Memahami Fungsi Table Tool dan Cara Menggunakannya
Tabel merupakan susunan data dalam bentuk kolom dan baris. Umumnya, susunan data ini dibuat untuk kebutuhan analisis. Namun, untuk memunculkan data tersebut pengguna aplikasi Microsoft Official baik Word atau Excel perlu menggunakan Table Tool. Secara umum, fungsi Table Tool ini untuk memunculkan susunan data di dalam baris dan kolom.
Pada kesempatan ini, kita akan mengulas tentang fungsi dari Table Tool dan cara menggunakannya. Untuk informasi lebih lengkap, simak penjelasannya berikut ini.
Fungsi Table Tool pada Microsoft Word
Microsoft Word adalah perangkat lunak pengolah kata yang menjadi bagian dari Microsoft Office. Aplikasi ini digunakan untuk membuat, mengedit, dan menyimpan dokumen dalam beragam format.
Pengguna Microsoft Word biasanya menggunakan aplikasi ini untuk membuat dokumen seperti surat, kertu nama, laporan, proposal, dan dokumen sejenisnya. Dalam aplikasi Microsoft Word terdapat banyak menu atau tools yang berguna untuk menunjang pekerjaan menggunakan Microsoft Word.
Salah satu tool yang ada di aplikasi pengolah kata ini yatiu Table Tool. Pada aplikasi Microsoft Word, Table Tool digunakan untuk menyisipkan tabel dalam lembar kerja atau dokumen yang sedang dibuat.
Dengan menggunakan fitur ini, maka Anda bisa membuat isi dokumen lebih variatif (tidak hanya kata-kata). Tak hanya itu, pengguna Microsoft Word juga bisa menyisipkan gambar dan grafik.
Cara Menggunakan Table Tool di Microsoft Word
Agar fungsi Table Tool dapat dimanfaatkan dengan optimal, maka Anda perlu memahami cara penggunaan fitur ini. Adapun cara menggunakan Table Tool di Microdoft Word, sebagai berikut:
- Buka aplikasi Microsoft Word dan buka halaman kerja di aplikasi tersebut.
- Setelah itu, cari Table Tool pada menu Insert.
- Klik Table Tool dan Anda akan menemukan beberapa fitur dalam menu Table Tool seperti Insert Table, Draw Table, Excel Speadsheet, dan Quick Tables.
- Insert Table digunakan untuk menambahkan baris dan kolom. Di bagian ini, Anda bisa mengatur jumlah row dan column,
- Draw Table berguna untuk membuat tabel secara manusia. Saat fungsi Table Tool ini diklik, Anda akan muncul ikon pensil. Anda bisa mengarahkan ikon tersebut di arah tertentu, lalu tahan dan lepaskan. Maka dari itu, tabel tersebut akan terbentuk dimensi sesuai keinginan.
- Sementara itu, ikon table di bagian Excel Spreadsheet, berguna untuk menambilkan Excel dalam Microsoft Word. Dengan demikian, anda bisa membuat tabel menggunakan Microsoft Excel namun penyelesaiannya tetap menggunakan Microsoft Word.
- Fungsi Quick Table yaitu untuk membuat tabel di Microsoft Word lebih cepat. Pada bagian ini terdapat beberapa jenis tabel yang bisa Anda pilih dan dapat langsung jadi tanpa perlu banyak mengedit.
Fungsi Table Tool pada Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengolah angka. Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda akan lebih mudah untuk mengolah angka karena aplikasi ini tersedia banyak rumus.
Selain menjadi tempat analisis data, Microsoft Excel juga bisa digunakan untuk membuat tabel, grafik, dan penyajian data lainnya. Penggunaan tabel menjadi salah satu yang paling sering digunakan. Untuk membuat tabel di Microsoft Excel, Anda perlu menggunakan Table Tool.
Dengan menggunakan Table Tool, Anda bisa membuat tabel di Microsoft Ecel dengan rapi dan bagus. Selain itu, fitur Table Tool yang lengkap juga mempermudah pengguna Excel untuk mengedit tabel.
Cara Menggunakan Table Tool di Microsoft Excel
Untuk mendapatkan fungsi Table Tool pada Microsoft Excel, Anda perlu memahami tata cara penggunaan fitur ini. Adapun cara menggunakan Table Tool, sebagai berikut:
- Buka aplikasi Microsoft Excel dan aktifkan range data atau cell yang ingin dibuat menjadi tabel.
- Masuk ke menu Insert lalu pilih group Tables yang ada di sisi paling kiri. Dalam group Tables ini, berisi ikon Pivot Table dan Table.
- Pivot Table berguna untuk menyisipkan lembar baru berisi ringkasan dari baris dan kolom.
- Sementara itu, untuk ikon Table digunakan untuk menyisipkan tabel dari data yang telah dipilih. Dengan demikian, data tersebut mudah disaring berdasarkan kriteria tertentu.
Itulah beberapa fungsi Table Tool pada Microsoft Word dan Excel beserta cara menggunakannya. Informasi tersebut dibutuhkan agar pekerjaan menggunakan Microsoft Office menjadi lebih mudah dan cepat selesai.