RI dan Argentina-Brasil MERCOSUR Memulai Perundingan Perdagangan Bebas

Image title
17 Desember 2021, 09:34
brasil, argentina, perdagangan
Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi menghadiri Peluncuran Indonesia-MERCOSUR Comprehensive Economic Partnership Agreement (IM-CEPA) yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Kamis (16 Des).

Indonesia, Brasil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay yang tergabung dalam aliansi  MERCOSUR (Mercado Común del Sur/Southern Common Market) sepakat meluncurkan Perundingan Perdagangan Indonesia-MERCOSUR Comprehensive Economic Partnership Agreement (IM-CEPA) pada Kamis (16/12).

Kesepakatan ini dicapai setelah melalui proses pra negosiasi selama kurang lebih dua tahun. 
MERCOSUR merupakan aliansi dengan nilai perekonomian terbesar di kawasan Amerika Latin-Karibia. Aliansi tersebut mencakup populasi sekitar 270 juta dengan total PDB mencapai US$ 2,3 triliun.

Peluncuran Perundingan IM-CEPA dilangsungkan disela-sela pelaksanaan pertemuan MERCOSUR’s Common Market Council (CMC) melalui konferensi video.

Telah disepakati melalui Joint Ministerial Statement for the Launch of Negotiations towards a Comprehensive Economic Partnership Agreement antara Indonesia dan MERCOSUR.

 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, IM-CEPA akan menjadi kesempatan bagi pemerintah kedua pihak dalam mendukung peningkatan hubungan para pelaku bisnis.

Meskipun di tengah pandemi, kemampuan untuk beradaptasi dan menciptakan terobosan sangat diperlukan untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Dia menambahkan, Indonesia dan MERCOSUR akan berkolaborasi dalam mengejar kesepakatan perdagangan yang komprehensif.

“Melalui CEPA, Indonesia dan blok MERCOSUR dapat menstimulasi pembangunan ekonomi, memperluas rantai nilai, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua pihak,” kata Lutfi dalam keterangan resminya, Kamis (16/12).

 Sementara itu, Menteri Luar Negeri Brasil sekaligus KetuaPro Tempore MERCOSUR saat ini, Carlos França juga menyampaikan apresiasinya terhadap pemerintah Indonesia. Menurutnya, IM-CEPA dapat membuka lapangan pekerjaan dan berbagai peluang ekonomi.

Sebelum peluncuran dilakukan, pada 9 Desember 2021, kedua pihak berhasil menyepakati Scoping Paper on a Possible Comprehensive Economic Partnership Agreement.

Kesepakatan tersebut menjadi pedoman bagi kedua pihak dalam menentukan ruang lingkup perundingan. Sebagai tindak lanjut, putaran perundingan pertama IM-CEPA ditargetkan dapat dilaksanakan pada kuartal I tahun 2022.

Sebagai informasi, MERCOSUR merupakan blok perdagangan (common market) di Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay.

Advertisement

 Argentina dan Brasil merupakan dua mitra dagang utama Indonesia terbesar di Amerika Latin dan Karibia.

Total perdagangan Indonesia-MERCOSUR pada periode Januari-September 2021 tercatat sebesar US$ 4,78 miliar (Rp 68 triliun) atau meningkat 12,76% dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

Dari nilai tersebut, ekspor Indonesia ke MERCOSUR sebesar US$ 1,38 miliar (Rp 19 triliun). Sedangkan, impor Indonesia dari MERCOSUR sebesar US$ 3,39 miliar (Rp 48 triliun).

Sementara itu, produk ekspor utama Indonesia ke MERCOSUR tahun 2020 antara lain minyak babassu, minyak kelapa sawit, karet alam, serta komponen kendaraan.

Sementara, produk impor utama Indonesia dari MERCOSUR tahun 2020 yaitu oil cake, gandum and meslin, gula tebu atau gula bit, kapas, dan jagung.

Sebagai informasi, Indonesia tengah menggencarkan pembukaan pasar di kawasan Amerika, termasuk  Amerika Latin dan Karibia.

Kawasan Amerika Latin-Karibia
Kawasan Amerika Latin-Karibia (Kementerian Luar Negeri)



Dalam kawasan Amerika Latin-Karibia, setidaknya ada 33 negara dalam kawasan tersebut yang terbagi dalam beberapa komunitas seperti aliansi Pasifik hingga Karibia.

Di antara 33 negara kawasan Amerika Latin-Karibia, Indonesia telah memiliki Comprehensive Economic Partnership Agreement (CEPA) dengan Chili yang sudah berlaku efektif sejak 2019.

Indonesia tengah menjajaki perjanjian perdagangan dengan organisasi regional dalam kawasan Amerika Latin-Karibia.

Di antaranya adalah CARICOM (Carribean Community) yang beranggotakan 15 negara dengan total populasi 19 juta orang seperti Jamaika, Haiti, dan Bahama.

Ada juga Aliansi Pasifik yang beranggotakan empat negara seperti Chili, Kolombia, Meksiko, dan Peru. Organisasi SICA (Central American Integration System) yang beranggotakan delapan negara seperti Guetemala, Panama, dan Kostarika.

Serta yang terbesar adalah MERCOSUR beranggotakan empat negara seperti Argentina, Brasil, Uruguay, dan Paraguay.

Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait