Kawah Sampai Curug, Ini 8 Destinasi Wisata Alam Bogor yang Memukau

Image title
8 Maret 2022, 13:26
Wisata alam Bogor.
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/wsj.
Wisata alam Bogor.

Pemerintah sudah sedikit melonggarkan persyaratan perjalanan domestik di masa Covid-19. Hal ini tentunya menjadi kabar baik bagi para pelancong atau mereka yang hendak berlibur dan menjelajah ke tiap sudut wilayah Indonesia.

Sebagai negara yang dikenal dengan keberagaman budaya dan kekayaan alamnya, Indonesia punya banyak pilihan destinasi yang bisa dikunjungi untuk kabur sejenak dari kesibukan aktivitas harian, salah satunya Kota Bogor.

Meskipun dekat dengan ibu kota, Bogor nyatanya menyediakan banyak destinasi wisata alam yang sering dijadikan tujuan berlibur bagi warga Jawa Barat dan sekitarnya.

Wisata Alam Bogor

Bogor dikenal sebagai kota yang sejuk, dengan suhu udara rata-rata setiap bulannya 26 derajat celsius dan kelembapan udaranya kurang lebih 70% menyimpan banyak panorama alam memukau, mulai dari kawah sampai air terjun. Berikut beberapa pilihan destinasi wisata alam Bogor yang layak dikunjungi:

1. Kawah Ratu

Kawah Ratu terletak pada ketinggian 1.338 mdpl dengan suhu 10o-20o celsius dan memiliki luas sekitar 30 ha. Kawah Ratu memiliki daya tarik yang unik karena aktivitas geologinya yang terjadi sepanjang hari.

Kepundan di kawah ini selalu mendidih dan mengeluarkan gas asam sulfat (H2S) dengan baunya yang khas dan kadang mengeluarkan suara gemuruh. Sebagai akibat semburan uap air panas, kawasan ini sering dikelilingi oleh kabut.

Di tempat ini, pengunjung dapat melihat kawah dari dekat dan bisa langsung turun ke dasar kawah. Kawah Ratu dapat dicapai melalui jalan setapak dengan waktu tempuh sekitar 2-3 jam.

2. Perkebunan Teh Cianten

Perkebunan Teh Cianten berada di Desa Purasari, Kecamatan Leuwiliang, dan Desa Purwabakti, Kecamatan Pamijahan, Bogor. Tempat wisata ini dikelola oleh PTPN VIII dengan luas area 857,7 ha.

Letaknya pada ketinggian 800 – 1.000 mdpl dan suhu berkisar antara 19 – 30 derajat Celcius berdampak pada hawa sejuk Perkebunan Teh Cianten. Selain sebagai kawasan perkebunan teh, sebagian wilayah Cianten berupa hutan lindung yang masuk ke dalam wilayah Taman Nasional Gunung Halimun Salak.

Dalam area Perkebunan Teh Cianten, terdapat aliran sungai yang airnya jernih dan dingin. Ada pula tempat yang disebut penduduk Pohon Pinus untuk dipakai berkemah dengan panorama aliran air sungai di bawahnya.

3. Curug Cipamingkis

Salah satu spot foto terbaik di Curug Cipamingkis
Salah satu spot foto terbaik di Curug Cipamingkis (Instagram : Curug Cipamingkis)

Curug ini berada di wilayah tropis, yang dikelilingi gunung, serta memiliki curah hujan yang tinggi. Akses untuk menuju Curug Cipamingkis tergolong mudah. Lokasinya berada di samping jalan utama. Tepatnya berada di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat.

Dalam proses perjalanan untuk menuju Curug Cipamingkis yang pertama akan melalui jalur yang terbuat dari susunan bebatuan. Selanjutnya para pengunjung akan menaiki tangga yang terbuat dari corcoran yang kombinasi semen dan batu.

4. Bukit Alesano

Di Bukit Alesano pengunjung bisa bermalam sambil menikmati pemandangan alam berupa megahnya Kota Bogor. Selain itu, wisatawan juga disuguhkan megahnya Gunung Salak -  Gede Pangrango yang terihat jelas dari puncak Alesano.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement