Potensi Ekonomi Digital Rp4 Ribu Triliun di 2030, Talenta Masih Kurang

Cahya Puteri Abdi Rabbi
12 Oktober 2021, 13:11
digital, ekonomi, potensi, perdagangan
Siaran Pers Kemendikbudristek
Dua orang siswa sedang mengoperasikan perangkat laptop pada proses belajar. Pemerintah tengah menggencarkan program digitalisasi sekolah yang diharapkan ke depan akan menjadi infrastruktur dasar dalam proses pembelajaran.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi mengatakan, ekonomi digital dapat menjadi salah satu sumber pertumbuhan bagi Indonesia di masa yang akan datang.  Perkembangan ekonomi digital di Indonesia bahkan saat ini sangat masif, bahkan melebihi negara lain di ASEAN.

“Jika diukur dengan gross merchandise value (GMV) potensi ekonomi digital di Indonesia sangat besar dan jauh melebihi negara-negara lainnya di kawasan ASEAN,” ujar Lutfi dalam Gambir Trade Talk, Selasa (12/10).

Advertisement

Pada 2020 lalu, ekonomi digital berkontribusi sekitar 4% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB).

Namun pada 2030 mendatang, PDB Indonesia diperkirakan bakal tumbuh setidaknya 1,5 kali lipat dari Rp 15.400 triliun menjadi Rp 24 ribu triliun.

“Demikian juga ekonomi digital Indonesia juga diyakini akan tumbuh setidaknya 8 kali lipat dari Rp 632 triliun pada hari ini menjadi Rp 4.531 triliun pada 2030 mendatang,” ujarnya.

 Sektor perdagangan elektronik atau e-commerce juga diperkirakan masih akan menguasai peta ekonomi digital Indonesia.

Pada 2030 mendatang kontribusi e-commerce akan mencapai Rp 1.908 triliun atau sekitar 33-34% dari total ekonomi digital.

Selain itu, kontribusi besar lainnya juga akan bersumber dari skema B2B termasuk supply chain dan logistik yang akan menyumbang sekitar Rp 763 triliun atau 13% dari total ekonomi digital.

Bahkan online travel juga akan berkontribusi sebesar Rp 575 triliun atau 10%. Sedangkan corporate services akan berkontribusi sebesar Rp 529 triliun atau setara 9%.

 Namun, besarnya potensi ekonomi digital belum didukung sepenuhnya oleh kapasitas sumber daya manusia (SDM).

Karena itulah, dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi digital Indonesia, pemerintah saat ini fokus pada penguatan sumber daya manusia (SDM) dan ketersediaan infrastruktur digital.

Ia menjelaskan, Indonesia saat ini menempati peringkat ke-56 dari 63 negara dalam IMD World Digital Competitiveness Rankings.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement