Deretan Game Nomor 1 di Dunia dengan Pemain Aktif Terbanyak

Stigma negatif akan game online telah bergeser, kini banyak pemain game profesional yang mengukir prestasi. Lantas, dari sekian banyak game yang beredar, manakah game nomor 1 di dunia?
Image title
5 Oktober 2021, 10:40
Game nomor 1 di dunia
Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA
ilustrasi PUBG

Industri game atau gim online kini tengah digandrungi banyak orang. Tak hanya pemain (gamers), banyak juga orang yang hanya menjadi penonton video permainan yang sudah dianggap olahraga online (esport) para gamers ini.

Pada 2018, baru 1,6 miliar orang yang tercatat mengikuti perkembangan gim online ini. Kuantitasnya bertambah di 2019 menjadi 1,8 miliar orang.

Video gim esports banyak dinikmati melalui Twitch dan Youtube Gaming. Kontennya berupa pertandingan yang dilakukan secara profesional, serta analisis pra dan pascabermain.

Gim yang paling banyak ditonton adalah League of Legends. Permainan itu dilakukan melalui PC dengan total durasi ditonton 347,4 juta jam. Pemain gim sendiri cenderung tertarik pada permainan berjenis kasual.

Dari riset App Annie, 82% gamers mengunduh jenis genre gim kasual dibandingkan bergenre kekerasan sebesar 18% pada 2019. Gim kasual itu terdiri atas gim puzzle dan arcade. Sedangkan gim yang mengandung unsur kekerasan terdiri atas gim aksi dan tembak-menembak.

Untuk gim seperti arcade, mengandalkan kecepatan tangan dan mata paling diminati. Genre itu diunduh 47% pemain. Puzzle dan gim kasual lainnya mengikuti dengan 21% dan 15%. Gim bergenre kekerasan, seperti aksi, tembak-menembak juga diminati meski angkanya di bawah gim kasual. Gim aksi diunduh 8% pemain, sedangkan gim tembak-menembak diunduh 3% pemain.

Game Nomor 1 di Dunia

Tahun ini para pemain gim aktif justru banyak yang berkecimpung di permainan royal battle. Tidak heran beberapa game dengan tema serupa menduduki posisi teratas sebagai game nomor 1 di dunia.

Melansir Sport Show, berikut 10 deretan game nomor 1 di dunia dengan pemain aktif terbanyak.

Ilustrasi PUBG
Ilustrasi PUBG (Ajeng Dinar Ulfiana | KATADATA)

 

1. PlayerUnkonwn’s BattleGrounds (PUBG)

Game dengan konsep battle royale yang paling banyak dimainkan adalah PUBG Mobile. Selain masuk ke dalam jajaran 10 game paling banyak diunduh di Indonesia, PUBG Mobile juga menduduki posisi gim terpopuler di dunia saat ini dengan total unduhan lebih dari 100 juta kali. Ini merupakan bukti nyata betapa menariknya game multiplayer besutan Tencent.

Mode multiplayer yang diusung PUBG Mobile membuat para pemainnya bisa menentukan anggota timnya untuk bermain bersama. Ditambah lagi, multiplayer dalam game ini cukup imbang karena akan dipertemukan sesuai pangkatnya.

Banyak yang mengadakan turnamen-turnamen PUBG Mobile bergengsi dengan hadiah puluhan bahkan ratusan juta. Ini membuat banyak orang lebih serius dalam bermain gim.

Jika dirasa sulit memenangkan turnamen, Anda juga bisa mendapatkan uang dari bermain gim dengan mengunggahnya ke Youtube atau platform streaming seperti Twitch.

PUBG Mobile juga menyuguhkan grafis yang tajam, membuat Anda semakin betah memainkannya. Namun, dengan kualitas grafis ini membutuhkan spesifikasi handphone alias ponsel yang cukup tinggi agar bisa lancar memainkannya.

Beberapa usulan dan laporan dari para pemain juga ditanggapi dengan cepat, hal itu membuat para pemain lebih tenang, karena semua orang bermain dengan jujur dan sportif.

Dengan kata lain, tidak adanya kecurangan dalam permainan tersebut. Perawatan yang baik dan update  permainan, semakin menarik dan membuat PUBG Mobile memenangkan nominasi Mobile Game of The Year di ajang 36th Golden Stick Award pada 2018. PUBG kini memiliki pemain aktif lebih dari 100 juta player, baik dari Android maupun iOS.

2 Minecraft

Gim ini juga terbilang masih populer meski dirilis 10 tahun silam. Dalam permainan ini, pemain harus bertahan hidup dan membangun kampus mereka dan memiliki otoritas penuh untuk mengambil alih bangunan, hewan, manusia, dan makanan.

Gim ini memiliki keunggulan, yaitu tidak banyak batasan dan memungkinkan pengguna melakukan apa pun yang mereka inginkan. Beberapa mode yang ada adalah mode bertahan diri, mode petualangan, mode kreatif, dan mode penonton.

Meski gim besutan Mojang Studios ini menggunakan grafik 8 bit, tapi di sinilah nilai jual mereka. Ada Survival mode, Adventure mode, Creative Mode, dan Spectator Mode. Minecraft dimainkan oleh lebih dari 95 juta pemain aktif di Android dan iOS.

3. Apex Legends

Sejak dirilis pada 2019 lalu, popularitas Apex Legends terus menanjak. Gim ini sangat cocok bagi para player PUBG atau Fortnite yang ingin merasakan sensasi futuristik. Gim ini masuk ke dalam kategori battle royale namun mengusung sistem free to play. 

Apex Legends menggabungkan Battle Royale dengan RPG. Ada hero dengan berbagai role yang bisa dipilih oleh player. Kabarnya Apex Legends akan segera merilis versi mobile.

Dalam game Apex Legends, karakter yang dimainkan disebut sebagai Legends. Setiap karakter mempunyai skill dan ability yang berbeda dan desain karakter yang unik. Apex Legends dimainkan oleh 50 juta player aktif di seluruh dunia.

4. Fortnite

Game Fortnite tidak hanya untuk PC, sekarang Anda bisa memainkan Fortnite di ponsel Android. Bahkan,  para penggemar gim ini cukup takjub lantaran gameplay di versi ponsel dengan PC hanya memiliki sedikit perbedaan, atau bahkan tidak ada perbedaan.

Anda juga masih bisa merasakan map dengan luas, sama saat memainkan gim ini di ponsel. Bedanya hanya terletak pada grafis, di mana anti-aliasing dan tekstur pada versi mobile agak dikurangi.

Fortnite sendiri merupakan permainan royal battle, di mana pemain akan ditempatkan pada map yang luas. Anda diharuskan untuk membunuh puluhan pemain lainnya, sehingga tinggal seorang yang masih hidup sekaligus jadi pemenangnya.

Grafis pada game ini lebih komikal dibanding PUBG M, jadi para pemain PUBG M bisa merasakan sensasi  merasakan sensasi berbeda walaupun keduanya mengusung tipe permainan battle royale.

Kekurangannya, tidak semua HP kompatibel untuk memainkan permainan Fortnite. Gim inipun tidak bisa diinstal melalui Google Play Store dan hanya dapat diunduh melalui aplikasi dan web resmi Epic Games.

Sejak perilisannya pada 2017, gim besutan Epic Games ini dimainkan oleh 45 juta pemain aktif..

5. Counter Strike: Global Offensive

Tidak pernah lekang oleh waktu, Counter-Strike merupakan permainan dengan mode FPS (frame rate mode) terbaik yang masih eksis hingga saat ini.

Duel dua tim antara teroris dan polisi masih membuat banyak pemain tertarik dengan gim ini. Di dunia profesional, turnamen CS: GO juga menawarkan hadiah besar.

Game yang dikembangkan oleh Valve Corporation dan Hidden Path ini berhasil menjadi eSport game yang paling diminati sejak 1999.

Kedua perusahaan tersebut terus meningkatkan mode permainan agar menarik dan menantang untuk dimainkan. Hingga 2014, Counter-Strike: Global Offensive rilis pertama kali sebagai permainan online dan berhasil mengumpulkan total 37 juta pemain.

6. HearthStone

Game yang dapat dimainkan di XBOX, ponsel, dan PC ini layak bertengger di daftar 10 game nomor 1 di dunia. Pasalnya, HearthStone memiliki pemain aktif lebih dari 30 juta pemain online.

Game HearthStone ini mengumpulkan dek kartu dari rumah yang berbeda dan kekuatan yang berbeda. Masing-masing kartu digunakan untuk menurunkan kesehatan dan nyawa lawan untuk memenangkan permainan.

Game free to play ini awalnya dirilis sebagai Heroes of Warcraft karena mengakomodasi banyak karakter dari WoW yang sebenarnya. Game yang dikembangkan oleh Billizard Entertainment ini juga sempat menerima penghargaan British Academy Games Award kategori multiplayer.

7. League of the Legends

Terinspirasi permainan lawas Worldcraft III, League of Legends merupakan game yang dikembangkan oleh developer Riot Games pada 2009.

Game ini awalnya digadang-gadang akan menjadi permainan eSport terbaik, hal ini dikarenakan League of Legends merupakan game yang sulit ditaklukan.

League of Legends adalah game MOBA dengan jumlah pemain terbanyak di dunia. Bahkan, penontonya di Twitch selalu menjadi nomor satu mengalahkan gim-gim lainnya.

Meski telah dirilis sejak 2009, League of the Legends masih digandrungi. Permainan ini memberikan kendali penuh pada pemain untuk memilih jagoan mereka dan bersaing dengan jagoan lain di kemudian hari.

Riot Games sebagai developer memberikan suguhan grafis yang mulus dan banyak hal menarik di setiap level permainan. Meski di Indonesia tidak begitu banyak diminati, namun game ini dimainkan lebih dari 27 juta pemain di seluruh dunia.

8. Call of Duty Mobile

Permainan ini memang dikhususkan untuk merefleksikan permainan Call of Duty yang selama ini dikenal dari game konsol dan PC. Anda akan bertempur 5 lawan 5 dengan map yang tidak begitu luas, sehingga bisa dengan mudah menemukan musuh untuk ditembak.

Bedanya dengan PUBG Mobile, COD M ini punya mekanisme penghancuran environment, di mana jendela dan beberapa struktur tertentu bisa dihancurkan, entah itu dengan ditembak atau diledakkan.

Bisa ditebak, Call of Duty Mobile memang dikemas dengan lebih banyak action dibanding PUBG M. Anda pun bisa lebih mudah menemukan persenjataan-persenjataan besar seperti RPG ataupun drone. Sayangnya game ini hanya dapat dimainkan di perangkat Android.

9. Among Us

Game populer Android lainnya adalah Among Us yang mengusung tipe permainan Werewolf. Game ini sempat populer karena banyak streamer internasional seperti PewDiePie yang memainkannya, dan hal ini juga dilakukan oleh banyak YouTuber Indonesia.

Game ini dapat dimainkan hingga 10 orang dalam sekali permainan. Selama game berlangsung, para pemain harus menyelesaikan beberapa task. Namun, beberapa orang di antara pemain adalah impostor yang akan melakukan berbagai hal untuk mensabotase jalannya permainan.

Para impostor bisa bersembunyi di vent, mematikan lampu dan bahkan memicu ledakan yang kalau tidak dicegah, akan mengakibatkan instant win bagi impostor.

Among Us tersedia secara gratis di Google Play Store, walaupun di dalamnya terdapat beberapa iklan yang cukup mengganggu. Game ini juga dapat dimainkan di perangkat lain, seperti Nintendo Switch, PlayStation 4, Microsoft Windows, XBox One, iOS, hingga PlayStation 5.

10. Dota 2

Dota 2 atau Defense of Ancient merupakan salah satu permainan dengan gameplay terbaik. Sayangnya meskipun permainan ini menawarkan banyak keseruan dan banyak menggelar turnamen internasional, DOTA 2 sempat mendapata kritikan.

Salah satu game nomor 1 di dunia ini sempat dikritik karena memiliki gameplay yang sulit dipelajari, khususnya bagi para pemula. Saat ini DOTA 2 berhasil mengumpulkan 5 juta pemain dari seluruh dunia.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait