Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya

Annisa Fianni Sisma
6 November 2023, 15:08
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Pexels
Ilustrasi, membuat surat lamaran kerja.

Dalam melakukan pengajuan lamaran pekerjaan, setiap calon pekerja mengirimkan surat lamaran kerja terlebih dahulu. Surat lamaran tersebut haruslah memenuhi syarat-syarat tertentu agar dapat dibaca dan dipahami dengan baik.

Artinya, setiap pelamar pun wajib mengetahui cara membuat surat lamaran kerja. Sebab, surat lamaran kerja yang tidak sesuai format, menggunakan bahasa yang tidak baku, dan informasi yang salah cenderung tidak dipertimbangkan lagi oleh perusahaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, menarik mengetahui cara membuat surat lamaran kerja beserta contohnya. Simak uraian lengkap mengenai hal tersebut sebagai berikut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja (Pexels) 

Surat lamaran kerja memiliki format tertentu dan lampiran yang berbeda-beda pada setiap posisi. Namun, terdapat standar baku yang wajib dipahami setiap pelamar. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat surat lamaran kerja tersebut.

1. Pastikan Tujuan Pengiriman dan Jabatan Penerima Surat

Dalam menyusun surat lamaran, pihak penerima surat pada umumnya adalah HRD. Jika tidak mengetahui secara spesifik siapa pihak HRD tersebut, cukup sebutkan jabatannya. Kemudian cantumkan pula alamat lengkap perusahaan tersebut.

2. Salam Pembuka

Berikutnya, ucapkan salam pembuka untuk mengawali surat. Gunakan salam pembuka yang sopan, seperti "Bapak/Ibu" atau "Hormat Kami.". Jika pelamar mengetahui nama penerima surat, gunakan "Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat]."

3. Paragraf Pembuka

Selanjutnya, sampaikan paragraf pembuka yang membuat tujuan dan alasan pengiriman surat. Jelaskan pula bagaimana pelamar mengetahui informasi lowongan pekerjaan tersebut.

4. Sampaikan Nilai Diri

Setelah menyampaikan hal di atas, jabarkan pula nilai diri pelamar. Sampaikan alasan mengapa pelamar adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Berikut bukti-bukti pencapaian atau pengalaman dan keterampilan yang relevan sehingga dapat membantu dan berkontribusi dalam posisi tersebut.

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja (Pexels) 

5. Paragraf Penutup

Selanjutnya, sampaikan minat dengan sungguh-sungguh untuk diundang ke tahap berikutnya yakni wawancara. Sampaikan ucapan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan. Berikan informasi mengenai nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya.

6. Salam Penutup

Setelah itu, berikan ucapan penutup "Hormat Kami" atau "Salam Hormat.". tak lupa juga berikan tanda tangan pelamar pada bagian bawah salam penutup.

7. Berikan Lampiran

Jika posisi yang dilamar memerlukan keterampilan khusus, maka berikan lampiran portofolio dan lain sebagainya. Namun pada pokoknya, sertakan dokumen seperti CV, fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi transkrip, dan lain sebagainya.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement