Jokowi Ajak Investor Jerman Investasi di Hilirisasi, Energi, dan IKN

Andi M. Arief
17 April 2023, 20:32
Jokowi
ANTARA FOTO/Muchlis Jr - Biro Pers Setpres/hma/foc.
Presiden Joko Widodo memberikan sambutan saat membuka Paviliun Indonesia pada Hannover Messe 2023 di Hannover Fairground, Hannover, Jerman, Senin (17/4/2023).

Presiden Joko Widodo mengajak investor asal Jerman untuk menanamkan modal di bidang hilirisasi industrik, transisi energi bersih, dan Ibu Kota Nusantara (IKN). Menurut Kepala Negara, hal itu perlu dilakukan demi melanjutkan kemitraan bisnis yang terjalin sejak abad ke-18.  

Jokowi mencatat Siemens telah berkontribusi dalam membangun jalur telegram di Surabaya, Jawa Timur. Menurutnya, kemitraan tersebut dapat dilanjutkan dalam tiga sektor yang jadi fokus pemerintah saat ini.

"Kemitraan Indonesia-Jerman ini dapat menjadi contoh baik kemitraan Utara-Selatan. Kemitraan yang setara, saling menghormati, saling menguntungkan, dan jadi wajah kemitraan masa depan," kata Presiden Jokowi dalam saluran resmi Indonesia Hannover Messe, Senin (17/4).

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan, tujuan utama hilirisasi industri adalah meningkatkan nilai tambah di dalam negeri. Pada saat yang sama, langkah tersebut menjaga kelestarian lingkungan dan membuka lapangan kerja.

Salah satu subsektor industri yang disoroti Presiden Jokowi adalah pengembangan industri semikonduktor dan baterai kendaraan listrik atau EV. Salah satu strategi yang akan diterapkan adalah pelarangan ekspor beberapa mineral dalam waktu dekat.

"Saya mengharapkan dukungan pebisnis Jerman untuk menjadikan Indonesia bagian dari rantai pasok cip global," kata Jokowi.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Lavinda
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...