip dari laman SehatQ, berdasarkan uji histopatologinya efek daun handeuleum cenderung mempengaruhi produksi sperma juga jumlah sel spermatogenik total. Ini artinya, penggunaannya untuk metode kontrasepsi alami bisa dilakukan.

Selain itu, sebuah penelitian menunjukan bahwa daun handeuleum bisa memicu aktivitas hormon oksitosin yang sebanding dengan hormon serupa pada ibu menyusui. Dengan kata lain, daun ini juga bisa digunakan sebagai kontrasepsi alami bagi wanita.

7. Baik untuk Sistem Pencernaan

Seperti disebutkan sebelumnya, manfaat daun handeuleum baik untuk sistem pencernaan. Sebab, senyawa di dalamnya sangat ampuh guna memperlancar buang air besar.

Meski kaya akan manfaat, konsumsi daun handeuleum juga patut diperhatikan. Disarankan agar melakukan konsultasi kepada dokter dan pakar lainnya, untuk memakai daun handeuleum sebagai obat herbal.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait