Dapat Lampu Hijau dari Pemerintah, Bioskop Bakal Buka Pekan Depan?

Image title
Oleh Maesaroh
9 September 2021, 18:41
bioskop, Covid-19
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Warga menonton layar tancap di kawasan Pondok Aren, Tangerang Selatan, Sabtu (3/4/2021). Warga memanfaatkan layar tancap atau bioskop terbuka sebagai alternatif hiburan saat libur Paskah dan saat pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) berskala mikro.

Pemerintah sudah memberikan lampu hijau kepada pengelola bioskop untuk beroperasi kembali. Jika persiapan sudah selesai, bioskop kemungkinan besar akan dibuka kembali pada 14 September mendatang.

"Kita sekarang tidak boleh pasti-pastinya kapan. Itu (tanggal 14 September) merupakan hasil diskusi. Pemerintah kan mencari jalan keluar juga," tutur Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin, saat dihubungi Katadata.co.id, Kamis (9/9).

Pembukaan bioskop membutuhkan persiapan 3-5 hari, termasuk untuk sterilisasi. Petugas bioskop juga harus diberi arahan mengenai protokol kesehatan (prokes) terbaru mengingat ada sejumlah perubahan, seperti kewajiban pemakaian aplikasi PeduliLindungi.

 Seperti diketahui, bioskop sudah ditutup sejak pemberlakuan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat pada 3 Juli lalu. Sebelumnya, bioskop Indonesia juga harus menutup operasionalnya pada Maret-Oktober 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19.

Djonny mengatakan pengelola bioskop sudah berdiskusi dengan pemerintah pada pekan lalu.  Hadir dalam diskusi tersebut di antaranya pengelola jaringan bioskop terbesar di Indonesia seperti Cineplex XXI, CGV, dan Cinepolis.
"Saya minta kepada pemerintah, kalau ngasih ijiin jangan mendadak. Tahu-tahu dikasih. Kan kita juga ada kaitan sama aturan pengedaran film," tambahnya.

Sejumlah film, terutama film blockbluster Hollywood sudah mengumumkan akan merilis filmnya dalam waktu dekat.  James Bond: No Time To Die akan dirilis pada 30 September serta Venom pada 15 Oktober.  Film lain yang ditunggu-tunggu adalah Dune yang dijadwalkan akan dirilis pada 1 Oktober.

 "Kita kan lagi di periode (PPKM) tanggal 6-13 September. Secara etika kita harus ikuti itu (sampai periode mingguan berakhir). Tidak bisa kemudian diganti (aturannya),"tutur Djonny.

Dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri (Immendagri) No 39 Tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 4, Level 3, dan Level 2 Corona Virus Disease 2019 di Wilayah Jawa dan Bali bioskop disebutkann bahwa tempat bermain anak-anak, dan tempat hiburan dalam pusat perbelanjaan/mall/pusat perdagangan ditutup.

Djonny menambahkan keputusan buka dan tutupnya bioskop akan sangat bergantung pada perkembangan kasus Covid-19 , terutama di wilayah Jabodetabek. Pasalnya, wilayah tersebut berkontribusi sekitar 60% terhadap industri bioskop Indonesia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...