Tunggu Pelonggaran PPKM, Bioskop Siap Tayangkan James Bond dan Venom

Cahya Puteri Abdi Rabbi
6 September 2021, 15:28
bioskop, ppkm
ANTARA FOTO/FB Anggoro/wsj.
Seorang pekerja membersihkan bangku studio pada hari pertama pembukaan kembali bioskop Cinepolis Cinemas di Mal Living World, Kota Pekanbaru, Riau, Rabu (31/3/2021). Satuan Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Riau mengizinkan bisnis bioskop untuk buka kembali setelah ditutup selama setahun akibat pandemi dengan syarat menerapkan standar protokol kesehatan yang ketat.

Sejumlah film blockbuster Hollywood seperti James Bond: No Time To Die, Dune, hingga Venom sudah siap beredar di bioskop  seluruh dunia. Pengelola bioskop Indonesia pun berharap pemerintah segera mengizinkan bioskop untuk beroperasi kembali untuk bisa menayangkan film-film tersebut.

Public Relation Manager CGV Marsya Gusman mengatakan, pihaknya berharap bioskop dapat diizinkan beroperasi kembali seiring dengan pusat belanja yang juga sudah diizinkan untuk buka.  Terlebih, selama ini, bioskop sudah menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin untuk menghindari adanya penularan virus Covid-19 di dalam bioskop.

“Kami sangat siap untuk buka, sekarang tinggal menunggu kebijakan saja dari pemerintah, tapi kalau belum diperbolehkan kita mencoba untuk patuh dengan aturan yang ada,” kata Marsya kepada Katadata, Senin (6/9).

Pengusaha bioskop yang tergabung dalam Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) sudah mengirimkan kepada pemerintah agar mempertimbangkan bioskop beroperasi kembali di masa PPKM. Namun, hingga saat ini belum mendapatkan respon.

Jika bioskop diizinkan buka kembali, pihaknya akan kembali menayangkan film-film yang sempat terhenti karena adanya aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), seperti Fast and Furious 9 dan Black Widow. Menurutnya, film-film tersebut sedang sangat diminati ketika penayangannya namun harus dihentikan karena aturan PPKM. Akibatnya, banyak yang menonton film tersebut melalui situs illegal karena tidak ingin kehilangan euphoria.

“Ada beberapa film-film baru juga yang kita siapkan. Dan kita juga akan menyelenggarakan event Korea-Indonesia Film Festival, ini masih dalam persiapan. Semoga kondisinya semakin membaik sehingga bisa dijalankan,” ujar dia.

Akun twitter CGV juga sudah menayangkan trailer film-film unggulan yang dirilis dalam waktu dekat, seperti Bond: No Time To Die pada 30 September serta Venom pada 15 Oktober.  Film lain yang ditunggu-tunggu adalah Dune yang dijadwalkan akan dirilis pada 1 Oktober. Film laris Korea Selatan Escape from Mogadishu juga sudah siap tayang.

Pengumuman CGV akan menayangkan James Bond: No Time To Die

Pengumuman CGV akan menayangkan James Bond: No Time To Die (Katadata)

Bioskop sudah ditutup sejak pemberlakuan PPKM Darurat pada 3 Juli lalu. Sebelumnya, bioskop Indonesia juga harus menutup operasionalnya pada Maret-Oktober 2020 sebagai dampak pandemi Covid-19.

Untuk menekan kerugian sekaligus mendatangkan pendapatan, pengelola bioskop seperti Cineplex 21 Group dan CGV mencari alternatif sumebr penghasilan. 

Selama tidak beroperasi, CGV mencoba beradaptasi ke layanan penjualan makanan seperti yang umumnya bisa dibeli di bioskop dan penjualan merchandise film melalui platform e-commerce sebagai alternatif bisnis dan membantu keuangan perusahaan.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...