Blak-blakan Prabowo di Balik Strategi Koalisi Jelang Pilpres

Ira Guslina Sufa
30 Oktober 2022, 20:49
Prabowo Subianto
Dok. Tim Media Prabowo Subianto
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengunjungi Pondok Pesantren Api Asri Syubbanul Wathon, Tegalrejo Magelang, Jumat (23/09/2022).

Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto buka suara soal strategi besar yang disiapkan partai dalam menghadapi pemilu 2024 mendatang, Hal itu ia sampaikan saat menyampaikan pidato di hadapan kader Partai Kebangkitan Bangsa di Senayan, Jakarta, Minggu (30/10). 

 Dalam pidatonya Prabowo mengatakan hal yang paling penting dalam menghadapi pemilu 2024 adalah meningkatkan konsolidasi di internal partai. Ia yakin kerja keras bersama PKB untuk menghadapi pemilu 2024 akan memudahkan jalan untuk memenangkan pemilihan presiden 2024. 

“Yang penting kita menang. Menang untuk menyelamatkan masa depan Bangsa Indonesia,” ujar Prabowo dalam pidatonya. 

Kehadiran Prabowo dalam kegiatan internal PKB merupakan lanjutan dari kerjasama politik yang telah dibangun oleh kedua partai. Pada Agustus lalu Prabowo bersama Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar telah mendeklarasikan dukungan untuk Menteri Pertahanan itu maju sebagai capres. Meski begitu, deklarasi baru mengumumkan nama capres dan belum termasuk cawapres. 

Menurut Prabowo hubungan baik yang telah terbangun antara Gerindra dan PKB menjadi modal besar untuk menghadapi pemilu. Ia menyatakan komitmen koalisi untuk menjunjung persatuan dan kesatuan bangsa di tengah kontestasi dalam pilpres.

"Kita jangan ikut-ikut demokrasi negara lain. Kita bersaing, (tetapi) sesudah persaingan, ayo bersama-sama membangun negara dan bangsa," ujar Prabowo disambut riuh hadirin. 

Prabowo mengklaim, pola kerjasama yang telah terbangun antara Gerindra dan PKB akan menjadi poros penyejuk dalam pilpres mendatang. Meski tak menyebut secara spesifik, ia mengatakan kehadiran koalisi Gerindra dan PKB dalam pilpres akan membantu menurunkan eskalasi politik selama pilpres. 

"Saya yakin kami akan menjadi faktor stabilisator, faktor penyejuk, faktor menyelamatkan masa depan bangsa Indonesia," kata Prabowo.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...