6 Tips Olahraga saat Puasa Agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Destiara Anggita Putri
20 Maret 2024, 15:28
Tips Olahraga saat Puasa
Unsplash
Ilustrasi, olahraga.
Button AI Summarize

Di bulan Ramdhan, umat Muslim di seluruh dunia wajib menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh. Ketika berpuasa, mereka diharuskan untuk menahan lapar dan haus dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Adapun, waktu puasa ini sendiri berbeda-beda di setiap negara. Di Indonesia, puasa umumnya dilakukan selama kurang lebih 13 jam. Lamanya waktu inilah yang membuat sebagian besar orang memilih untuk tidak berolahraga karena takut membuat tubuh menjadi lemas. 

Namun, faktanya berolahraga saat puasa justru memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Beberapa diantaranya yaitu membantu mengontrol berat badan, menurunkan risiko berbagai penyakit, dan mengurangi stress.

Manfaat ini tentunya baru bisa diperoleh jika menerapkan tips yang tepat. Lantas, apa saja tips olahraga saat puasa yang bisa diterapkan? Bila Anda ingin mengetahuinya, simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Tips Olahraga saat Puasa

Berikut ini enam tips olahraga yang bisa Anda terapkan selama berpuasa.

Rekomendasi Olahraga saat Puasa
Tips Olahraga saat Puasa (Unsplash)

. Memilih Jenis Olahraga yang Tepat

Bila Anda ingin tetap berolahraga saat puasa, pastikan Anda memilih jenis olahraga yang tepat yaitu olahraga dengan intensitas ringan sampai sedang. Plihlah olahraga seperti berjalan kaki, yoga, atau bersepeda santai yang dapat dilakukan selama sekitar 30 menit dengan frekuensi 3-5 kali seminggu.

Tidak hanya bagus untuk membakar kalori, olahraga intensitas ringan juga dapat menghilangkan stres dan meningkatkan kebugaran. Selain itu,  melakukan jenis olahraga ini akan membuat tubuh Anda akan tetap fit tanpa harus memproduksi keringat.  Hal ini juga dapat membuat Anda terhindar dari resiko dehidrasi.

Hindari lakukan olahraga yang tergolong berat, seperti sepak bola, renang, atau badminton. Hal ini dikarenakan jenis olahraga ini dapat membuat Anda lebih cepat lelah sehingga berpotensi cedera. 

2. Menentukan Waktu Olahraga yang Tepat

Selain jenis olahraga, Anda juga perlu menentukan waktu olahraga yang tepat. Hal ini penting dilakukan demi menghindari adanya risiko gangguan kesehatan yang kemungkinan Anda alami, seperti dehidrasi hingga turunnya kadar gula darah.

Selain itu, pastikan Anda berolahraga dengan durasi tidak lebih dari 30 menit. Adapun wkatu olahraga yang tepat yaitu sore menjelang berbuka puasa, malam hari antara 2-4 jam setelah berbuka, dan pagi hari setelah sahur. 

Anda bisa memilih salah satu diantara ketiga waktu tersebut untuk berolahraga. Dengan berolahraga di sore hari menjelang berbuka, maka akan membantu Anda untuk langsung menerima asupan dan makanan ketika energi sudah habis terkuras. Dengan demikian, Anda tidak perlu menahan rasa lapar dan haus dalam waktu yang lama.

Sementara itu, berolahraga di malam hari dapat membuat Anda bisa lebih bebas bergerak dikarenakan energi yang sudah terisi penuh saat berbuka. Namun jangan langsung berolahraga tepat setelah berbuka agar tidak terjadi masalah pencernaan dikarenakan prose penyerapan makanan yang belum tuntas.

Buatlah jeda terlebih dahulu minimal 2 jam setelah berbuka. Jika Anda lebih suka melakukan olahraga saat sagur, hal ini juga dapat membantu menjaga kebugaran tubuh Anda.

3. Menjaga Asupan Nutrisi

Saat berpuasa, Anda sebaiknya mengonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang saat sahur dan berbuka sangat penting. Pastikan juga porsi makanan Anda sudah sesuai dengan kebutuhan, tidak kurang dan tidak pula berlebihan.

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...