PDIP Belum Bahas Cawapres Ganjar Pranowo pada Hari Pertama Rakernas

Andi M. Arief
6 Juni 2023, 17:42
ganjar, pdip, rakernas, cawapres
PDIP
Presiden Joko Widodo, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Rakernas III PDIP di Jakarta, Selasa (6/6). Foto: PDIP.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tengah menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) III dari Selasa (6/6) hingga Kamis (8/6). Meski demikian, calon wakil presiden Ganjar Pranowo belum dibahas dalam rapat hari pertama.

Ganjar mengatakan proses pemilihan pendampingnya pada Pilpres 2024 belum selesai.  Ia meminta seluruh pihak bersabar karena nama tersebut masih digodok. 

"Setelah mengerucut dan dikonsultasikan, nanti dikomunikasikan dengan capres-nya agar kami bisa bareng. Jadi, sabar," kata Ganjar di Sekolah Partai PDIP, Selasa (6/6).

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP  Puan Maharani mengatakan sejauh ini ada sepuluh nama yang akan dibahas untuk menjadi cawapres. Beberapa nama yang disebutkan oleh Ganjar adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto.

Nama lainnya adalah Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S Uno, dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono.

"Semuanya tentu punya kelebihan-kelebihan yang nantinya akan dipertimbangkan," kata Puan.

Puan mengatakan salah satu faktor penentu pemilihan cawapres tersebut adalah kemampuan untuk bekerja sama dengan Ganjar sesuai dengan visi-misi yang ditetapkan partai. "Nama tetap akan ditentukan, tapi belum hari ini. Jadi, masih menimbang nama-nama yang ada," katanya.

Ganjar juga telah meminta PDIP agar menyinergikan visi-misi yang dibawa dengan visi-misi pemerintahan Presiden Joko Widodo. Hal tersebut dinilai penting agar pemerintahan selanjutnya dapat melanjutkan pekerjaan pemerintah saat ini.

Sedangkan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri mengatakan tujuan utama Rakernas tersebut adalah konsolidasi partai menjelang Pemilu 2024. "Jadi kader partai dari jajaran paling tinggi sampai ke anak ranting mulai memproses hal-hal untuk Pemilu 2024," katanya. 

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...