Industri Penerbangan Diminta Tetap Bantu Konektivitas Daerah Terpencil

Cahya Puteri Abdi Rabbi
18 November 2021, 17:08
pandemi, penerbangan, kementerian perhubungan
ANTARA/Evarianus Supar
Sejumlah pesawat perintis yang melayani rute penerbangan ke wilayah pedalaman Papua parkir di apron sisi selatan Bandara Timika.

Pandemi Covid-19 berdampak besar terhadap industri penerbangan Indonesia. Namun, pemerintah berharap industri penerbangan tetap mendukung adanya konektivitas di daerah terdepan, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP).

Harapan tersebut disampaikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rapat Umum Anggota Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional Indonesia atau Indonesia National Air Carriers Association (INACA) 2021.

Mantan Direktur Utama PT Angkasa Pura II tersebut mengataka sektor transportasi udara memiliki peranan penting dalam menyentuh daerah 3TP.

Selain itu, konektivitas juga diperlukan untuk melancarakan mobilitas manusia maupun distribusi logistik dan menjaga kesenjangan harga di masyarakat.

"Saya mengharapkan peran dan dukungan INACA untuk mendukung transportasi udara di Wilayah 3TP seperti di Papua, Sulawesi, Kalimantan, dan daerah lainnya,” kata Budi dalam keterangan resminya, Kamis (18/11).

 Kemudian, ia meminta INACA untuk mampu mewujudkan konektivitas penerbangan agar semakin andal, selamat, aman, nyaman dan berdaya saing dengan tetap memprioritaskan keamanan penerbangan.

Mantan Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol tersebut menginginkan konektivitas penerbangan tetap terjaga, dengan menjalin penerbangan yang sehat dan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Budi menyebut pandemi Covid-19 sangat berdampak bagi berbagai sektor, tak terkecuali sektor penerbangan.

Tidak hanya di Indonesia, melainkan juga negara-negara lain di dunia. Hal tersebut menimbulkan efek domino ke berbagai sektor.

Pemulihan industri penerbangan nasional menjadi prioritas bersama, yang harus dikolaborasikan dengan baik oleh semua pemangku kepentingan di sektor ini. 

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...