Libatkan 37 Hotel, Kemenparekraf Bantu Penginapan Nakes dari 40 RS

Image title
Oleh Maesaroh
14 September 2021, 19:39
Kemenparekraf, nakes, Covid-19, gerakan 3M
Kemenparekraf
Tenaga kerja (Nakes) Kesehatan diperiksa sebelum memasuki hotel. Kemenparekraf memberikan bantuan akomodasi termasuk penginapan bagi nakes yang menangani Covid-19.

Sebanyak 4.370 tenaga kesehatan (nakes) dan tenaga penunjang fasilitas kesehatan dari 40 rumah sakit di Jawa dan Bali menerima bantuan akomodoasi, termasuk penginapan hotel, dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Bantuan tersebut merupakan bagian dari program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) yang disalurkan Kemenparekraf sejak 1 September lalu.

"Kegiatan ini melibatkan industri pariwisata yaitu jasa akomodasi (perhotelan) sebanyak 37 hotel dan penggunaan bus sebanyak 57 unit," tutur Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, melalui siaran pers, Selasa (14/9).

Bantuan akomodasi tersebut tidak hanya berupa penginapan tetapi juga alat transportasi, makanan minumam, serta fasilitas laundry.

Provinsi DKI Jakarta mendapat bantuan akomodasi terbanyak yakni kepada 22 rumah sakit. Sementara itu, ada delapan rumah sakit di Yogyakarta yang mendapat bantuan disusul kemudian dengan Bali (3), Jawa Barat (3), Jawa Timur (2),  Jawa tengah dan Banten masing-masing satu rumah sakit.

Kemenparekraf semula akan memberikan bantuan akomodasi kepada 71 rumah sakit. Namun, menyusul terus melandainya kasus Covid-19, jumlah rumah sakit yang mengajukan bantuan semakin berkurang.

"Dengan menurunnya level PPKM, maka sebanyak 31 rumah sakit memutuskan untuk menunda permintaan dukungan akomodasi dan fasilitas pendukung lainnya yang telah kami siapkan. Sehingga target 71 rumah sakit yang akan didukung belum tercapai," kata Mantan Wakil Gubernur Jawa Barat tersebut.

Pihaknya terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait guna memastikan ketepatan sasaran program serta akuntabilitas. Termasuk di dalamnya adalah mengkaji permintaan dukungan akomodasi bagi tenaga kesehatan dari rumah sakit di luar pulau Jawa dan Bali.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...