Indonesia - AS Sepakati Kerja Sama Maritim, Keamanan, dan Pendidikan

Image title
Oleh Maesaroh
14 Desember 2021, 14:34
Amerika, Amerik Serikat, Blinken, maritim, pendidikan
kementerian luar negeri
Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu AS Antony Blinken usai menggelar pertemuan bilateral di Jakarta, Selasa (14/12)

Pemerintah Indonesia dan Amerika Serikat (AS) menyepakati peningkatan kerja sama di berbagai bidang, termasuk maritim, pendidikan, keamanan, hingga perdagangan. Indonesia juga meminta AS untuk terus meningkatkan investasinya di Indonesia.

Kesepakatan tersebut disampaikan Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi dan Menlu AS Antony Blinken setelah melakukan pertemuan bilateral di Jakarta pada hari ini, Selasa (14/12).

Retno menjelaskan kesepakatan di bidang maritim mencakup kerja sama keamanan maritim, sumber daya kelautan, konservasi dan pengelolaan perikanan, serta keselamatan dan navigasi maritim.  Kesepakatan tersebut akan berlaku sampai 2026.

Kesepakatan kerja sama juga tercapai di sektor keamanan. Untuk memperkuat kerja sama di bidang keamanan,  Indonesia dan AS juga sepakat membentuk mekanisme dialog 2+2 Kemlu dan Kementerian Pertahanan di tingkat pejabat senior.

Di bidang ekonomi, kedua negara sepakat meningkatkan kerja sama perdagangan dan investasi. 

"Indonesia juga telah menyampaikan harapan kiranya fasilitas GSP tetap dapat diberikan oleh AS" tutur Retno.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...