Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dan Contohnya
Dalam melakukan pengajuan lamaran pekerjaan, setiap calon pekerja mengirimkan surat lamaran kerja terlebih dahulu. Surat lamaran tersebut haruslah memenuhi syarat-syarat tertentu agar dapat dibaca dan dipahami dengan baik.
Artinya, setiap pelamar pun wajib mengetahui cara membuat surat lamaran kerja. Sebab, surat lamaran kerja yang tidak sesuai format, menggunakan bahasa yang tidak baku, dan informasi yang salah cenderung tidak dipertimbangkan lagi oleh perusahaan.
Berkaitan dengan hal tersebut, menarik mengetahui cara membuat surat lamaran kerja beserta contohnya. Simak uraian lengkap mengenai hal tersebut sebagai berikut.
Cara Membuat Surat Lamaran Kerja
Surat lamaran kerja memiliki format tertentu dan lampiran yang berbeda-beda pada setiap posisi. Namun, terdapat standar baku yang wajib dipahami setiap pelamar. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat surat lamaran kerja tersebut.
1. Pastikan Tujuan Pengiriman dan Jabatan Penerima Surat
Dalam menyusun surat lamaran, pihak penerima surat pada umumnya adalah HRD. Jika tidak mengetahui secara spesifik siapa pihak HRD tersebut, cukup sebutkan jabatannya. Kemudian cantumkan pula alamat lengkap perusahaan tersebut.
2. Salam Pembuka
Berikutnya, ucapkan salam pembuka untuk mengawali surat. Gunakan salam pembuka yang sopan, seperti "Bapak/Ibu" atau "Hormat Kami.". Jika pelamar mengetahui nama penerima surat, gunakan "Bapak/Ibu [Nama Penerima Surat]."
3. Paragraf Pembuka
Selanjutnya, sampaikan paragraf pembuka yang membuat tujuan dan alasan pengiriman surat. Jelaskan pula bagaimana pelamar mengetahui informasi lowongan pekerjaan tersebut.
4. Sampaikan Nilai Diri
Setelah menyampaikan hal di atas, jabarkan pula nilai diri pelamar. Sampaikan alasan mengapa pelamar adalah kandidat yang tepat untuk posisi tersebut. Berikut bukti-bukti pencapaian atau pengalaman dan keterampilan yang relevan sehingga dapat membantu dan berkontribusi dalam posisi tersebut.
5. Paragraf Penutup
Selanjutnya, sampaikan minat dengan sungguh-sungguh untuk diundang ke tahap berikutnya yakni wawancara. Sampaikan ucapan terima kasih atas waktu dan perhatian yang diberikan. Berikan informasi mengenai nomor telepon, alamat email, dan lain sebagainya.
6. Salam Penutup
Setelah itu, berikan ucapan penutup "Hormat Kami" atau "Salam Hormat.". tak lupa juga berikan tanda tangan pelamar pada bagian bawah salam penutup.
7. Berikan Lampiran
Jika posisi yang dilamar memerlukan keterampilan khusus, maka berikan lampiran portofolio dan lain sebagainya. Namun pada pokoknya, sertakan dokumen seperti CV, fotokopi KK, fotokopi KTP, fotokopi transkrip, dan lain sebagainya.
8. Kirimkan Surat Lamaran
Pada umumnya, surat lamaran dikirimkan melalui post atau datang ke kantor secara langsung. Namun, ada pula perusahaan yang tidak menerima secara cetak dan cukup mengirimkannya melalui email perusahaan. Pastikan mengetahui persyaratannya sebelum mengirim dokumen penting tersebut.
Itulah cara membuat surat lamaran kerja. Pastikan untuk menyesuaikan surat lamaran pada setiap pekerjaan yang dilamar. Hindari mencantumkan informasi yang tidak relevan dan berikan penekanan pada apa yang dapat ditawarkan kepada perusahaan tersebut.
Contoh Surat Lamaran Kerja
Kepada Yth.
Bapak/Ibu HRD/Personalia
PT Maju Membangun Bangsa
Di Jalan Kartini Raya Nomor 13, Banguntapan, Bantul, D I Yogyakarta
Salam hormat,
Terkait dengan informasi mengenai lowongan pekerjaan yang telah diumumkan oleh PT Maju Membangun Bangsa, khususnya untuk posisi Staff HRD di LinkedIn, saya ingin menyampaikan minat saya dalam mengisi posisi tersebut. Alasan saya merasa tertarik adalah sejalan dengan pengalaman yang saya miliki yang relevan dengan kebutuhan perusahaan. Berikut adalah ringkasan informasi mengenai diri saya yang mungkin menjadi pertimbangan:
- Nama: Emma Aulia Renata, S.Psi.
- Tempat Tanggal Lahir: Surabaya, 11 November 1999
- Pendidikan Terakhir: S1 Psikologi Universitas Negeri Surabaya
- Tahun Lulus: 2020
- Alamat: Jl. Pisang Belimbing II, Bantul, D I Yogyakarta
- Telepon: 081 556 783 928
- Email: emmarenata@gmail.com
Saya telah memiliki pengalaman sebagai Staff HRD di PT Rayon Bersama Jaya selama 3 tahun. Selama itu, saya mampu mengimplementasikan sistem rekrutmen yang efisien dan efektif di perusahaan. Selain itu, saya juga telah mengikuti berbagai pelatihan di bidang Sumber Daya Manusia terutama dalam aspek Hukum Ketenagakerjaan.
Saya memiliki pemahaman yang kuat akan tanggung jawab dan kemampuan komunikasi yang baik. Saya juga dikenal sebagai seseorang yang cepat dalam belajar dan beradaptasi dengan situasi baru, serta mampu bekerja baik secara tim maupun individu. Selain itu, saya memiliki reputasi sebagai seorang yang dapat memberikan solusi dalam situasi yang kompleks.
Sebagai tambahan, saya melampirkan berbagai dokumen yang relevan dengan posisi yang saya lamar, seperti:
- Daftar Riwayat Hidup/CV
- Salinan Ijazah
- Salinan Transkrip Nilai Akademik
- Salinan Sertifikat Keahlian
- Salinan Sertifikat Kompetensi
- Salinan Sertifikat TOEFL
- Salinan KTP
- Pas Foto
- Surat Pengalaman Kerja
- Surat Keterangan Sehat
Demikianlah surat lamaran kerja ini saya buat dengan harapan besar dapat menjalin kerjasama yang baik dengan Bapak/Ibu. Terima kasih atas perhatiannya..
Hormat saya,
[Tanda tangan pelamar]
Emma Aulia Renata, S.Psi.
Itulah penjelasan mengenai cara membuat surat lamaran kerja dan contohnya dalam posisi pekerjaan sebagai Staf HRD.