7 Manfaat Daun Handeuleum, Salah Satunya Mengatasi Ambeien

Image title
21 Oktober 2022, 22:12
manfaat daun handeuleum
Youtube Supatmin
Ilustrasi daun handeuleum

Daun ungu atau handeuleum merupakan tanaman obat yang berkhasiat. Manfaat daun handeuleum diklaim dapat mengatasi masalah ambeien hingga menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Daun handeuleum (Graptophyllum pictum) merupakan satu dari sekian banyak sumber antioksidan alami yang bermanfaat. Dari hasil penelitian daun ini mengandung senyawa tanin, alkaloid, saponin, glikosida dan flavonoid.

Manfaat daun handeuleum sangat beragam. Daun tersebut bisa diolah jadi obat herbal yang baik untuk sistem pencernaan. Para ahli menganjurkan agar penggunaan tanaman ini sesuai dosis yang tepat, sehingga tidak menimbulkan gejala efek samping bagi tubuh.

Karakteristik Daun Handeuleum

Merujuk Buku Pintar Tanaman Obat, daun handeuleum diketahui berasal dari kawasan Malaysia Timur. Tumbuhan ini memiliki batang tegak berukuran kecil dengan tinggi bisa mencapai tiga meter.

Bagian penampangnya mirip seperti segitiga tumpul serta berwarna ungu. Daunnya tumbuh berhadapan serta memiliki bunga berwarna merah yang tersusun dalam satu rangkaian.

Daun handeuleum biasa digunakan sebagai obat tradisional. Pengolahannya bisa dengan cara direbus, dikeringkan, atau dijadikan bubuk berkhasiat.

Manfaat daun handeuleum diduga berasal dari senyawa berkhasiat yang terkandung di dalamnya. Selain yang sudah disebutkan di atas, daun ungu memiliki kandungan alkohol, pektin, serta asam formiat.

Bagi sebagian orang, manfaat daun handeuleum dipercaya bisa meredakan masalah kesehatan seperti ambeien dan melancarkan buang air kecil, haid, mengobati bisul, serta masih banyak lagi.

Manfaat Daun Handeuleum

Handeuleum merupakan sebutan dari masyarakat Sunda untuk daun ungu. Tanaman herbal ini terkenal akan khasiatnya yang diklaim mampu mengobati beberapa penyakit.

Menurut jurnal Pengaruh Pemberian Ekstrak Daun Ungu (Graptophyllum pictum Griff) terhadap Penyembuhan Hemoroid, kandungan daun ini bersifat sebagai antiinflamasi dan juga sebagai analgesik sehingga mempunyai sifat melunakan tinja, namun tidak menyebabkan diare dan menurunkan nilai ambang nyeri.

Dalam Jurnal Penelitian Pertanian Terapan Vol.11 (1): 15-24, disebutkan bahwa aksesi handeuleum mengandung bahan aktif yang mirip dengan vitamin E, neophytadiene, gamma tocopherol, dan sebagainya.

Melihat penjelasan di atas, tidak mengherankan kalau daun ungu memiliki potensi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Adapun manfaat daun handeuleum di antaranya sebagai berikut:

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...