PMI Manufaktur Indonesia Oktober Catat Rekor Tertinggi dalam Sejarah

Image title
Oleh Maesaroh
1 November 2021, 08:54
PMI Manufaktur, Manufaktur, industri
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/wsj.
Pekerja merakit sepeda motor listrik Gesits di pabrik PT Wika Industri Manufaktur (WIMA), Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (27/10/2021). WIMA menargetkan penjualan sepeda motor listrik dengan 85 persen komponennya produksi dalam negeri dan baru saja diekspor ke Senegal tersebut sebanyak tujuh ribu unit hingga akhir 2021.

Purchasing Managers’ Index (PMI) Manufaktur Indonesia melesat ke level 57,2 di bulan Oktober 2021,  jauh lebih tinggi dibandingkan yang tercatat pada September 2021 yakni 52,2. Level tersebut juga menjadi rekor baru sepanjang pencatatan PMI di Indonesia.

Rekor terbaru sebelumnya adalah 55,3 pada bulan Mei 2021.  Level 57,2 di bulan Oktober sekaligus menandai manufaktur Indonesia terus berada dalam fase ekspansif setelah mengalami kontraksi pada Juli dan Agustus.

 Tahap ekspansif sektor manufaktur ditandai oleh angka PMI yang berada di atas 50. 

Dalam laporannya, IHS Markit mengatakan penurunan kasus Covid-19 serta pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) membuat sektor manufaktur Indonesia tumbuh cepat.

"Angka ini menggambarkan kondisi bisnis yang membaik di seluruh sektor manufaktur Indonesia selama dua bulan berturut-turut," tutur  IHS Markit dalam laporannya.

 Tingkat pertumbuhan  PMI Manufaktur di bulan Oktober 2021 juga merupakan yang tercepat sejak survei dilakukan pada bulan April 2011.

IHS Markit mengatakan fakto rutama dari kenaikan tajam PMI Manufaktur di bulan Oktober adalah meningkatnya pekerjaan baru serta output perusahaan.

"Perbaikan di dalam negeri dalam hal situasi Covid-19 bersamaan dengan pelonggaran PPKM mampu meningkatkan permintaan dan memulihkan ekonomi,"tutur IHS Markit.

Kendari demikian, IHS Markit tetap menyoroti masih terkontraksinya permintaan dari luar negeri meskipun relatif lebih kecil.

Di waktu yang sama, tingkat ketenagakerjaan naik untuk pertama kalinya dalam empat bulan meskipun hanya naik tipis.

 Sementara itu, aktivitas pembelian mengalami ekspansi yang sangat tajam sehingga meningkatkan tingkat persediaan input.

Dengan makin menguatnya permintaan maka perusahaan berencana untuk memperluas dan meningkatkan kapasitas operasional mereka. 

Kondisi tersebut membuat permintaan akan tenaga kerja meningkat untuk pertama kalinya dalam empat bulan terakhir.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...