13 Obat Darah Rendah Ini Alami dan Mudah Ditemukan

Tekanan darah yang rendah dapat menurunkan kemampuan jantung untuk memompa darah. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memicu penurunan fungsi organ. Berikut obat darah rendah alami
Image title
Oleh Tifani
17 Januari 2023, 14:48
ilustrasi obat darah rendah
Freepik
ilustrasi tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah atau hipotensi adalah kondisi ketika tekanan darah seseorang di bawah batas normal. Meski begitu, darah rendah bisa memiliki arti yang berbeda bagi masing-masing orang.

Mengutip dari laman Sehatq.com, tekanan darah normal di antara 90/60 dan 120/80 mmHg. Angka 90 dan 120 mmHg menunjukkan tekanan sistolik, yakni tekanan saat jantung memompa darah ke seluruh tubuh.

Sedangkan angka 60 dan 80 mmHg menunjukkan tekanan diastolik, yaitu tekanan saat jantung relaksasi dan menerima darah yang kembali dari seluruh tubuh.

Obat Darah Rendah Alami

obat farmasi
obat farmasi (KATADATA)

 

 

Tekanan darah yang rendah dapat menurunkan kemampuan jantung untuk memompa darah. Apabila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa memicu penurunan fungsi organ jantung dan berakhir menjadi penyakit jantung.

Tekanan darah rendah juga berisiko tinggi menyebabkan stroke, sehingga harus dicegah. Berikut obat darah rendah alami yang mudah ditemukan di dapur:

1. Natrium dalam Garam

Ilustrasi Garam
Ilustrasi Garam (Katadata)

Salah satu obat darah rendah alami yang mudah ditemukan adalah garam. Asupan garam yang tinggi erat kaitannya dengan hipertensi. Oleh karena itu, meningkatkan asupan garam dapat menstabilkan tekanan darah saat menurun. Namun, peningkatan asupan ini harus berkualitas sedang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), makanan harian Anda harus mengandung satu sendok teh garam tambahan.

2. Air

Ilustrasi Minum Air
Ilustrasi Minum Air (Katadata)

Melansir laman Heat Line meningkatkan asupan air minum dapat meningkatkan volume darah yang membantu meningkatkan tekanan darah. Minum air dengan jumlah lebih banyak dapat menjadi obat tekanan darah rendah karena dehidrasi sering menjadi penyebab kondisi ini.

Selain itu, air minum mengandung berbagai mineral seperti potasium yang membantu mendapatkan kembali tekanan normal secara instan.

3. Teh Hijau

Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit
Manfaat teh hijau untuk wajah dan kulit ( EKATERINA BOLOVTSOVA/Pexels)

Teh hijau mengandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral. Kandungan di dalam teh hijau menjadikannya pilihan tepat untuk menjadi obat tekanan darah rendah alami.

4. Gingseng

ilustrasi gingseng
ilustrasi gingseng (Freepik)

Gingseng dapat meningkatkan tekanan darah pada orang yang menderita hipotensi. Bahkan sejak dulu, ginseng dipercaya dapat menjadi obat tekanan darah rendah alami.

Cara mengkonsumsi ginseng sebagai salah satu obat darah rendah alami cukup mudah. Tambahkan satu sendok teh ginseng ke dalam secangkir air. Didihkan dalam panci selama 5 menit dan saring. Biarkan teh agak dingin sebelum menambahkan madu ke dalamnya.

5. Susu Almond

Susu Almond
Susu Almond (Unsplash/dhanya purohit)

Susu almond bisa menjadi pilihan untuk menjadi obat darah rendah alami. Minuman ini mengandung tinggi asam lemak omega-3 baik untuk Anda yang menderita tekanan darah rendah.

Susu almond dapat Anda coba ramu sendiri dengan merendam 5-6 almond semalaman, kupas di pagi hari. Kemudian buat pasta dan rebus menjadi minuman. Untuk hasil terbaik, minum susu almond setiap hari.

6. Kopi

Ilustrasi, secangkir kopi
Ilustrasi, secangkir kopi (Unsplash/Emre)

Kopi dan minuman berkafein termasuk obat darah rendah. Sebab, secangkir kopi dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung.

Minuman ini bisa menjadi obat darah rendah, karena mampu menyebabkan peningkatan dramatis dalam tekanan darah Anda, meskipun bersifat sementara.

7. Akar Manis

ilustrasi akar manis
ilustrasi akar manis (Freepik)

Akar manis membantu meningkatkan tekanan darah pada individu yang menderita hipotensi. Tambahkan satu sendok teh akar manis ke dalam secangkir air.

Didihkan dalam panci selama lima menit. Kemudian, saring dan biarkan air didihin sedikit dingin. Setelah itu, Anda bisa menambahkan sedikit madu ke dalam teh untuk dikonsumsi.

8. Minyak Rosemery

ilustrasi rosemery
ilustrasi rosemery (Freepik)

Minyak rosemary mengandung camphor, yang merangsang sistem pernapasan serta sirkulasi darah. Dengan demikian, minyak rosemary dapat berperan menjadi obat alami tekanan darah rendah karena sifat antihipotensinya.

Campurkan enam tetes minyak rosemary dengan 1 sendok makan minyak pembawa apapun. Pijat seluruh tubuh Anda dengan campuran minyak itu atau Anda dapat menambahkan minyak rosemary ke air mandi dan berendam di dalamnya.

9. Kemangi Suci

ilustrasi kemangi
ilustrasi kemangi (Freepik)

Kemangi suci atau tulsi menawarkan banyak manfaat karena sifat terapeutik, adaptogenik, antiinflamasi, dan kardioprotektifnya. Ini juga merupakan sumber nutrisi yang kaya, seperti vitamin C, magnesium, dan kalium.

Salah satu manfaatnya adalah sebagai obat alami tekanan darah rendah. Anda perlu menghancurkan 10-15 daun kemangi. Setelah disaring, campur dengan satu sendok teh madu untuk segera dikonsumsi.

10. Buah Berry

Buah Blueberry
Buah Blueberry (unsplash.com)

Kelompok buah beri seperti blueberry dan stroberi sangat baik untuk penderita darah rendah. Kedua jenis buah-buahan ini mengandung senyawa antioksidan yang disebut anthocyanin, sejenis flavonoid yang bermanfaat untuk penderita darah rendah.

Penderita darah rendah bisa menyantap satu porsi (sekitar 1 cangkir) blueberry atau setengah cangkir blueberry kering secara rutin. Kemudian, untuk stroberi bisa dikonsumsi sebanyak 7 buah stroberi secara rutin.

11. Pisang

Kandungan Gizi Pisang
Kandungan Gizi Pisang (Unsplash)

Buah pisang mengandung kalium yang bisa membantu mengelola tekanan darah. Menurut American Heart Association (AHA) kalium dalam buah pisang bisa mengurangi efek natrium dan menyeimbangkan tegangan pada dinding pembuluh darah.

Oleh karena itu, pisang adalah obat tekanan darah rendah yang baik dan bisa dikonsumsi secara rutin. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, penderita darah rendah bisa mengonsumsi buah pisang secara rutin sebanyak 1 buah atau 1 cangkir pisang yang diiris. Pisang juga bisa ditumbuk sekitar dua pertiga, untuk sekali konsumsi setiap hari.

12. Semangka

Semangka
Semangka (Unsplash)

Buah untuk menaikkan tensi berikutnya adalah semangka. Mengutip dari National Library of Medicine, sebuah studi pada 2019 mengungkapkan, 27 orang yang mengonsumsi jus semangka atau minuman olahan semakan sebelum berolahraga bisa menaikan tensi darah.

Penderita darah rendah bisa mengonsumsi semangka sebagai jus, salad, smoothie, ataupun sop buah. Mereka bisa mengonsumsi 1 porsi semangka sebanyak 1 cangkir atau 1 irisan setebal kurang lebih 5 sentimeter (cm) secara rutin.

13. Buah Kiwi

Manfaat Buah Kiwi
Manfaat Buah Kiwi (pixabay.com/Shutterbug75)

Satu porsi buah kiwi setiap hari bisa membantu mengelola tekanan darah lebih baik. Buah kiwi sangat kaya akan vitamin C. Dalam sebuah studi, mengungkapkan jika mengonsumsi rutin minimal 500 miligram (mg) vitamin C setiap hari, selama 8 minggu bisa menaikan tekanan darah.

Penderita darah rendah bisa mengonsumsi satu cangkir kiwi atau 2-3 buah kiwi setiap hari secara rutin untuk menstabilkan tekanan darah mereka.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait