9 Penyebab Mudah Ngantuk, Bisa Jadi Tanda Gangguan Mental

Image title
8 September 2021, 13:55
Rasa ngantuk dapat datang di pagi hari, meski sudah tidur semalaman. Ada beberapa faktor penyebab rasa ngantuk di pagi atau siang hari.
Freepik
Rasa ngantuk dapat datang di pagi hari, meski sudah tidur semalaman. Ada beberapa faktor penyebab rasa ngantuk di pagi atau siang hari.

Rasa kantuk atau ngantuk umumnya datang karena kurangnya jam tidur. Biasanya kantuk datang pada malam hari, setelah melakukan aktivitas seharian. Rasa kantuk yang datang di pagi hari dapat memicu berbagai masalah, terlebih jika terjadi di tengah aktivitas yang padat.

Rasa ngantuk bisa saja mengganggu produktivitas di kantor atau kegiatan belajar saat jam sekolah. Mengantuk juga dapat memengaruhi emosi, sehingga berisiko menyebabkan kecelakaan jika sedang berkendara.

Kantuk memang merupakan hal wajar, namun rasa kantuk juga bisa mengindikasin seseorang mengalami penyakit tertentu jika terjadi secara tidak normal. Beberapa penyakit yang mungkin menyebabkan rasa kantuk yang tidak wajar seperti sleep apnea, narkolepsi, insomnia, restless leg syndrome, depresi, gangguan kecemasan, atau diabetes. Namun apa penyebab utama rasa ngantuk hebat di pagi hari?

Gejala Kantuk

Seseorang dikatakan mengalami gejala ngantuk yang tidak normal ketika kondisi tersebut berulang dalam waktu lama, tanpa sebab yang pasti. Rasa kantuk yang tidak normal ini akan disertai dengan gejala lain, seperti respons menjadi lambat, sering lupa, sering tertidur pada situasi yang tidak tepat, dan sulit mengendalikan emosi.

Di samping itu, kantuk yang tidak normal sering menyebabkan:

  1. Rasa ingin tidur terus menerus pada siang hari, atau sering tertidur saat siang hari.
  2. Sulit berkonsentrasi saat belajar, bekerja, atau menyetir.
  3. Penurunan prestasi di sekolah atau produktivitas pekerjaan.
  4. Mudah tertidur saat menonton TV atau membaca buku.
  5. Microsleep, yaitu tidur sekejap yang terjadi karena menahan kantuk.

Penyebab Kantuk

Kantuk bisa disebabkan beberapa faktor, di antaranya gaya hidup, gangguan mental, penyakit, serta penggunaan obat-obatan tertentu. Agar lebih jelas, simak penjelasan di bawah ini:

1. Kurang tidur di malam hari

Seseorang dapat merasa ngantuk berlebihan pada siang hari jika kurang tidur. Pada dasarnya, setiap orang memiliki durasi tidur ideal yang harus dipenuhi. Durasi tersebut berbeda-beda, tergantung usia masing-masing orang.

2. Pola makan yang mengganggu waktu tidur

Konsumsi kopi secara berlebihan dapat mengganggu tidur malam, sehingga meningkatkan rasa kantuk pada siang hari. Makanan pedas dan porsi yang terlalu banyak dapat menyebabkan gangguan pencernaan, sehingga tidur malam akan terganggu.

3. Waktu olahraga berdekatan dengan waktu tidur

Setelah berolahraga, Anda akan merasa lebih segar karena detak jantung dan tekanan darah tinggi meningkat. Melakukan olahraga berdekatan dengan waktu tidur dapat membuat Anda kesulitan tidur.

4. Sering mengonsumsi alkohol

Alkohol memang dapat membantu Anda cepat tidur. Namun, kualitas tidur Anda dapat terganggu karena gelisah dan mudah terbangun. Akibatnya, Anda akan mengantuk kembali pada siang hari.

5. Gangguan mental

Rasa kantuk juga bisa disebabkan gangguan mental atau emosi. Orang yang mengalami stres, gangguan kecemasan, atau depresi dapat merasa ngantuk yang berlebihan pada siang hari.

Depresi mempengaruhi wanita dua kali lebih banyak daripada pria, dan sering terjadi dalam keluarga. Ini biasanya dimulai antara usia 15 dan 30 tahun. Wanita bisa mengalami depresi pascapartum setelah kelahiran bayi.

Beberapa orang mengalami gangguan afektif musiman, seperti saat musim dingin dengan perasaan lelah dan sedih. Depresi berat merupakan salah satu bagian dari gangguan bipolar. Orang dengan kondisi depresi mungkin berada dalam suasana hati yang tertekan hampir sepanjang hari.

Bersamaan dengan perasaan lelah, Anda mungkin akan makan terlalu banyak atau sedikit, terlalu banyak atau kurang tidur, merasa putus asa dan tidak berharga, dan mengalami gejala serius lainnya.

6. Penyakit

Beberapa penyakit kronis dapat mengganggu kualitas tidur malam, sehingga menyebabkan perasaan ngantuk di siang hari. Penyakit kronis tersebut antara lain rasa nyeri kronis akibat kanker, atau gangguan metabolisme, seperti diabetes atau hipotiroidisme.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...