Alasan PDIP Setuju Perppu Cipta Kerja tapi Beri Catatan Kritis

Ade Rosman
3 Januari 2023, 17:30
Perppu
ANTARA FOTO/Didik Suhartono/YU
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Hasto Kristiyanto mengatakan partainya dapat memahami urgensi di balik diterbitkannya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) Nomor 2 tahun 2022 tentang Cipta Kerja. Penerbitan Perppu dinilai sebagai langkah antisipasi yang dikeluarkan pemerintah di tengah berbagai krisis.

"PDIP bisa memahami terhadap sense of urgensi dari penerbitan dari Perppu tersebut," kata Hasto, di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Selasa (3/1).

Hasto mengatakan, Presiden Joko Widodo saat ini bertanggung jawab terhadap 270 juta rakyat Indonesia di tengah kondisi situasi global yang tak pasti. Sejumlah negara saat ini terancam mengalami krisis ekonomi hingga krisis energi. 

Menurut Hasto berbagai tantangan yang dihadapi perlu mendapat antisipasi dari pemerintah. Salah satunya adalah dengan mengeluarkan Perppu. Meski begitu, PDIP kata Hasto tetap akan memberikan catatan kritis terhadap kinerja pemerintah. 

"PDIP sebagai parpol pengusung pemerintah tentunya memberikan catatan-catatan kritis atas kebijakan yang diambil oleh pemerintah, kami bukan hanya sekadar bersikap yes atas seluruh kebijakan," kata Hasto. .

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...