6 Fakta Penting Hasil Argentina vs Kroasia, Lionel Messi Bersinar Lagi

Ira Guslina Sufa
14 Desember 2022, 06:24
Piala Dunia 2022
ANTARA FOTO/Andri Saputra/YU/nym.
Sejumlah pendukung tim sepak bola Argentina berkonvoi untuk merayakan kemenangan tim kesayangannya dalam laga babak grup Piala Dunia Qatar 2022 di Kota Ternate, Maluku Utara, Kamis (1/12/2022).

Pertandingan pertama semifinal piala dunia 2002 antara Argentina vs Kroasia berakhir dengan kemenangan besar Argentina. Tim Tango berhasil memulangkan Kroasia dengan skor 3-0 dalam pertandingan semifinal yang berlangsung di Stadion Lusail pada Rabu (14/12) dini hari WIB.

Kemenangan melawan Kroasia sekaligus memastikan tiket bagi tim Argentina untuk kembali tampil di final Piala Dunia. Ini menjadi penampilan keenam bagi Argentina di final Piala Dunia. Sebelumnya Argentina telah lima kali tampil di final yaitu pada Piala Dunia pertama 1930, 1978, 1986,1990 dan 2014. 

Dari lima kali penampilan di final Piala Dunia, Argentina hanya dua kali membawa pulang trofi piala dunia pada 1978 dan 1986. Sebagai negara yang favorit juara, penampilan pada final piala dunia 2022 nanti akan menjadi pembuktian bagi Lionel Messi untuk bisa menjadi juara piala dunia ketiga kalinya. 

Pada pertandingan final piala dunia 2022 nanti, Argentina akan berhadapan dengan pemenang dari laga Maroko vs Prancis yang akan berlangsung pada Kamis (15/12) dinihari. Tampil cemerlang saat menundukkan Kroasia akan menjadi modal besar Argentina berlaga di final. 

Berikut 6 Fakta Penting dari Pertandingan Argentina vs Kroasia

1. Kroasia Gagal Manfaatkan Peluang 

Tampil cemerlang di awal pertandingan tak berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh tim Kroasia. Peluang pertama gol untuk Kroasia tercipta pada menit ke-16. Saat itu pemain Kroasia Dejan Lovren berhasil memenangi duel udara. 

Kesempatan menciptakan gol itu lewat tendangan sepak pojok itu sayangnya tak bisa dieksekusi dengan baik. Sundulan Dejan Lovren masih melenceng dari gawang Emiliano Martinez.

Kroasia kembali mengancam pada menit ke-31. Ivan Perisic yang menerima bola di sisi kiri bergerak masuk ke kotak penalti sebelum melakukan lob ke arah gawang Argentina, tetapi usahanya masih melambung terlalu tinggi.

2. Tendangan Penalti Lionel Messi 

Julian Alvarez menjadi pemain produktif dengan melesatkan dua gol ke gawang Kroasia. membungkus dua gol dalam pertandingan tersebut. Argentina baru bisa mendapatkan peluang pada menit ke-25 lewat tendangan luar kotak penalti Enzo Fernandez. Namun, percobaan itu masih terlalu mudah untuk diamankan kiper Kroasia Dominik Livakovic.

Argentina memiliki kans besar untuk membuka keunggulan setelah mendapatkan penalti semenit kemudian. Julian Alvarez yang menerima umpan terobosan oleh Rodrigo de Paul dari tengah lapangan, dia kemudian berhasil menyontek bola melewati Livakovic.

Namun, Alvarez sempat bertabrakan dengan Livakovic sebelum bola dibuang oleh bek Kroasia. Wasit Daniel Orsato menilai tabrakan itu sebuah pelanggaran dan tidak ragu menunjuk titik putih.

Lionel Messi maju sebagai eksekutor. Tembakannya ke sudut kanan atas gawang tidak bisa dihentikan Livakovic, meski kiper itu melompat ke arah yang sama. Argentina memimpin 1-0.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...