Didominasi Turis Bisnis, 151 Ribu Wisman Kunjungi Indonesia di Oktober

Abdul Azis Said
1 Desember 2021, 13:37
wisman, wisata, pariwisata
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.
Sejumlah Warga Negara Asing (WNA) berjalan di area kedatangan internasional setibanya di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Senin (29/11/2021).

Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan jumlah kunjungan wisawatan mancanegara (wisman)pada bulan Oktober mencapai 151 ribu orang, tertinggi dalam enam bulan terakhir. Kendati demikian, mayoritas kedatangan ini bukan untuk tujuan wisata.

Kepala BPS Margo Yuwono merincikan, jumlah kunjungan wisman pada Oktober melonjak 21,73% dibandingkan bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 124,1 ribu orang.

Namun, dibandingkan Oktober tahun lalu, jumlah kunjungan tersebut turun 0,83%.

"Data yaang kami punya menunjukkan yang terjadi peningkatan itu bukan wisman dengan tujuan leisure atau wisata, tapi masih dengan tujuan tertentu misal untuk bisnis, reuni keluarga atau misi kesehatan," kata Margo dalam konferensi pers virtual, Rabu (1/12).

Sedikitnya wisman yang datang ke Indonesia dengan tujuan lesisure terlihat dari jumlah kunjungan wisman ke Bali yang masih rendah. Padahal, penerbangan internasional ke Pulau Dewata sudah dibuka sejak 14 Oktober lalu.

Belum ada penerbangan komersil internasional yang mendarat di Bali bahkan satu bulan setelah pembukaan tersebut. 

Margo mengatakan, kunjungan wisman sepanjang tahun ini belum menunjukkan kenaikan yang signifikan. Hal ini masih dipengaruhi adanya pembatasan pergerakan orang antar negara.

Ia merincikan, mayoritas dari kunjungan wisman pada Oktober lalu masuk melalui pintu darat, yakni sebanyak 63% dari total kunjungan atau 95,5 ribu kunjungan.

Mayoritas kedatangan ini melalui pos perbatasan Atambua di Nusa Tenggara Timur.

Kemudian kedatangan melalui laut sebanyak 39.786 kunjungan atau 26% dari total kunjungan wisman Oktober. Mayoritas kedatangan ini melalui pelabuhan Batam.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...