Demokrat Ultimatum Anies Umumkan Cawapres pada Juni Demi Elektabilitas

Ade Rosman
6 Juni 2023, 17:54
Demokrat dukung Anies Basweda
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/YU
Bakal calon presiden Anies Baswedan menyapa pendukungnya usai menyampaikan pidato dalam Temu Kebangsaan Relawan Anies di Tenis Indoor Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (21/5/2023).

Ketua Dewan Kehormatan DPP Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengakui partainya memberi tenggat kepada Anies Baswedan untuk segera mengumumkan calon wakil presiden yang akan mendampingi pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Menurut Hinca mengumumkan cawapres akan berkontribusi meningkatkan elektabilitas Anies. 

“Demokrat memandang Juni itu waktu yang relatif pas untuk mengumumkan siapa cawapresnya Anies,” ujar Hinca di Kompleks Parlemen Senayan, Selasa (6/6). 

Advertisement

Lebih jauh anggota fraksi Demokrat itu mengatakan selama ini tim kecil yang berasal dari perwakilan Anies, Partai Demokrat, Partai Nasional Demokrat dan Partai Keadilan Sejahtera telah membicarakan berbagai hal mengenai pencapresan. Karena itu, menurut Hinca bila Anies telah mengantongi nama cawapres tidak perlu menunggu lama lagi untuk mengumumkan. 

Ia menyebutkan pengumuman nama cawapres akan membuat mesin koalisi pendukung Anies bekerja lebih efektif. “Bagus kalau sudah ditemukan dan diumumkan per Juni ini. sehingga di tahap selanjutnya bisa lebih baik lagi,” ujar Hinca. 

Hal serupa juga disampaikan Deputi Badan Pemenangan Pemilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani. Ia menyebut pengumuman bakal cawapres pendamping Anies Baswedan akan memberikan peningkatan kepada elektabilitas yang besar pada Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) maupun terhadap individu Anies.

"Karenanya menjadi relevan agar (pengumuman cawapres) ini disegerakan," kata Kamhar. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement