Mengenal Fungsi dan Cara Pasang GPS Mobil untuk Pemula

Fungsi GPS mobil untuk melacak kendaraan yang terhubung internet di HP. Selain itu fungsi GPS di mobil dapat menghindari tindak kejahatan. Berikut cara pasang GPS Mobil dan cara kerjanya.
Dwi Latifatul Fajri
12 Januari 2023, 21:54
Cara Pasang GPS Mobil
Pixabay.com/Lynda Sanchez
Ilustrasi GPS Mobil

GPS mobil berfungsi menghindari kejahatan dan melacak kendaraan. Anda bisa membeli GPS mobil dari kisaran Rp 300 ribu sampai Rp 2 jutaan. GPS mobil bisa terhubung ke smartphone atau tablet.

GPS tracker ini bisa dipasang sendiri atau lewat bengkel. Cara kerja GPS yaitu menggunakan satelit untuk akses lokasi kendaraan. Mengutip dari Motor1.com, GPS tracker mobil menggunakan proses trilateration. Proses ini dapat menentukan lokasi fisik kendaraan melalui tiga satelit.

Titik lokasi kendaraan terhubung ke server. Anda dapat menampilkan lokasi kendaraan melalui aplikasi di HP, web browser, atau aplikasi desktop. Berikut penjelasan mengenai fungsi, cara pasang GPS mobil, dan cara mengaktifkan GPS.

Fungsi GPS

GPS untuk motor dan mobil bertujuan mencegah kemalingan, penyalahgunaan kendaraan, dan penipuan. Mengutip dari Nissan.co.id, terdapat lima fungsi GPS untuk kendaraan. Berikut fungsi GPS yang perlu diketahui:

1. Melihat Informasi Perjalanan

Ilustrasi GPS Tracker di mobil
Ilustrasi GPS Tracker di mobil (Pixabay.com/hoto Mix )

Fungsi GPS untuk kendaraan yaitu melihat informasi kendaraan. Kamu bisa melihat data sejarah (histori) kendaraan. GPS ini dapat mengetahui sejarah perjalanan kendaraan, sehingga GPS tracker mempermudah usaha untuk sewa atau rental mobil. Pemilik mobil dapat meninjau perjalanan kendaraan ketika dipakai orang lain.

2. Pengaturan Jadwal

GPS dapat mengatur jadwal perjalanan. Melalui GPS tracker, anda dapat mengatur jadwal perjalanan kendaraan. Mengatur jadwal ini dapat dicek melalui gawai yang terhubung ke internet.

3. Alat Pelacak

GPS dapat melacak data kendaraan. Pengguna dapat memantau kendaraan secara langsung melalui aplikasi. Melalui aplikasi anda dapat mengetahui laporan perjalanan. Alat pelacak ini membantu rental kendaraan untuk mengetahui posisi kendaraan saat ini.

4. Penyadapan

GPS dapat dipakai sebagai alat penyadap. Pengguna dapat mendengarkan suara percakapan dan video. Caranya yaitu pengguna menelepon GPS tracker. Nomor yang sudah didaftarkan menjadi admin otomatis. Kemudian GPS tracker akan mengangkat langsung telepon. Pengguna dapat mendengarkan percakapan langsung.

5. Mengantisipasi Pencurian

GPS dapat melacak keberadaan lokasi kendaraan. Beberapa perangkat GPS dapat mematikan mesin melalui SMS. Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dalam jarak jauh. Tetapi fitur GPS tracker ini terdapat dalam merek mobil tertentu saja.

Cara Pasang GPS Mobil

GPS tracker di mobil terhubung dengan kabel di aki. Pengguna bisa memasangnya sendiri di rumah atau bengkel. Jika memasang GPS tracker perlu memahami panduan diagram kelistrikan. Berikut tips cara pasang GPS mobil:

1. Cek Peralatan GPS

Komponen GPS Mobil
Komponen GPS Mobil (www.smartgps.co.id)

Langkah pertama memasang GPS mobil yaitu cek segala komponen. Pahami petunjuk pemasangan dalam kardus. Komponen dalam GPS terdiri dari kabel plus, kabel minus, baut, dan sekring.

2. Pasang Kabel

Mengutip dari carmudi.co.id, setelah memahami petunjuk kemudian pemasangan kabel. Ambil terlebih dahulu dua kabel berwarna hitam dan merah. Umumnya kabel merah adalah kabel plus, sedangkan kabel hitam adalah kabel minus.

Pastikan kedua kabel terhubung dengan sekring. Tujuannya untuk antisipasi terjadinya konslet. Idealnya kedua kabel ini tersambung ke sumber listrik yaitu aki. Proses pemasangan kabel ini memakan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam.

3. Pemasangan Server

Setelah memasang kabel ke aku, langkah selanjutnya menyalakan GPS. Ubah pengaturan GPS yang terpasang ke dalam mobil. Anda juga perlu install sistem sesuai untuk fitur volume GPS, sadap suara, batas gerak, kartu memori, status mesin, dan mematikan mesin.

Cara Mengaktifkan GPS

GPS kendaraan mobil bisa diaktifkan melalui HP. Ada beberapa cara mengaktifkan GPS ke mobil yaitu menyiapkan kartu SIM untuk paket internet. Berikut cara mengaktifkan GPS mobil ke HP:

1. Pasang Kartu SIM

GPS mobil membutuhkan kartu SIM untuk internet. Pilihlah kartu SIM yang memiliki sinyal kuat. Sinyal ini bertujuan memberikan arah GPS akurat meski di daerah terpencil.

Masukkan kartu SIM ke dalam GPS mobil ketika mati. Setelah kartu SIM dimasukkan, nyalakan kembali GPS mobil cek sinyal.

2. Registrasi SIM

Setelah menyalakan kartu SIm lalu registrasi. Proses pendaftaran bisa dilakukan lewat HP atau tablet. Hubungkan gawai untuk melacak GPS mobil melalui server telepon atau via SMS.

Tunggu hingga pengguna menerima kode verifikasi yang diinput ke HP. Kemudian instal aplikasi khusus untuk GPS. Melalui aplikasi ini pengguna dapat mengontrol volume GPS, batas gerak, sadap suara, hingga mematikan mesin.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait