7 Wisata Kuliner Bogor dari Tradisional hingga Modern

Image title
11 Maret 2022, 09:12
Kopi Tubing Cafe and Resto merupakan salah satu tempat wisata kuliner Bogor
instagram.com/tedirachman
Kopi Tubing Cafe and Resto merupakan salah satu tempat wisata kuliner Bogor

Berkunjung ke Bogor tak lengkap rasanya jika tidak mencicipi beragam wisata kuliner yang tersedia. Kota Hujan ini menawarkan banyak hidangan tradisional hingga modern yang menarik untuk dicoba.

Melansir situs Pemerintah Provinsi Jawa Barat, penduduk Bogor didominasi oleh Suku Sunda sebanyak 69%, sehingga banyak wisata kuliner Bogor yang menawarkan makanan khas Sunda. Ada pula kuliner yang diadaptasi dari berbagai daerah di Indonesia dan luar negeri yang tak kalah menarik.

Advertisement

Berikut rekomendasi wisata kuliner Bogor yang menarik untuk dicoba.

1. Soto Kuning Pak Yusup

Soto Kuning Pak Yusup berlokasi di Jalan Suryakencana No.285, RT.04/RW.02, Babakan Pasar, Bogor Tengah. Wisata kuliner ini menyajikan soto dengan kuah kuning yang lezat dengan irisan daging dan jeroan sapi.

Pengunjung dapat mengambil daging dan jeroan sesuai jumlah yang diinginkan, harganya Rp10 ribu per potong. Ada pula nasi putih seharga Rp4 ribu, emping seharga Rp3 ribu per bungkus, dan perkedel seharga Rp3 ribu per potong.

2. Cungkring Pak Jumat

Jika berkunjung ke Jalan Suryakencana, jangan lewatkan hidangan Cungkring Pak Jumat yang terletak di seberang Gang Aut. Usaha kuliner ini dirintis oleh Bapak Jumat sejak tahun 1975 dan kini diwariskan ke generasi keempat.

Satu porsi cungkring dihargai Rp18 ribu. Isinya potongan jeroan sapi, seperti cingur, kikil, urat, kuping, daging, dan sebagainya yang direbus dengan bumbu kuning. Sebagai pelengkap, ada potongan lontong dan kripik tempe.

3. Sate Kambing Pak Rebing

Sate Kambing Pak Rebing terletak di Jalan R. Aria Wiranata No. 17, Empang, Bogor Selatan, RT.01/RW.02, Empang, Kec. Bogor Sel. Tempat makan ini menyajikan olahan sate, gulai, dan nasi.

Hidangan sate kambing diolah dengan segar, tidak kenyal, dan gurih. Menu gulai juga sangat direkomendasikan dengan porsi besar, enak, lembut, dan menyegarkan. Satu porsi sate kambing dijual seharga Rp65 ribu dan setengah porsi gulai dijual seharga Rp45 ribu. Ada pula nasi kebuli, nasi rames, dan nasi goreng yang tak kalah lezat.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement