Cara Membersihkan Mata Sesuai Anjuran Pakar Kesehatan

Image title
24 Oktober 2022, 05:51
Ilustrasi, cara membersihkan mata
Pexels/??????? ???????
Ilustrasi, cara membersihkan mata

Mata yang kotor dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, penting untuk selalu membersihkan mata. Cara membersihkan mata tidak dapat dilakukan sembarangan karena area mata yang sensitif rawan terkena iritasi.

Menurut para pakar kesehatan dalam WebMD, Healthline, dan Medical News Today, ada beberapa cara membersihkan mata yang benar dan tidak menyebabkan iritasi. Berikut penjelasanya.

Cara Membersihkan Mata

Cara membersihkan mata dilakukan tergantung iritan yang masuk ke dalamnya. Selengkapnya, simak penjelasan cara membersihkan mata berikut.

1. Cara membersihkan mata yang terkena cairan kimia

Cairan kimia dapat terkena mata saat digunakan. Beberapa produk pembersih seperti pemutih, sabun, dan sebagainya digunakan sehari-hari, tetapi terkadang produk tersebut dapat terkena mata dan menyebabkan iritasi. Oleh sebab itu, segera bersihkan mata dengan benar jika terkena.

Berikut cara membersihkan mata yang terkena cairan kimia:

  1. Basuh mata dengan air hangat. Cara ini biasanya dilakukan saat mata terkena sabun.
  2. Basuh mata dengan air biasa selama 15 menit. Membasuh mata segera setelah terkena dapat mengurangi risiko cedera dan kerusakan jangka panjang.
  3. Jika terkena cairan kimia yang kuat, segera kunjungi instansi gawat darurat terdekat.

2. Cara membersihkan mata dari kerak

Kerak mata yang terbentuk saat Anda tidur merupakan hal normal. Kerak pada mata adalah campuran lendir, sel kulit terkelupas, minyak, dan air mata yang diproduksi oleh mata saat tidur. Ini adalah bagian alami dari fungsi mata yang sehat.

Kerak mata tidak terbentuk saat kita beraktivitas karena saat itu, air mata alami secara alami membersihkan mata yang berkedip, sehingga tidak ada kerak yang menempel. Kerak mata biasanya muncul di sudut mata.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...