Game Nomor 1 di Indonesia dengan Pengunduh Terbanyak di PlayStore

Game online kini makin diminati dan menjadi hobi baru bagi beberapa orang. Banyaknya pilihan game yang tersedia membuat video game makin populer. Berikut daftar game nomor 1 di Indonesia.
Image title
1 Oktober 2021, 21:47
Game nomor 1 di Indonesia
ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.
Seorang pria memainkan game online PlayerUnknown's Battlegrounds (PUBG) di Jakarta, Minggu (31/5/2020). Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan akan mengenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sebesar 10 persen terhadap pembelian barang yang terdapat di dalam game online dari luar negeri seperti PUBG, Free Fire, dan Mobile Legend mulai 1 Juli 2020.

Bermain video game atau atau game online kini menjadi hiburan bagi beberapa orang saat sedang memiliki waktu luang. Saat ini, tersedia sejumlah game yang dapat diunduh secara gratis di Google PlayStore.

Ada beberapa yang banyak diunduh oleh pengguna dan menjadi game online nomor 1 di Indonesia. Berikut daftar game paling populer di Indonesia.

1. Free Fire

Meskipun sering kali dibanding-bandingkan dengan PUBG Mobile dan kualitas grafisnya yang dinilai kurang bagus, namun Free Fire terbukti banyak memikat pemain game online.

Kualitas grafis yang seadanya justru membuat Free Fire sangat ringan untuk dimainkan. Hal itu juga menjadi keuntungan tersendiri mengingat di Indonesia masih banyak gamer menggunakan handphone spesifikasi lama. Inilah alasan mengapa Free Fire lebih laku dibandingkan PUBG Mobile.

Sama seperti game battle royale lainnya, inti dari permainan Free Fire adalah bertahan hidup di zona permainan dan berusaha menjadi satu-satunya orang atau tim yang hidup dalam zona tersebut.

Dalam 1 zona permainan Free Fire hanya memberi batas maksimal 50 orang, berbeda dengan PUBG Mobile yang 100 orang. Namun, keuntungannya dengan 50 orang, maka zona atau map permainan bisa diperkecil dan membuat game lebih enteng.

Tidak mau kalah dengan saingannya yaitu PUBG Mobile, Free Fire juga seringkali mengadakan turnamen yang berhadiah puluhan hingga ratusan juta.

Bahkan, bintang sepak bola dunia yaitu Cristiano Ronaldo menjadi sponsor dalam permainan Free Fire, hal itu bukti nyata betapa suksesnya Free Fire dan membuatnya layak bertengger dalam daftar game nomor 1 di Indonesia.

Dalam hal jumlah unduhan, game nomor 1 di PlayStore ini diunduh sebanyak 500 juta lebih.

2. Higgs Domino Island

Game yang akhir-akhir ini booming di Indonesia adalah Higgs Domino Island, game yang menyajikan permainan praktis dan mudah dimainkan membuat siapapun bisa memainkan game tersebut.

Dalam game Higgs Domino Island para pemain berharap besar pada keberuntungan, game-game yang disuguhkan adalah game kartu, dadu dan lotre.

Keunikan dalam game ini, Anda bisa memberi emoticon-emoticon kepada lawan mainmu, selain itu ada juga bonus harian yang membuat para pemain ingin membuka game tersebut setiap hari. Tampilan yang simpel tapi mewah cukup membuat betah para pemainnya. Dari segi permainan game ini sangat mengandalkan keberuntungan.

Jika dilihat dari pola permainannya, game ini cukup membuat candu banyak orang. Bahkan, tidak sedikit juga yang mengeluarkan uangnya demi game ini. Di tahun 2021, game Higgs Domino Island sudah mendapatkan unduhan sebanyak 10 juta lebih.

3. Mobile Legends: Bang Bang

Beralih ke game Multiplayer Online Battle Arena, sudah jelas Mobile Legends menguasai dalam persaingan game-game bertemakan MOBA. Sejak awal perilisannya game ini langsung menarik perhatian banyak orang. Dengan teknik pemasarannya yang masif membuat Mobile Legends menjadi salah satu game paling laris di Play Store maupun Apple Store.

Simple dan indah, dua kata itu melekat dalam permainan Mobile Legends. Banyak para perempuan yang memainkan game tersebut karena memang cukup mudah untuk dimainkan. Anda tidak perlu berlatih lama memainkan ini. Tidak seperti game battle royale lain yang cukup rumit karena harus belajar akurasi tembakan, teliti dalam membaca situasi.

Di MOBA, Anda cukup menghafalkan skill-skill yang sudah disediakan untuk masing-masing karakternya, hal itu membuat game ini bisa dimainkan oleh semua orang. Ditambah lagi ada beberapa tokoh legenda Indonesia yang menjadi karakter dalam game tersebut salah satunya adalah Gatotkaca yang menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat Indonesia.

Ramainya antusias dari para pemain Mobile Legends membuat game tersebut seringkali menggelar turnamen-turnamen bergengsi setiap tahunnya. Tentunya dengan hadiah yang sangat banyak dari puluhan hingga ratusan juta.

Sama seperti PUBG Mobile, game Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) telah diunduh sebanyak 100 juta lebih, jika ingin memainkannya Anda bisa langsung unduh di App Store atau Play Store secara gratis.

PAJAK UNTUK GAME ONLINE
PAJAK UNTUK GAME ONLINE (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.)

4. PUBG Mobile

Game dengan konsep battle royale yang paling banyak dimainkan adalah PUBG Mobile. Selain masuk ke dalam jajaran 10 game paling banyak diunduh di Indonesia, PUBG Mobile juga merupakan menduduki posisi game terpopuler di dunia saat ini dengan total unduhan lebih dari 100 juta kali. Ini merupakan bukti nyata betapa menariknya game multiplayer besutan Tencent.

Mode multiplayer yang diusung PUBG Mobile membuat para pemainnya bisa menentukan akan bermain dengan siapa untuk menjadi tim. Ditambah lagi, multiplayer dalam game ini cukup adil karena akan dipertemukan sesuai pangkatnya.

Banyak yang mengadakan turnamen-turnamen PUBG Mobile bergengsi dengan hadiah puluhan bahkan ratusan juta. Ini membuat banyak orang lebih serius lagi dalam bermain game. Jika dirasa sulit memenangkan turnamen Anda juga bisa mendapatkan uang dari bermain game dengan mengunggahnya ke Youtube atau platform streaming seperti Twitch.

PUBG Mobile juga menyuguhkan grafis yang tajam, membuat Anda semakin betah memainkannya. Namun, dengan kualitas grafis ini membutuhkan spesifikasi hp yang cukup tinggi agar bisa lancar memainkannya.

Beberapa usulan dan laporan dari para pemain juga ditanggapi dengan cepat, hal itu membuat para pemain lebih tenang, karena semua orang bermain dengan jujur dan sportif. Dengan kata lain tidak adanya kecurangan dalam permainan tersebut.

Perawatan yang baik dan update-update yang semakin menarik membuat PUBG Mobile pernah memenangkan nominasi Mobile Game of The Year di ajang 36th Golden Stick Award pada tahun 2018.

5. Ragnarok X: Next Generation

Ragnarok X: Next Generation adalah game mobile MMORPG 3D yang dikembangkan oleh Gravity Interactive, Inc yang resmi dirilis pada 18 Juni 2021. Game ini memiliki beberapa fitur, termasuk kemampuan untuk membentuk aliansi selama petualangan yang seru.

Ada banyak skill yang ditampilkan dalam game Ragnarok X: Next Generation, seperti memancing, menambang, berkebun, memasak, dan peleburan.

Memainkan game Ragnarok X: Next Generation, pemain dapat bersenang-senang dengan pemain lain dan meningkatkan keterampilan mereka.

6. Rise of Kingdoms: Lost Crusade

Rise of Kingdoms: Lost Crusade kini mencuri perhatian banyak orang sejak dirilis tahun 2018, kehadirannya membuat Clash of Clans tersisihkan karena Rise Of Kingdoms memberikan fitur-fitur semuanya gratis atau bisa dibilang free to play.

Contoh yang paling terlihat adalah boost time, di Clash of Clans untuk mempersingkat waktu Anda harus memiliki gems yang didapatkan dari hasil beli atau hadiah waktu even. Namun, di Rise of Kingdoms, Anda bisa mempersingkat waktu dengan menyelesaikan quest-quest ringan.

Game Rise of Kingdoms total mendapatkan 10 juta unduhan, tentunya berbeda jauh jika dibandingkan dengan Clash of Clans namun mengingat rilisnya yang terbilang masih baru hal itu menjadi wajar.

7. Roblox

Meski grafisnya biasa saja, game ini unggul dalam mode multiplayernya dan diisi berbagai permainan yang bisa dimainkan secara online. Berbeda dengan game lainnya yang hanya memberikan 1 tema permainan,  di Roblox tersedia banyak tema yang bisa Anda mainkan kapan saja.

Seperti Minecraft, game Roblox bisa mengatur avatarnya sesuai keinginan dari para pemain. Itulah yang juga menjadi daya tarik tersendiri bagi beberapa orang terutama untuk anak-anak kecil yang sangat suka berimajinasi.

Meski rilis pada tahun 2014 di android, namun game ini berhasil mendapatkan pusat perhatian pada tahun 2020-2021 bahkan sudah mencapai 100 juta lebih unduhan.

8. State of Survival: Survive The Zombie Apocalypse

Cukup menarik melihat game State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse masuk dalam top grossing Play Store. Apalagi, seperti yang sudah-sudah, game shooter selalu memberikan gameplay yang membosankan dan cenderung buruk dalam segi cerita.

Namun berbeda dengan State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse. Game yang satu ini memberikan cerita yang menarik dan strategi-strategi yang cukup membuat kita berpikir sejenak.

Meski lawannya adalah zombie, game ini tidak membuat para pemainnya ketakutan dan tidak ada jumpscare dalam game ini.

Di Play Store game State of Survival: Survive the Zombie Apocalypse sudah mendapatkan 50 juta lebih unduhan, jika ingin memainkan game tersebut Anda bisa mengunduhnya secara gratis di Play Store ataupun App Store.

9. Genshin Impact

Sejak Genshin Impact dirilis pada tanggal 24 september 2020 lalu, game ini sudah mendapatkan 10 juta unduhan di Play Store.

Bukan tanpa alasan Genshin Impact menduduki nomor 6 di top grossing Play Store, game yang mengusung tema RPG tersebut menyajikan cerita yang menarik dan grafis yang tajam yang bisa membuatmu betah memainkan game tersebut.

Sebagai game bertemakan RPG, Genshin Impact memberikan fitur-fitur yang cukup detail diantaranya karakter bisa memanjat, terbang, berenang bahkan bisa memasak.

Untuk ukuran game Android, rasanya sudah sangat bagus dan memang layak untuk masuk 10 besar game terbaik di Indonesia.

10. Coin Monster

Nomor 10 top grossing di Google Play Store diisi oleh game rilisan tahun 2015 bernama Coin Monster.

Mirip-mirip dengan Clash of Clans yang menjadi game simulasi membangun desa dan bisa menyerang desa lawan, tapi di game Coin Monster Anda akan mengandalkan spin untuk mendapatkan uang maupun menyerang desa lawan.

Tidak banyak yang bisa diulas dari game satu ini, permainan yang simpel dan bikin nagih karena mengandalkan spin membuat game ini cukup populer di Google Play Store.

Game Coin Monster sudah diunduh 100 juta lebih di Google Play Store. Anda juga bisa memainkannya secara gratis, game ini tersedia di Play Store dan App Store.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait