7 Manfaat Bunga Melati Ini Bagus untuk Kesehatan

Bunga melati (Jasminum) dikenal sebagai bunga beraroma harum dan khas. Bunga berwarna putih ini digunakan penambah aroma dalam teh dan parfum. Berikut ciri-ciri dan manfaat bunga melati.
Dwi Latifatul Fajri
25 Januari 2023, 18:25
Manfaat Bunga Melati
Pixabay.com/Artoxana
Teh Melati

Bunga melati termasuk bunga berbau harum dan khas. Bunga berwarna putih ini umumnya dipakai dalam produk kecantikan seperti parfum dan lotion untuk menambah aroma. Selain itu, bunga melati ada dalam produk teh yang dikonsumsi masyarakat.

Bunga melati tumbuh subur di tanah kering dan cukup sinar matahari. Mengutip dari buku Minyak Atsiri, kandungan bunga melati adalah atsiri potensial berwarna jingga kecoklatan. Minyak melati ini diolah untuk pewangi teh. Berikut ciri-ciri dan manfaat bunga melati untuk kesehatan.

Ciri-ciri Bunga Melati

Bunga Melati
Bunga Melati (Pixabay.com/Hans)

1. Bentuk Bunga

Bunga melati terbentuk dari susunan mahkota yang membentuk pola glomerulus. Jumlah mahkota bunga ada tujuh dan bunganya mendatar. Bunga melati ini tidak mempunyai kelopak bunga seperti bunga lain. Susunan bunga saling berhadapan dan menyirip.

Warna bunga melati adalah putih bersih. Jika kalian mendekat dan menghirup, bunga ini memiliki aroma khas. Biasanya aroma melati dipakai untuk terapi kesehatan. Mengutip dari Jogjaprov.go.id, bunga melati di Indonesia memiliki beragam nama. Contohnya bunga Menur (Bali), Meulu Cut (Aceh), Menyuru (Banda), Manduru (Manado), Mundu (Bima), dan Malete (Madura).

2. Daun

Tanaman melati berjenis daun majemuk. Bentuk daunnya menyirip seperti sirip ikan di sisi kanan kiri. Bagian daun ini memiliki helai dan tangkai. Bagian pangkal membentuk setengah lingkaran, sedangkan di bagian ujung agak runcing.

3. Batang

Batang tanaman melati memiliki kambium. Jika diperhatikan, batang tanaman memiliki bulu halus di permukaan. Batang tanaman melati bisa tumbuh kurang dari dua meter. Tanaman melati ini masuk dalam kelompok semak.

4. Akar

Tanaman melati masuk dalam akar tunggang. Bagian akar memiliki cabang-cabang di setiap sisi. Cabang akar berfungsi mengambil unsur hara dan air murni di dalam tanah. Akar tanaman bisa tumbuh horizontal atau vertikal.

5. Taksonomi Bunga Melati

  • Kingdom : Plantae
  • Divisi : Spermatophyta
  • Subdivisi : Angiospermae
  • Kelas : Dicotyledonae
  • Ordo : Oleales
  • Famili : Oleaceae
  • Genus : Jasminum
  • Spesies : Jasminum sambac

Manfaat Bunga Melati

Ilustrasi Minum Teh
Ilustrasi Minum Teh (Pixabay.com/StockSnap)

Bunga melati umumnya diolah menjadi teh aromaterapi. Kemudian minuman sehat ini dikenalkan di berbagai negara sebagai pengobatan tradisional. Bunga melati kaya akan antioksidan untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Selain antioksidan, bunga melati mempunyai kandungan kimia seperti indol, benzyl serta lily acetaat. Berikut manfaat bunga melati untuk kesehatan

1. Menurunkan Berat Badan

Bunga melati dapat dikonsumsi untuk menurunkan berat badan. Dalam daun tanaman bisa mencegah penambahan berat badan. Minuman teh ini dapat mempercepat metabolisme tubuh dan membakar kelebihan lemak.

2. Mengurangi Stress

Bunga melati mengeluarkan aroma khas dan harum. Anda bisa menanam melati di sekitar rumah untuk relaksasi dan mengurangi stress. Cobalah untuk menghirup aroma dari bunga melati untuk relaksasi.

3. Menyehatkan Kulit

Minyak atsiri dalam bunga melati mengandung keton. Minyak melati termasuk minyak esensial yang bisa dipakai untuk perawatan kulit. Anda bisa menggunakan bahan minyak esensial di bak untuk mandi. Selain menyehatkan kulit, minyak esensial bisa menghilangkan bekas luka di kulit.

Cara membuat minyak esensial ini yaitu hancurkan beberapa bunga melati. Kemudian oleskan pasta bunga dengan minyak kelapa. Oleskan di area kulit yang terkena bekas luka. Lakukan secara berkala untuk mengurangi bekas luka.

4. Pembersih Udara

Anda bisa menaruh minyak esensial melati untuk air purifier. Aroma bunga melati ini dapat menetralisir udara dan menghilangkan bau tidak sedap.

5. Antiseptik

Mengutip dari Balconygardenweb.com, bunga melati mengandung asam benzoat dan benzil benzoat. Kandungan ini sifatnya antiseptik untuk membersihkan luka ringan. Anda juga bisa menghirup minyak melati untuk mengurangi asma dan penyakit pernapasan ringan.

6. Mengurangi Diabetes

Bunga melati mengandung hipoglikemik untuk mengurangi kadar gula tubuh. Anda bisa konsumsi bunga melati secara teratur. Minuman herbal ini dapat memecah pati menjadi glukosa, untuk menurunkan kadar gula darah.

7. Memperbaiki Tidur

Aroma tanaman melati dapat memperbaiki kualitas tidur. Aroma bunga ini membuat tubuh lebih rileks sebelum tidur. Anda bisa menambahkan aromaterapi dari bunga melati di kamar untuk memperbaiki kualitas tidur.

Editor: Intan
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait