Polda Metro Jaya Larang Kerumunan di 10 Kawasan Jakarta di Tahun Baru

Image title
Oleh Antara
23 Desember 2021, 19:02
Jakarta, tahun baru, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/YU
Pesepeda berolahraga di sekitar kawasan Monas, Jakarta, Minggu (19/12/2021). Monas merupakan salah satu kawasan yang masuk zona crowd free night pada saat pergantian tahun baru 31 Desember mendatang.

Direktorat Lalu Lintas Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya akan memberlakukan malam bebas kerumunan (Crowd Free Night/CFN) di 10 kawasan di Jakarta pada malam Tahun Baru 2022.

Pemberlakuan tersebut dilakukan untuk menekan mobilitas masyarakat sekaligus penyebaran Covid-19. 

"Khusus untuk pengamanan pada malam Tahun Baru akan dilaksanakan 'Crowd Free Night' atau penutupan kawasan di 10 kawasan," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo di Jakarta, Kamis, seperti dikutip dari Antara.

Sepuluh kawasan tersebut adalah kawasan Sudirman-Thamrin, Kemang, Bulungan Barito, Senopati Gunawarman SCBD, Asia Afrika, Kota Tua, Banjir Kanal Timur, Kemayoran, Kelapa Gading dan Monas.

 "Pelaksanaannya tanggal 31 Desember 2021 malam hari pukul 22.00 WIB sampai dengan tanggal 1 Januari 2022 pukul 04.00 WIB," tambahnya.

Terkait pemberlakuan ganjil genap di kawasan wisata pada 31 Desember, Polda Metro Jaya masih menunggu keputusan apakah tempat wisata tersebut beroperasi atau tidak pada malam tahun baru.

"Namun seandainya dibuka maka kami akan melaksanakan ganjil genap di tempat wisata tersebut," katanya.

Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta telah menyiapkan 8.000 personel gabungan untuk Operasi Lilin Jaya 2021 pada 24 Desember 2021-2 Januari 2022.

Ribuan personel tersebut nantinya akan disebar di berbagai lokasi yang menjadi objek keramaian selama perayaan Natal dan Tahun Baru antara lain gereja, pusat perbelanjaan, tempat rekreasi serta titik keramaian lainnya.

 Sebagai informasi, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) mengerahkan 44.582 personel untuk melakukan pengamanan di sejumlah gereja dalam rangka Operasi Lilin pengamanan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Ada 44.582 polisi akan disebar untuk melakukan pengamanan di gereja-gereja," kata Asisten Operasi (Asop) Kapolri Irjen Pol Imam Sugianto.

Halaman:
Reporter: Antara
Editor: Maesaroh

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...