Panduan Singkat memahami Rumus Vlookup Excel

Berikut panduan singkat rumus vlookup excel yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari.
Image title
23 November 2021, 15:35
Ilustrasi rumus vlookup excel
Katadata
Ilustrasi rumus vlookup excel

Salah satu produk yang diciptakan oleh Microsoft adalah Microsoft Office Excel atau biasa disebut dengan Microsoft Excel. Secara konsep aplikasi, Microsoft Excel merupakan sebuah program aplikasi lembar kerja yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation yang dapat dijalankan pada Microsoft Windows dan Mac OS.

Mengutip laman resmi Microsoft, aplikasi ini memiliki fitur kalkulasi dan pembuatan grafik yang, dengan menggunakan strategi marketing Microsoft yang agresif, menjadikan Microsoft Excel sebagai salah satu program komputer yang populer digunakan di dalam komputer mikro hingga saat ini.

Oleh karenanya, saat ini program ini merupakan program spreadsheet paling banyak digunakan oleh banyak pihak. Penggunaan tersebut bisa diterapkan baik di platform PC berbasis Windows maupun platform Macintosh berbasis Mac OS, semenjak versi 5.0 diterbitkan pada tahun 1993.

Perkembangan Microsoft Excel

Versi pertama Excel dirilis untuk Macintosh pada tahun 1985 dan versi Windows-nya menyusul (dinomori versi 2.0) pada November 1987. Lotus ternyata terlambat turun ke pasar program spreadsheet untuk Windows, dan pada tahun tersebut, Lotus 1-2-3 masih berbasis MS-DOS.

Advertisement

Pada tahun 1988, Excel pun mulai menggeser 1-2-3 dalam pangsa pasar program spreadsheet dan menjadikan Microsoft sebagai salah satu perusahaan pengembang aplikasi perangkat lunak untuk komputer pribadi yang andal.

Dalam perkembangannya sejak tahun 1993, Microsoft Excel telah memiliki bahasa pemrograman Visual Basic for Applications (VBA), yang dapat menambahkan kemampuan Excel untuk melakukan automatisasi di dalam Excel dan juga menambahkan fungsi-fungsi yang dapat didefinisikan oleh pengguna (user-defined functions/UDF) untuk digunakan di dalam worksheet.

Dalam versi selanjutnya, bahkan Microsoft menambahkan sebuah integrated development environment (IDE) untuk bahasa VBA untuk Excel, sehingga memudahkan programmer untuk melakukan pembuatan program buatannya. Selain itu, Excel juga dapat merekam semua yang dilakukan oleh pengguna untuk menjadi macro, sehingga mampu melakukan automatisasi beberapa tugas. VBA juga mengizinkan pembuatan form dan kontrol yang terdapat di dalam worksheet untuk dapat berkomunikasi dengan penggunanya.

Bahasa VBA juga mendukung penggunaan DLL ActiveX/COM, meski tidak dapat membuatnya. Versi VBA selanjutnya menambahkan dukungan terhadap class module sehingga mengizinkan penggunaan teknik pemrograman berorientasi objek dalam VBA.

Mengenal Rumus Micorosft Excel VLOOKUP

Penjelasan pertama mengenai rumus vlookup excel. Dalam praktiknya, rumus vlookup excel biasa digunakan untuk memindahkan suatu data ke tabel lainnya dengan kata kunci tertentu. Rumus vlookup excel akan membantu Anda untuk memindahkan data seperti data nilai siswa, gaji, umur, dan tunjangan.

Agar lebih jelas, berikut penjabarannya yang dikutip dari Kumparan.com, dalam proses penggunaan rumus vlookup excel:

Rumus VLOOKUP adalah = vlookup (kolom acuan,tabel acuan,kolom,0). Pada beberapa versi, pemisah tanda koma diganti dengan tanda titik koma (;). Pada kolom Excel, silakan data yang telah diolah dimasukan beberapa data berdasarkan tabel acuan yang ada.

Pada tahap pertama, data gaji pokok Nanda harus dimasukkan terlebih dahulu. Dikarenakan hanya ada informasi golongan di tabel acuan, maka untuk memindahkan data gaji Nanda harus dilihat dari golongannya.
Pada kolom Excel, golongan gaji Nanda berada di kolom C4.
Khusus tabel acuan, Anda bisa memblok tabel acuan atau menuliskan C13:F16 (bedasarkan contoh di atas). Setelah memblok atau menuliskan tabel acuan, tekan F4 hingga muncul tanda $ pada rumus secara otomatis.

Jika ingin melanjutkan rumus, data kolom pada rumus diisi sesuai tujuan data yang dicari.
Melihat data yang dicari adalah gaji, maka masukkan angka 2 karena data gaji berada di kolom kedua pada tabel acuan.
Selanjutnya, ketik angka nol (0) agar data yang dipilih absolut. Kemudian, tutup kurung dan tekan Enter.
Rumus untuk gaji Nanda adalah = VLOOKUP(C4,C13:$F$16,2,0)

Memasukan Data Secara Otomatis

Setelah data Nanda terisi, Anda bisa mengisi data lainnya secara otomatis, berikut ini adalah caranya:
Tempatkan kursor di pojok kanan bawah pada kolom gaji Nanda hingga kursor berubah menjadi tanda plus (+). Kemudian gulir sampai bawah dan data gaji yang lainnya akan masuk secara otomatis

Rumus Excel VLOOKUP juga berlaku untuk memindahkan data tunjangan dan transport seperti contoh di atas. Perlu diketahui, tunjangan dan transport berada di kolom yang berbeda, yaitu di kolom ketiga dan keempat.

Editor: Safrezi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait