Profil Partai Ummat, Jalan Panjang Lolos Jadi Peserta Pemilu 2024

Ade Rosman
30 Desember 2022, 13:23
Partai Ummat
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.
Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi (kanan) dan Sekretaris Jenderal Partai Ummat Ahmad Muhajir Sodruddin (kiri) berjalan bersama untuk menyerahkan berkas pendaftaran sebagai partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (12/8/2022). Partai Ummat menjadi partai ke-27 yang mendaftar sebagai calon peserta Pemilu 2024.

Jalan Partai Ummat untuk bisa lolos sebagai calon peserta pemilu tidak lempeng. Partai Ummat menjadi satu-satunya partai politik yang menjalani verifikasi ulang calon peserta pemilu 2024. 

Partai Ummat merupakan partai baru yang dibentuk pada 1 Oktober 2020. Pendirian partai diinisiasi oleh mantan ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) 1999-2004, Amien Rais, sosok yang juga identik dengan Partai Amanat Nasional (PAN).

Advertisement

Dikutip dari laman resminya, partaiummat.id, partai Ummat memiliki visi terwujudnya Indonesia sebagai negeri Baldatun Tayyibatun Wa Rabbun Ghafur. Partai Ummat bertekad menegakkan nilai-nilai Ilahiah, Ukhuwah (Persaudaraan Ummat), Hurriyah (Kebebasan), Musawah (Kesamaan), dan ‘Adaalah (Keadilan) dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Sebagai partai baru, kehadiran Partai Ummat cukup mendapat sorotan publik. Selain Amien Rais, Ketua Umum Ridho Rahmadi cukup sering tampil menyampaikan kritik atas kondisi sosial yang terjadi di masyarakat. 

 Susunan Struktur Organisasi Partai Ummat

Ketua Majelis Syuro

Amien Rais

Wakil Ketua Majelis Syuro

MS Kaban 

Thalib Sagaf Aldjufri

Sekretaris Majelis Syuro

Ansufri Idrus Sambo

Ketua Umum Partai Ummat

Ridho Rahmadi

Wakil Ketua Umum

Chandra Tirta Wijaya

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement