Memahami Cara Membuat Teks Ulasan sebagai Panduan

Anggi Mardiana
24 Februari 2023, 08:01
Cara Membuat Teks Ulasan
Unsplash
Ilustrasi, membuat ulasan.

Terkait cara membuat teks ulasan bisa ditulis di berbagai media baik online maupun cetak. Jika dalam media online, teks ulasan bisa ditemukan dalam blog milik seseorang atau media sosial. Sedangkan pada media cetak teks biasanya ditemukan dalam koran atau majalah.

Teks ulasan memuat pendapat seseorang dalam memberikan suatu penilaian mengenai suatu objek. Anda bisa membuat teks ulasan sebagai panduan saat mengerjakan tugas sekolah. Dalam membuat teks ulasan, objek yang bisa digunakan cukup beragam seperti lagu, puisi, novel, film dan lainnya.

Pengertian Teks Ulasan

Teks Ulasan
Teks Ulasan (pixabay.com/Katrina_S)

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), teks adalah suatu naskah berupa kata-kata asli dari pengarang atau bahan dasar tertulis untuk memberikan pelajaran, berpidato dan lainnya. Sementara itu, ulasan dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai tafsiran atau komentar.

Bisa dikatakan, teks ulasan adalah karangan yang berisi beragam macam kupasan atau komentar dalam memberikan suatu pandangan mengenai objek. Melalui teks ulasan, penulis bisa memberikan informasi terkait objek yang diulas.

Umumnya, seseorang yang sudah membaca teks ulasan atau review pada suatu media, hasilnya bisa membuat orang lain tertarik dalam hal yang sama. Misalnya jika teks ulasan yang dibaca mengenai produk makanan maka pembaca bisa makan produk makanan yang sedang diulas, membeli suatu buku atau menonton film.

Cara Membuat Teks Ulasan

Langkah-langkah menulis resensi buku
Langkah-langkah menulis resensi buku (Unsplash)

Menutip dari laman ditsmp kemdikbud yang dilansir dari Gramedia.com, berikut cara membuat teks ulasan:

1. Melakukan Identifikasi Karya

Langkah pertama yang dilakukan jika membuat teks ulasan yaitu melakukan identifikasi karya yang akan diulas. Identifikasi karya mencakup mencatat judul, mencantumkan nama pembuat karya, nama penerbit apabila buku, harga karya dan isi atau gambar.

2. Membuat Catatan Penting Pada Karya yang Diulas

Cara membuat teks ulasan berikutnya yaitu membuat catatan penting mengenai karya yang diulas. Beberapa hal penting yang perlu dicatat dalam karya buku atau novel yaitu alur cerita maju mundur agar bisa menyentuh perasaan

Halaman:
Editor: Agung

Cek juga data ini

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...