Kepercayaan Masyarakat Menurun Karena Kebijakan Covid-19 Berubah-Ubah

Rizky Alika
10 November 2021, 06:00
covid-19, pandemi, virus corona
ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A
Warga berjalan di jembatan penyeberangan orang (JPO) tanpa atap di Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (20/10/2021).

Pemerintah kembali berencana mengubah kebijakan terkait penanggulangan pandemi Covid-19, termasuk soal karantina dan tes PCR. Pengamat kebijakan publik Universitas Trisakti Trubus Rahadiansyah pun menilai, kebijakan yang berubah-ubah bisa menurunkan kepercayaan masyarakat.

"Jelas menimbulkan pengaruh pada masalah public trust," kata Trubus saat dihubungi Katadata, Selasa (9/11).

Menurutnya, perubahan kebijakan tersebut akan membingungkan masyarakat lantaran tidak ada kepastian. Masyarakat pun dapat merasa dirugikan lantaran perubahan kebijakan tersebut. Dampak tersebut bisa berujung pada peningkatan ketidakpatuhan masyarakat.

 Selain itu, kebijakan yang berubah-ubah juga akan berdampak pada minat turis untuk berkunjung ke Tanah Air.

Sebab, perubahan masa karantina bagi pelaku perjalanan internasional akan membingungkan warga negara asing (WNA). "Jadi kebijakan seharusnya konsisten," ujar dia.

Selain itu, ia memastikan kebijakan yang dibuat harus berdasarkan aturan hukum yang berlaku. Kemudian, aturan tersebut perlu disosialisasikan secara masif kepada masyarakat.

Sementara, pengamat kebijakan publik Agus Pambagio mengatakan, aturan yang disusun pemerintah semestinya mengikuti peraturan perundang-undangan.

Dalam hal ini, aturan yang disusun harus sesuai dengan Undang-Undang (UU) No. 15 Tahun 2019 tentang Perubahan UU No. 12 Tahun 2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan.

Dalam UU tersebut, tidak ada penggunaan peraturan setingkat Surat Edaran (SE). Hirarki perundang-undangan hanya meliputi UU hingga Keputusan Menteri. "SE tidak ada di situ. Artinya SE Satgas tidak berkekuatan hukum," ujar dia.

Hal ini dapat mengurangi kredibilitas pemerintah. Sebab, pemerintah tidak mematuhi aturan yang berlaku. Selain itu, aturan yang tidak sesuai UU akan membingungkan aparat dan masyarakat.

"Kalau ada pelanggaran, aparat pasti bingung penegakan hukumnya," ujar dia.

Halaman:
Reporter: Rizky Alika
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...