RI dan Argentina-Brasil MERCOSUR Memulai Perundingan Perdagangan Bebas

Cahya Puteri Abdi Rabbi
17 Desember 2021, 09:34
brasil, argentina, perdagangan
Kementerian Perdagangan
Menteri Perdagangan RI, Muhammad Lutfi menghadiri Peluncuran Indonesia-MERCOSUR Comprehensive Economic Partnership Agreement (IM-CEPA) yang berlangsung secara virtual di Jakarta, Kamis (16 Des).

Indonesia, Brasil, Argentina, Paraguay, dan Uruguay yang tergabung dalam aliansi  MERCOSUR (Mercado Común del Sur/Southern Common Market) sepakat meluncurkan Perundingan Perdagangan Indonesia-MERCOSUR Comprehensive Economic Partnership Agreement (IM-CEPA) pada Kamis (16/12).

Kesepakatan ini dicapai setelah melalui proses pra negosiasi selama kurang lebih dua tahun. 
MERCOSUR merupakan aliansi dengan nilai perekonomian terbesar di kawasan Amerika Latin-Karibia. Aliansi tersebut mencakup populasi sekitar 270 juta dengan total PDB mencapai US$ 2,3 triliun.

Advertisement

Peluncuran Perundingan IM-CEPA dilangsungkan disela-sela pelaksanaan pertemuan MERCOSUR’s Common Market Council (CMC) melalui konferensi video.

Telah disepakati melalui Joint Ministerial Statement for the Launch of Negotiations towards a Comprehensive Economic Partnership Agreement antara Indonesia dan MERCOSUR.

 Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi mengatakan, IM-CEPA akan menjadi kesempatan bagi pemerintah kedua pihak dalam mendukung peningkatan hubungan para pelaku bisnis.

Meskipun di tengah pandemi, kemampuan untuk beradaptasi dan menciptakan terobosan sangat diperlukan untuk mendukung pemulihan ekonomi.

Dia menambahkan, Indonesia dan MERCOSUR akan berkolaborasi dalam mengejar kesepakatan perdagangan yang komprehensif.

“Melalui CEPA, Indonesia dan blok MERCOSUR dapat menstimulasi pembangunan ekonomi, memperluas rantai nilai, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat kedua pihak,” kata Lutfi dalam keterangan resminya, Kamis (16/12).

 Sementara itu, Menteri Luar Negeri Brasil sekaligus KetuaPro Tempore MERCOSUR saat ini, Carlos França juga menyampaikan apresiasinya terhadap pemerintah Indonesia. Menurutnya, IM-CEPA dapat membuka lapangan pekerjaan dan berbagai peluang ekonomi.

Sebelum peluncuran dilakukan, pada 9 Desember 2021, kedua pihak berhasil menyepakati Scoping Paper on a Possible Comprehensive Economic Partnership Agreement.

Kesepakatan tersebut menjadi pedoman bagi kedua pihak dalam menentukan ruang lingkup perundingan. Sebagai tindak lanjut, putaran perundingan pertama IM-CEPA ditargetkan dapat dilaksanakan pada kuartal I tahun 2022.

Sebagai informasi, MERCOSUR merupakan blok perdagangan (common market) di Amerika Selatan yang beranggotakan Argentina, Brasil, Paraguay, dan Uruguay.

Halaman:
Reporter: Cahya Puteri Abdi Rabbi
Editor: Maesaroh
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement