8 Cara Melestarikan Alam Ini Dapat Diterapkan Sehari-hari

Annisa Fianni Sisma
27 Desember 2022, 11:31
Cara Melestarikan Alam
Pexel
Ilustrasi Lingkungan Hidup

Setiap manusia ingin hidup di lingkungan yang lestari dan bersih. Oleh karena itu, setiap manusia juga wajib mengetahui cara melestarikan alam dengan baik.

Cara melestarikan alam tentu dapat diwujudkan dalam berbagai tindakan. Untuk mengetahui lebih lanjut, simak ulasan berikut.

Cara Melestarikan Alam
Cara Melestarikan Alam (Pexel)
 




Cara Melestarikan Alam

Cara melestarikan alam pada dasarnya harus melakukan tindakan yang ramah lingkungan. Berkaitan dengan hal tersebut, berikut ini beberapa contoh cara melestarikan alam yang mudah dilakukan.

1. Penggunaan Tas Kain saat Berbelanja

Cara melestarikan alam yang pertama dan utama adalah mengurangi penggunaan plastik. Plastik kantong belanja hanya akan digunakan sekali dan kemudian menjadi sampah.

Aktivitas berbelanja akan lebih mudah jika dilakukan dengan kantong. Namun, kantong plastik juga dapat diminimalisir dengan penggunaan kantong kain yang dapat digunakan berkali-kali.

2. Belanja Secukupnya

Cara melestarikan alam berikutnya adalah dengan mengurangi sampah berupa makanan dan benda karena tidak terpakai maupun kadaluarsa. Tindakan ini haruslah menjadi kewajiban bagi semua orang demi mengurangi timbunan sampah yang dapat menyebabkan pencemaran.

Jika berbelanja secara berlebihan, otomatis beberapa makanan atau barang dan alat tidak akan terpakai karena sudah rusak, berjamur, berkarat, tidak berfungsi lagi, atau kadaluarsa dan membusuk. Kebiasaan ini sudah seharusnya diubah dengan memahami kebutuhan masing-masing dan mengurangi belanja barang dan makanan yang tidak diperlukan.

Fenomena ini akan semakin buruk apabila menjadi kebiasaan sebagian besar manusia. Oleh karena itu, berbelanja secukupnya merupakan kebiasaan yang tepat dan mampu melindungi lingkungan hidup.

3. Menggunakan Alat Makan Stainless Steel

Restoran terkadang menyediakan sendok, sedotan, garpu yang berasal dari plastik untuk memudahkan konsumen mengkonsumsi produknya. Bahkan, tak jarang ada sumpit yang terbuat dari plastik untuk makan mie dan menu lainnya. 

Hal tersebut akan berdampak pada bertambahnya sampah plastik, jika dilakukan terus menerus. Oleh karena itu, cara efektif menguranginya adalah dengan membawa sendok, sendok, garpu, dan sumpit sendiri dan terbuat dari stainless steel. Dengan menerapkan ini, konsumen pun dapat melindungi lingkungan.

4. Menghemat Energi

Cara melestarikan alam berikutnya yakni dengan mengurangi penggunaan energi. Tindakan ini dapat berkontribusi secara signifikan terhadap lestarinya lingkungan.

Contoh tindakan yang dapat diterapkan yakni menggunakan listrik seperlunya dengan mematikan lampu di siang hari, menggunakan sepeda untuk bepergian jarak dekat, mematikan kipas pada malam hari, dan lain sebagainya.

Cara Melestarikan Alam
Cara Melestarikan Alam (Pexel)
 




5. Mengurangi Penggunaan Bahan Kimia Berbahaya

Detergen menjadi salah satu penyumbang limbah yang dapat merusak lingkungan. Pasalnya, bahan kimia yang terkandung di dalamnya sangat tidak ramah lingkungan.

Cara melestarikan alam berkaitan dengan hal ini adalah gunakan detergen yang lebih ramah lingkungan dan mengandung bahan alami. Contoh lainnya yakni gunakan shampo dan sabun yang ramah lingkungan juga.

6. Menanam Pohon

Menanam pohon dapat menjadi salah satu cara melestarikan lingkungan yang efektif. Pasalnya, menanam pohon memperbanyak produksi oksigen yang dibutuhkan manusia.

Semakin banyak pohon, CO2 atau karbondioksida pun dapat diubah oleh tanaman menjadi oksigen yang lebih bermanfaat. Selain itu, pohon juga mampu membuat lingkungan lebih teduh dan menjadi rumah bagi hewan-hewan.

7. Tidak Membuang Limbah Berbahaya 

Cara melestarikan alam berikutnya yakni dengan tidak membuang limbah berbahaya ke media lingkungan hidup sebelum diolah. Tindakan ini dapat berbahaya bagi seluruh ekosistem meliputi makhluk hidup yakni hewan dan tumbuhan dan tak hidup seperti air, tanah, udara, dan lain sebagainya.

Sebaiknya, buang limbah berbahaya ke tempat yang sudah disediakan. Opsi lainnya yakni dengan mengolah limbah tersebut terlebih dahulu.

Cara ini mungkin lebih cocok dilakukan oleh perusahaan yang memiliki limbah berbahaya seperti industri kelapa sawit, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, pengelolaan limbah dengan tepat akan melindungi lingkungan hidup.

8. Mendukung Organisasi Lingkungan Hidup

Cara melestarikan alam berikutnya adalah dengan mendukung kegiatan dan program kerja organisasi lingkungan hidup. Masyarakat dapat mendukung dengan cara turut mengkampanyekan pentingnya menjaga lingkungan hidup atau memberikan donasi untuk organisasi tersebut.

Tindakan ini merupakan aksi yang penting karena organisasi lingkungan hidup akan aktif melakukan pengawasan dan perlindungan terhadap lingkungan hidup. Aksinya pun akan semakin berdampak baik secara signifikan jika didukung oleh masyarakat di luar organisasi tersebut.

Cara Melestarikan Alam
Cara Melestarikan Alam (Pexel)
 




Hingga kini, organisasi lingkungan hidup juga aktif menyuarakan hak atas lingkungan hidup yang baik dan sehat serta perlindungan terhadap lingkungan hidup dari pencemaran yang dilakukan oleh berbagai pihak. Organisasi lingkungan hidup tersebut akan membantu advokasi masyarakat terdampak di lokasi tertentu dan lain sebagainya.

Jika tidak memiliki waktu luang untuk turut terjun ke lapangan, maka kontribusi yang sangat membantu bagi lingkungan adalah dengan turut mendukung para pihak yang berjasa dan aktif melindungi lingkungan hidup seperti adanya organisasi lingkungan. Hal tersebut penting untuk menjaga agar generasi mendatang juga memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses lingkungan sama mudahnya dengan generasi kini.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait