Cara Menghapus History YouTube dan Log Out Akun dari Perangkat Lain

Berikut ini adalah beberapa cara menghapus history Youtube dan me-logout akun dari perangkat lain.
Image title
19 Desember 2022, 18:45
Cara menghapus history YouTube.
pexels
Ilustrasri YouTube.

YouTube merupakan platform streaming kenamaan yang dikembangkan oleh Google. Melansir dari USA Today, YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim pada tahun 2005. Menariknya, mereka sebelumnya merupakan pegawai untuk perusahaan PayPal.

Time Magazine juga menjelaskan bahwa YouTube tidak serta merta menjadi seperti sekarang. Hurley dan Chen mendapatkan dan mengembangkan idenya untuk membuat YouTube karena kesulitan ketika ingin membagikan video pesta makan malamnya di San Fransisco.

Pada rentang tahun 2005-2006, YouTube hadir sebagai perusahaan teknologi. Awalnya mereka mendapatkan suntikan dana sejumlah US$ 11,5 juta oleh Sequoia Capital, firma permodalan yang ada sejak 1972.

Hingga sekarang, YouTube berhasil berkembang dan menyesuaikan dengan tren yang sedang ramai. Namun juga bisa dikatakan bahwa YouTube bisa menjadi awal pada tren tertentu. Hal tersebut lantaran YouTube menjadi wadah yang luas untuk membagikan segala hal dalam bentuk video.

Demikian juga dengan YouTube yang memiliki berbagai fungsi. Tidak hanya bagi pengguna yang merupakan kreator, namun juga penonton yang memiliki akun YouTube.

YouTube sekarang sudah terintegrasi dengan aplikasi lain yang dikembangkan oleh Google. Maka dari itu, lebih mudah dengan memiliki satu akun Google, Anda sudah bisa membuat akun di aplikasi lain tanpa menambahkan informasi lengkap seperti biasanya karena sudah terangkum di dalam akun Google.

Tidak terkecuali YouTube, akun yang dimiliki juga sekaligus akun Google. Namun, Anda juga bebas menyunting informasi atau tampilan agar berbeda dari akun Google. Hanya saja, keduanya akan terautentikasi.

YouTube tidak hanya memiliki fitur mengunggah dan menonton video seperti biasa. Di dalamnya terdapat fitur yang kompleks. Baik dari segi teknis maupun keamanan akun.

Mirip peramban, YouTube juga merekam penjelajahan Anda dalam mencari dan menonton video. Tujuannya adalah menentukan algoritma video yang termuat pada beranda. Selain itu, juga memudahkan Anda apabila ingin melihat video yang mungkin lupa judulnya.

Namun Anda juga memungkinkan untuk menghapus riwayat penjelajahan atau history. Terkait dengan itu, kali ini Katadata.co.id ingin memberikan cara menghapus history Youtube.

Cara-cara di bawah dapat Anda terapkan apabila meminjam ponsel atau perangkat milik orang lain. Tujuannya ada tidak merubah tatanan akun atau daftar putar yang mungkin sudah dibuat oleh pemilik perangkat.

Selain itu, cara ini juga berguna untuk menjaga privasi. Agar tidak diketahui orang lain, Anda simak cara-cara di bawah ini.

Cara Menghapus History YouTube melalui Google Activity

1. Buka situs Google Activity melalui myaccount.google.com
2. Pilih opsi Data and Privacy
3. Klik History YouTube
4. Klik Manage History
5. Klik ikon Delete yang ada di Filter by date
6. Klik dan tentukan jangka waktu tontonan YouTube
7. Klik Next
8. Klik Confirm
9. History YouTube Anda terhapus.

Cara Menghapus History YouTube melalui PC atau Laptop

1. Buka situs YouTube melalui peramban di PC atau Laptop
2. Pastikan sudah melakukan log-in akun di YouTube
3. Klik ikon garis garis pada sudut kiri atas
4. Klik Histori
5. Klik Hapu Semua Histori Tontonan
6. History YouTube Anda terhapus.

Cara Menghapus History YouTube melalui Hp

1. Buka aplikasi YouTube
2. Klik profil pada YouTube
3. Klik Setelan atau Settings
4. Pilih Histori dan Privasi
5. Klik Hapus histori tontonan
6. Klik tab Koleksi yang berada di bawah
7. Pilih History
8. Klik ‘Hapus’ agar history YouTube terhapus
9. History YouTube Anda sudah terhapus.

Itulah tiga cara menghapus history YouTube. Mulai dari melalui Google Activity, Anda juga bisa menghapus data penjelajahan YouTube pada perangkat ponsel. Menghapus riwayat penjelajahan biasanya dilakukan ketika menggunakan perangkat milik orang lain atau sekedar ingin menjaga privasi.

Cara Logout Akun YouTube di Perangkat Lain

Tak hanya itu, Katadata.co.id juga ingin menjelaskan bagaimana cara logout akun YouTube di perangkat lain. Hal ini bertujuan untuk mencegah peretasan akun Google dan YouTube. Simak cara berikut ini.

1. Pastikan akun yang ingin di-logout di perangkat lain tersebut sudah terpasang di perangkat pribadi Anda
2. Ketuk foto profil
3. Ketuk nama akun Anda di bagian atas
4. Pilih Kelola akun
5. Ketuk akun yang ingin dihapus dari perangkat
6. Ketuk Hapus akun.

Selain cara tersebut, berikut ini adalah cara logout akun YouTube dari perangkat lain lewat Android.

1. Buka Pengaturan atau Settings pada ponsel Android Anda
2. Pilih menu Google
3. Pilih akun Google
4. Pilih opsi Google dan tentukan akun yang ingin diberi tindakan
5. Pilih opsi More
6. Klik Remove Account
7. Akun YouTube dan Google akan terhapus dari perangkat lain.

Demikian pembahasan mengenai cara logout akun YouTube dari perangkat lain. Anda bisa melakukannya secara berkala untuk memastikan bahwa tidak ada perangkat asing yang tersambung dengan akun. Namun sebelum itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan melalui riwayat akun Google.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait