Memahami Rumus VLOOKUP Lengkap dengan Contohnya

Siti Nur Aeni
17 Juni 2022, 22:24
rumus VLOOKUP
microsoft.com
Ilustrasi penggunaan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel

Menguasai rumus VLOOKUP menjadi salah satu kemampuan yang penting dimiliki saat ini. Itu mengingat, kebutuhan mengolah data saat ini cukup besar. Maka dari itu, kemampuan mengoperasikan perangkat pengolah angka sangat penting.

VLOOKUP merupakan salah satu rumus yang dapat digunakan di Microsoft Excel. Lantas, bagaimana cara menggunakan rumus ini? Simak penjelasan lengkap berikut ini.

Advertisement

Apa Itu Rumus VLOOKUP?

VLOOKUP merupakan rumus yang digunakan pada Microsoft Excel. Dalam situs resmi Microsoft menerangkan bahwa rumus ini digunakan menemukan berbagai hal dalam tabel atau rentang berdasarkan barisnya.

Sebagai contoh, Anda ingin mencari harga produk yang dijual berdasarkan nomor komponen, atau mencari nama karyawan berdasarkan ID karyawan tersebut. Jika data yang tersaji sedikit mungkin bisa dicari secara manual, namun saat data tersebut banyak maka Anda butuh rumus VLOOKUP.

Perlu diketahui bahwa huruf V dalam VLOOKUP berarti vertikal. Istilah ini mengacu pada bentuk tabel yang digunakan sebagai referensi. Pada fungsi ini, header atau judul tabel ada di atas dan field datanya disusun ke bawah secara vertikal.

Fungsi VLOOKUP ini memiliki komponen tersendiri yang terdiri atas lookup_value, table_array, col_index_num, dan range_lookup. Jika dituliskan, maka rumus syntax dari fungsi ini sebagai berikut.

=VLOOKUP(Lookup_value, table_array. Col_index_num, range_lookup)

Adapun penjelasan dari komponen rumus di atas, sebagai berikut:

  • Lookup_value: merupakan bagian nilai yang ingin dicari.
  • Table_array: merupakan tabel referensi yang datanya diambil. Nilai pencarian harus ada di kolom pertama, sehingga rumus tersebut bisa berfungsi dengan baik.
  • Col_index_num: merupakan nomor di tabel_array yang mengandung nilai data dan ingin diambil nilainya.
  • Range_lookup: bagian ini diisi dengan Boolean TRUE atau FALSE. Perlu diketahui bahwa TRUE berarti rumus VLOOKUP akan menemukan lookup_value dalam table_array yang sama atau hanya mendekati. Apabila nilai yang sama tidak ditemukan, maka nilai terbesar berikutnya yang kurang dari lookup_value akan ditampilkan. Sementara itu, FALSE membuat rumus tersebut untuk menemukan lookup_value dalam table_array yang sama. Jika nilai yang dimaksud tidak ditemukan, maka akan muncul error #NA!

Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel

Fungsi atau rumus VLOOKUP bisa digunakan pada aplikasi pengolah kata seperti Microsoft Excel. Rumus ini bisa digunakan untuk beberapa keperluan mulai dari mencari nilai yang sama, nilai yang mendekati, digunakan pada data yang beda sheet, hingga untuk data yang beda file.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement