Sumbangan ke Ekonomi Besar, Pertumbuhan Industri Agro Terus Dipacu

Cahya Puteri Abdi Rabbi
24 September 2021, 12:29
Industri, pertanian, agro
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/wsj.
Pekerja melakukan pembibitan berbagai jenis sayuran di Pusat Pengembangan Teknologi Pertanian, Agribusiness and Technology Park (ATP) IPB University, Desa Cikarawang, Dramaga, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin (7/6/2021). Pusat Pengembangan Teknologi Pertanian ATP IPB University tersebut menjadi bagian dari Agromaritim 4.0 dan terus mendorong masyarakat terutama petani untuk beradaptasi dengan perkembangan teknologi di bidang pertanian yang terus berkembang.

Sektor industri agro terus memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional. Pada kuartal II tahun 2021, sektor tersebut bahkan berkontribusi sebesar 8,77% terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional, atau 50,59% terhadap pertumbuhan PDB industri pengolahan nonmigas.

“Bahkan, sektor industri agro juga patut diberikan apresiasi mengingat pada kuartal kedua ini, nilai ekspornya menembus US$ 19,64 milyar atau berkontribusi sebesar 28,24% terhadap ekspor nasional,” kata Plt. Direktur Jenderal Industri Agro Kementerian Perindustrian Putu Juli Ardika dalam keterangan resminya, Kamis (23/9).

 Merujuk data Badan Pusat Statistik (BPS), neraca perdagangan Indonesia pada kuartal II tahun 2021 telah mencatatkan surplus sebesar US$ 1,3 miliar. Jumlah tersebut sudah jauh membaik dibandingkan dengan periode yang sama tahun 2020, yang mengalami defisit US$ 0,6 miliar.

Capaian baik tersebut tidak terlepas dari dukungan di sektor hulu, dalam hal ini termasuk industri agro. Ditambah lagi, sebagian besar industri agro merupakan sektor kritikal yang perlu dijaga aktivitas produksinya karena untuk memenuhi kebutuhan kosumen. Sehingga, sektor tersebut justru berkembang selama pandemi Covid-19.

“Pada saat PPKM, sektor industri ini tetap beroperasi. Apalagi, sektor industri sudah menyadari bahwa menjaga produktivitas, perlu menjaga kesehatan dan keselamatan para pekerjanya,” katanya.

Sebagai upaya menggenjot performa sektor industri agro, Kemenperin terus mendorong peningkatan dan penguatan melalui implementasi industri 4.0.

Selanjutnya, optimalisasi pemanfaatan teknologi industri, pemanfaatan sumber daya alam bagi industri, pembinaan industri hijau dan industri strategis, serta peningkatan penggunaan produk dalam negeri.

Selain itu, perencanaan dan pembinaan standardisasi industri, pembinaan jasa industri, serta pengawasan dan pengendalian kegiatan usaha industri pada industri hasil hutan dan perkebunan, industri makanan, hasil laut, dan perikanan, dan industri minuman, hasil tembakau dan bahan penyegar.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...