KPK Ungkap 16 Nama Pegawai Kemenkeu Terlibat Transaksi Janggal Rp 25 T

Ade Rosman
8 Juni 2023, 13:15
KPK
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/tom.
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri (kiri) berdiskusi dengan Sekretaris Jenderal KPK Cahya Hardianto Harefa (kanan) di sela rapat kerja bersama Komisi III DPR dan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) di kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri mengungkapkan lembaganya telah menerima sebanyak 33 laporan hasil analisa (LHA) transaksi janggal di lingkungan Kementerian Keuangan. Laporan itu diterima KPK dari Satuan Tugas Tidak Pidana Pencucian Uang yang diketuai Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD. 

Menurut Firli, dari 33 laporan hasil analisis yang diterima sebanyak 11 dilakukan laporan sudah dalam proses penyelidikan. Selanjutnya 12 temuan sudah di tahap penyidikan, 5 dalam proses telaah dan 3 laporan dilimpahkan ke kepolisian. Adapun sebanyak 2 LHA belum diproses karena KPK tidak memiliki data base yang memadai. 

"Saya harus sampaikan nilai transaksi di dalam LHA PPATK tersebut sebesar Rp 25.36 triliun," ujar Firli dalam rapat kerja dengan Komisi III DPR seperti dikutip Kamis (8/6). 

Adanya temuan transaksi janggal di Kementerian Keuangan ramai diperbincangkan setelah diungkap oleh Kepala Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan Ivan Ysutiavndana. Temuan itu kemudian ditindaklanjuti oleh Menkopolhukam Mahfud MD yang juga menjadi Ketua Satgas TPPU. Hasil temuan PPATK kemudian diserahkan kepada penegak hukum untuk diproses termasuk kepada KPK.

Lebih jauh Firli mengatakan dari seluruh laporan yang diterima, KPK tengah memproses 12 temuan transaksi mencurigakan. Berdasarkan temuan KPK temuan itu menyeret 16 mantan pegawai Kementerian Keuangan. 

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...